Wisata Alam Kalibiru, Destinasi Wisata Alam Hits & Kekinian di Jogja - WisataHits
wisatahits

Wisata Alam Kalibiru, Destinasi Wisata Alam Hits & Kekinian di Jogja

Wisata Alam Kalibiru, Destinasi Wisata Alam Hits & Kekinian di Jogja
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Waduk Sermo, Hargowilis, Kalibiru, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Menikmati pemandangan alam sambil mencoba wahana-wahana seru tentunya menjadi hal yang menyenangkan untuk mengisi liburan. Jika Anda tertarik, di Kulon Progo Yogyakarta terdapat objek wisata yang dikenal dengan Wisata Alam Kalibiru. Panorama alam eksotis yang memukau semua orang menjadi salah satu alasan banyak orang berkunjung. Selain itu, beberapa waktu lalu, seorang public figure mengunggah foto liburannya ke akun media sosialnya.

Pesona alam yang indah sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengundang siapapun datang. Udara segar dan segar saat pertama kali menginjakkan kaki. Bagaimana tidak, tempat wisata ini dibangun di atas lahan luas dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Rindangnya pepohonan bewarna hijau menjadi pemandangan yang pasti bisa Anda lihat.

Wisata Alam Kalibiru dulunya merupakan hutan yang subur dihiasi dengan berbagai pepohonan. Namun seiring berjalannya waktu, penebangan liar membuatnya jauh dari indah. Pemerintah dibantu warga setempat telah berhasil menyelesaikan rehabilitasi sebagai objek wisata yang diminati saat ini. Berbagai jenis pohon juga menghiasi kawasan alam perbukitan ini, di antaranya jati, pinus, dan kayu putih.

Daya tarik wisata alam Kalibiru

Objek Wisata Alam KalibiruKredit gambar: Google Maps Kevin Arf

Ada alasan tersendiri kenapa banyak pengunjung datang berlibur. Hal ini dibuktikan dengan daya tarik Kalibiru Jogja yang membuat semua orang mengaguminya. Selain itu tentunya ada hal lain yang tidak kalah menarik untuk dibahas.

1. Mempesona wisata alam Kalibiru yang menakjubkan

Bukan rahasia lagi kalau Kalibiru Jogja memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Sepanjang jalan, berbagai tanaman rindang tumbuh saat fajar sebagai penghias alam. Ada juga beberapa tanaman hias yang sengaja dirawat seperti anggrek, mawar, lili dan masih banyak lagi.

Dari atas bukit, Anda bisa melihat dengan jelas pesona alam di bawahnya yang terdiri dari hamparan hutan yang luas. Di sisi lain, ada tangki Sermo dengan kontur berliku-liku yang mengungkapkan keindahan alam. Waduk ini digunakan sebagai pusat irigasi persawahan dan juga untuk kebutuhan air masyarakat Jogja.

Di beberapa tempat terdapat menara observasi yang dibangun di atas pohon pinus. Bentuknya yang bervariasi menjadi daya tarik tersendiri. Ada bentuk lingkaran biasa, bentuk hati, dan kotak sederhana. Fungsi dari bangunan menara observasi ini tidak lain adalah sebagai tempat di mana Anda bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan dari ketinggian.

2. Suasana sejuk alami khas perbukitan

Selain pemandangan alamnya yang indah memukau wisatawan, suasana sejuk alam juga menjadi daya tarik lain yang patut diperhitungkan. Memang tidak ada ruginya mengunjungi Wisata Alam Kalibiru dengan suasana asri dan hijau. Pemandangan alam berupa semak belukar dan tanaman hias masih menghiasi setiap mata yang melihatnya.

Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota membuatnya lebih sejuk tanpa ada polusi yang mencemari udara. Di ketinggian hampir setengah kilometer, udara di tempat itu tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas. Apalagi jika Anda datang setelah musim hujan, suasana segar dan asri semakin terasa dengan warna hijau dedaunan setelah hujan.

3. Berbagai wahana yang menantang dan mendebarkan

Jika keindahan pemandangan alam dan suasananya masih belum cukup memikat Anda untuk datang ke Wisata Alam Kalibiru, keberadaan wahana di lokasi tidak akan mengecewakan Anda. Sebagian besar wahana tersebut sangat menantang dan dapat memacu adrenalin. Sebut saja flying fox yang mengharuskan Anda bergelantungan di atas tali dengan ketinggian tertentu.

Sebagian besar pengunjung pasti akan melihat salah satu permainan lompat tali andalan tempat wisata ini, yaitu jembatan gantung. Ada sebuah jembatan dengan sol kayu yang telah diperkuat dengan tali. Pinggiran yang juga berfungsi sebagai pegangan terbuat dari tali. Dari atas ketinggian saat Anda menyeberang Anda benar-benar merasakan jembatan bergoyang yang memberikan sensasi yang mengasyikkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Alam KalibiruKredit gambar: Google Maps Terence Luk

Lokasinya strategis, sehingga tidak sulit menemukan tempat wisata yang diselimuti pemandangan alam ini. Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, inilah alamat lengkap yang harus Anda tuju untuk mengunjungi Wisata Alam Kalibiru. Jaraknya sekitar 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dengan sepeda motor atau mobil.

Sebagai titik awal, kami asumsikan Anda sedang berada di Molioboro, kemudian menuju ke arah Purworejo. Langsung dari jalan utama anda akan sampai di terminal Wates, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Waduk Sermo. Ambil jalan yang menuju ke Kalibiru yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Saat Anda berada di Kalibiru, silakan cari tanda yang mengarahkan Anda ke tempat tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket Wisata Alam KalibiruKredit gambar: Google Maps Fauzi Anggoro

Persiapkan biaya sebelum memasuki lokasi Wisata Alam Kalibiru karena ada biaya masuk untuk setiap pengunjung. Untuk wisatawan lokal, harga tiket masuknya adalah 10.000 rupee. Sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan tarif ganda, yakni Rp 20.000. Parkir kendaraan juga tidak gratis, meski sebenarnya cukup murah. Mobil dihargai 5.000 rupee, sedangkan kendaraan roda dua dihargai 2.000 rupee.

Selain biaya yang sudah disebutkan, kamu juga harus mengeluarkan biaya lebih jika ingin menggunakan spot foto tertentu. Harganya bervariasi tergantung lokasi yang disediakan. Yang termurah sekitar 10.000 rupiah, sedangkan yang termahal bisa mencapai 30.000 rupiah. Jika Anda tidak ingin menggunakan spot foto yang dimaksud juga tidak apa-apa karena banyak spot liar yang menawarkan pemandangan yang bagus.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Wisata Alam Kalibiru

Aktivitas di Wisata Alam KalibiruImage credit: Google Maps Wisata Kalibiru

Dengan perpaduan keindahan alam dan berbagai wahana atau permainan yang tersedia, tentunya banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Wisatawan yang datang ke Kalibiru Jogja pasti akan melakukan hal-hal seru berikut ini!

1. Tracking seru ke tempat-tempat wisata

Jarak minimum yang Anda tempuh selama perjalanan adalah sekitar 1,5 kilometer, sedangkan jarak terjauh adalah 7 kilometer. Dengan jarak tersebut, kegiatan tracking menjadi lebih menyenangkan. Tentunya dengan pemandangan indah yang selalu menyertainya. Pepohonan hijau yang rindang selalu menyejukkan mata, dengan berbagai satwa liar menghiasinya.

Beberapa hewan yang mudah ditemukan adalah burung, monyet, landak dan juga serangga. Saat berada di puncak bukit yang jaraknya paling jauh 7 kilometer ini, Anda bisa melihat panorama perbukitan yang sangat indah di bawahnya. Waduk Sermo merupakan salah satu lokasi yang banyak dinantikan wisatawan.

2. Aktivitas keluar yang sulit

Termasuk daya tariknya, fasilitas outbond yang disediakan pengelola Wisata Alam Kalibiru menjadi kegiatan wajib yang harus Anda lakukan. Rubah terbang adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda taklukkan terlebih dahulu. Kegiatan ini bisa memacu adrenalin Anda, dan tidak semua orang berani melakukannya. Tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan karena semuanya sesuai dengan standar keamanan saat ini.

Kalau tidak terlalu sulit, jembatan gantung mungkin akan membuat nyali Anda ciut. Bagaimana tidak, jembatan penyeberangan yang harus Anda lintasi tidak terlalu besar. Setiap melangkah, jembatan selalu berayun tanpa arah. Apalagi jika angin kencang yang juga membuat perasaan semakin seram. Balok samping dari kayu siap menghalangi anak tangga dan bahkan bisa membuat Anda terjatuh.

Namun, mungkin ada hal-hal yang mengalihkan perhatian Anda saat berpindah dari pohon ke pohon. Anda dapat melihat pemandangan indah dari bawah tanpa batas. Untuk menguji nyali dengan permainan ini, anak-anak harus membayar Rs 5.000 sedangkan orang dewasa dikenakan biaya Rs 10.00. Tentunya harga tersebut masih sangat murah dibandingkan dengan sensasi seru yang Anda dapatkan.

3. Hunting spot foto dengan panorama di perbukitan

Aktivitas menarik di Wisata Alam KalibiruImage credit: Google Maps Wisata Kalibiru

Dibangunnya spot-spot foto keren dalam berbagai bentuk diperuntukkan bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen-momen seru selama berlibur. Sebagian besar berupa gardu induk atau menara observasi yang dibangun di atas pohon pinus. Tentunya posisi spot tempat spot dibangun ini tidak sembarangan, karena berhadapan langsung dengan pemandangan yang indah.

Dari segi keamanan juga terjamin, jadi anda tidak perlu khawatir. Meski ketinggiannya bisa dibilang lumayan, ada tali yang berfungsi sebagai pengaman. Tali tersebut akan diikatkan pada pengunjung Wisata Alam Kalibiru yang digunakan sebagai tindakan pencegahan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, diperlukan biaya tambahan untuk menaiki menara.

4. Berburu Kuliner Kelezatan

Setelah puas menikmati pemandangan indah dari atas bukit, aktivitas selanjutnya yang juga cocok dilakukan adalah mencicipi kuliner khas Jogja. Kali ini pasti berbeda ketika Anda menikmatinya di tempat lain. Sambil menyantap hidangan lezat, keindahan pemandangan dan suasana juga menjadi momen yang tak terlupakan.

Jika Anda merasa kedinginan, silakan pesan kopi atau teh panas. Ada juga minuman khas Jogja berupa wedang jahe yang sangat baik untuk menghangatkan tubuh. Harganya juga bersahabat, tidak terlalu mahal untuk sekelas tempat wisata alam. Jika Anda tidak yakin, silakan tanyakan terlebih dahulu tentang harga yang ditawarkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Wisata Alam KalibiruKredit gambar: Google Maps Ibnu Adi

Wisata Alam Kalibiru menyediakan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Seperti halnya tempat wisata lainnya, Anda dapat menikmati toilet yang bersih dan nyaman untuk buang air besar atau kebutuhan lainnya. Di sudut lain terdapat mushola yang meskipun kecil namun tetap bisa digunakan sebagai tempat ibadah.

Sebelum memasuki tempat wisata alam yang indah ini, terdapat tempat parkir yang cukup luas dengan keamanan yang terjamin. Warung makan di sekitar lokasi juga menjadi fasilitas wajib yang harus ada di setiap tempat wisata. Meski harus membayar sejumlah nilai, harganya masih relatif murah.

Selalu di tempat yang sama, tersedia tempat duduk yang bisa Anda gunakan sebagai tempat istirahat sementara sebelum melanjutkan aktivitas. Sebagian besar pengunjung juga menggunakannya untuk tempat foto liar karena pemandangan di sekitarnya selalu indah dan cukup indah. Tentu saja kali ini tidak perlu ada biaya tambahan, seperti halnya jika menggunakan spot foto menara observasi.

Sangat menarik untuk membahas wisata alam Kalibiru Jogja dengan pesona alamnya yang luar biasa. Tentunya setelah mengetahui berbagai atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan, Anda mungkin langsung ingin mengunjunginya. Minimal bisa Anda jadikan referensi untuk melengkapi koleksi objek wisata nusantara.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button