Wisata Bersih dan Indah, Genius Umar memandu Goro di Taman Tugu Padati - WisataHits
Jawa Barat

Wisata Bersih dan Indah, Genius Umar memandu Goro di Taman Tugu Padati

Pariaman sebagai daerah tujuan wisata perlu bersih dan nyaman bagi masyarakat dan wisatawan yang datang. Taman kota yang dibangun juga harus bersih dan asri.

“Seperti Taman Tugu Padati ini, mari kita bersama-sama membersihkannya dan menata kembali dengan baik agar fungsinya kembali menjadi tempat orang bisa selfie di tempat ini,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menyambut Goro di Tugu Menuju Taman Padati, Simpang 4 Jati., Kecamatan Pariaman Tengah, Selasa pagi (20/9).

“Tentunya sebagai destinasi wisata kita terus berbenah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, makanya hari ini saya memesan beberapa OPD di dekat Taman Tugu Padati untuk nongkrong bersama dan juga menanam beberapa tanaman agar lebih rindang”, ujarnya.

Genius menuturkan, kali ini mereka adalah para ASN dan non-ASN dari Perkim LH, DP3, Dispora Dishub dan pimpinan ADC serta diikuti Sekda Yota Balad, Asisten II, Elvis Candra dan beberapa ketua OPD.

“Taman Tugu Padati merupakan salah satu ikon Kota Pariaman yang selalu membutuhkan pembersihan dan perawatan yang baik, terutama karena letaknya yang strategis dan ramai serta arus transportasi antar daerah,” ujarnya.

Selain itu, kata Genius, Padati atau ada yang menyebutnya gerobak, merupakan alat transportasi darat kuno di Minangkababu, Padati berfungsi sebagai pengangkut barang dari Darek ke pantai barat atau sebaliknya, katanya.

“Dulu, sebelum kendaraan bermotor, baik uap maupun solar, hingga bahan bakar campuran seperti sekarang ini, gerobak menjadi alat transportasi andalan. Khususnya untuk angkutan barang, baik di dalam Nagari maupun antar kota atau daerah,” jelasnya.

“Padi umumnya dipelihara oleh kerbau dan biasanya digunakan untuk mengangkut hasil bumi ke pasar atau pelabuhan pengiriman di pantai Ranah Minang. Semoga kita terus menjaga Taman Tugu Padati karena keunikan sejarahnya dan saya juga menghimbau kepada kita semua untuk menjaga taman-taman lain di Kota Pariaman agar tetap bersih dan asri,” pungkasnya.

Source: padek.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button