Wisata Coban Jahe Malang, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Tahun 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Coban Jahe Malang, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Tahun 2022

Tugumalang.id – Berbicara tentang Malang tidak hanya tentang wisata pantai dan Bromo saja. Salah satu destinasi utama dalam jalur menuju Bromo adalah Coban Jahe Malang. Karena letaknya yang dekat dengan Pasar Tumpang, wisata Coban di Malang ini bisa dikunjungi bersamaan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Pepohonan dan hijauan yang lebat memenuhi tebing yang mengelilingi tebing. Suasana dan panorama Coban yang juga disebut Curug Jahe ini mengundang setiap pengunjung untuk berlama-lama. Wisata Coban Jahe sendiri tidak hanya dikunjungi untuk menikmati pentingnya air terjun, tetapi juga camping dan rest area bagi para mountain bikers.

Keindahan Air Terjun Coban Jahe Malang. Foto/ Bayu Eka

Coban Jahe Malang dan Jejak Para Pejuang Kemerdekaan

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa nama “jahe” tidak berasal dari nama kelompok rimpang yang sering dijadikan minuman panas. Jahe merupakan bagian dari kata “Pejahe” yang berarti “mati” dalam bahasa Jawa.

Baca juga: Coban Parang Tejo, wisata air terjun tersembunyi di Malang

Sebuah kisah perjuangan yang mengharukan sekaligus mengharukan terjadi 74 tahun silam di Coban Jahe Malang. Sekitar tahun 1948 tepatnya, para pejuang yang ingin mempertahankan kemerdekaan Indonesia berusaha bersembunyi dari kejaran tentara Belanda.

Celakanya, saat para pejuang bersembunyi di kawasan Coban, Belanda menemukan lokasi mereka. Sebanyak 38 pahlawan perang gerilya tewas setelah ditembak tentara Belanda dari atas tebing.

Para pahlawan akhirnya dimakamkan di sekitar Coban. Selain itu, Monumen Makam Kali Jahe didirikan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa mereka. Lokasinya 500 meter sebelum Coban Jahe.

Nikmati makan siang di Air Terjun Coban Jahe Malang. Foto/ Bayu Eka

Lokasi dan Rute Coban Jahe Malang

Lokasi Coban Jahe Malang terletak di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Tepatnya di Dusun Krajan, Desa Taji. Lokasi ini hanya berjarak 10km dari Pasar Tumpang.

Anda bisa mengunjungi Coban Jahe dengan menggunakan kendaraan pribadi. Ini karena angkutan umum jarang ditemukan dan tidak menuju ke Coban. Namun jangan khawatir: dengan bantuan peta digital, pengunjung hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk sampai ke sana.

Jam Buka Wisata Coban Jahe Malang

Bagi anda yang ingin mengunjunginya, jam buka Wisata Coban Jahe Malang adalah pukul 08:00 – 16:00 WIB. Coban buka setiap hari. Bahkan pada hari libur nasional dan akhir pekan, tidak hanya warga lokal tetapi juga pengunjung dari luar kota dan Kabupaten Malang datang.

Baca juga: Air Terjun Coban Rondo Malang, Wisata Legendaris dan Mempesona

Ingin mengunjungi Coban Jahe? Cobalah untuk merencanakan akhir pekan dengan baik. Sangat disarankan untuk mengunjungi Coban Jahe di pagi hari untuk menikmati kesejukan alam dan udara segar disana.

Aktivitas seru di Coban Jahe Malang

Anda tidak akan menyesal jika memilih Coban Jahe sebagai destinasi akhir pekan Anda. Tidak hanya menikmati air terjun, ada kegiatan seru lainnya seperti berkemah dan bersantap di bawah air terjun.

1. Menikmati kesegaran air terjun

Bukan rahasia lagi jika menikmati kesegaran derasnya air terjun membuat pikiran menjadi lebih rileks. Belum lagi udara sejuk yang bisa menjadi obat penawar rasa bosan yang mujarab setelah rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

2. Berkemah di Taman India

Apakah Anda ingin pergi berkemah? Diizinkan untuk. Ada bumi perkemahan di kawasan hutan mahoni di kawasan Coban Jahe. Pengelola sudah menyiapkan tempat perkemahan yang juga tak jauh dari Coban Jahe 2. Perkemahan ini dinamakan Taman Indian karena tenda-tenda bergaya Indian menjadi daya tarik utamanya.

3. Makan di tengah sungai dekat air terjun

Anda mungkin belum pernah merasakan makan di tengah sungai dan tidak jauh dari air terjun kecuali Coban Jahe. Sebuah meja di atas papan apung dengan pagar di sekelilingnya telah disiapkan pengelola untuk Anda yang ingin mencobanya.

Itulah keindahan dan daya tarik wisata Coban Jahe Malang yang terletak di kabupaten Jabung. Ada air terjun lain bernama Coban Jahe 2 dan 3 di dekat tempat ini.Tidak perlu berlama-lama lagi, buatlah rencana liburan wisata di Malang yang satu ini.

Penulis : Imam A. Hanifah
Penerbit: Herlianto. SEBUAH

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button