Hanya 25 persen perusahaan pariwisata yang memiliki standar dan sertifikasi bisnis - WisataHits
Yogyakarta

Hanya 25 persen perusahaan pariwisata yang memiliki standar dan sertifikasi bisnis

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan hanya 25 persen pelaku usaha pariwisata di Indonesia yang memiliki sertifikat standardisasi usaha. Kementerian terus memberikan dukungan teknis dan saran kepada operator ekonomi.

“Dari sekitar 128.000 unit usaha, 25 persen masih terstandarisasi,” kata Oni Yulian, Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Usaha Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, di sela Bimbingan Teknis Penerapan Bisnis Restoran Berbasis Risiko Standar di Kawasan Geopark Gunung Sewu, Gunungkidul, Rabu (8.10.2022). ).

Menurutnya, dalam dunia pariwisata banyak sekali perusahaan pariwisata. Mulai dari jasa transportasi, akomodasi, souvenir, seni dan restoran. Namun, banyak dari para pelaku usaha tersebut yang belum memahami standar dan sertifikasi usaha.

Kementerian terus mendorong pengusaha di sektor pariwisata untuk melakukan standarisasi dan sertifikasi bisnis mereka. Caranya adalah dengan memberikan bimbingan teknis dan dukungan untuk mencapai standardisasi dan sertifikasi.

“Mudah-mudahan semakin banyak pengusaha pariwisata yang memahami standarisasi tersebut,” ujarnya.

Nglanggeran dipilih karena kementerian sedang gencar menggalakkan progres 5 target prioritas Danau Toba, Borobudur, Mandalika Labuhan Bajo. Indonesia juga memiliki Global Unesco Geopark Gunungsewu.

“Di Gunung Sewu, kami menargetkan sekitar 40 hingga 50 perusahaan yang memahami dan berkomitmen terhadap standar bisnis pariwisata,” katanya.

Penerbit: Kuntadi Kuntadi

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: yogya.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button