Wisata Ada perbukitan dan pantai di sekitar JJLS Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Ada perbukitan dan pantai di sekitar JJLS Gunungkidul

Menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini semakin mudah melalui Jalan Lingkar Selatan (JJLS). Tidak hanya bisa mempersingkat waktu tempuh, tapi juga bisa melihat pemandangan indah di sepanjang JJLS yang melintasi Kabupaten Gunungkidul.

JJLS di Gunungkidul, jalur penghubung antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah dan Jawa Timur, melewati kawasan pesisir dan perbukitan yang masih asri. Penasaran apa saja tempat wisata yang ada di sekitar JJLS Gunungkidul, yuk simak di bawah ini!

1. Bukit Pengilon

7 wisata di sekitar JJLS Gunungkidul, ada bukit dan pantai yang indahinstagram/@wonderfuljogja

Tempat wisata yang pertama adalah Bukit Pengilon, salah satunya Pekerjaan tempat wisata terkenal di gunungkidul yang memiliki pesona keindahan alam yang mempesona. Kawasan perbukitan ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri berupa dataran berumput hijau yang menghadap ke laut.

Bukit Pengilon berada di kaki Gunung Batur, yang dulunya merupakan gunung berapi aktif. Dari atas Bukit Pengilon, Anda bisa melihat Pantai Wediombo dan Watu Lumbung di sebelah timur, serta Pantai Banyu Nibo dan Siung di sebelah barat.

Pemandangan pantai dari atas bukit tentunya akan menjadi hal yang sangat menarik tentunya anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang indah..

Alamat: Kawasan hutan, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunungkidul

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket: Rp5 ribu

2. Pantai Trengol

7 wisata di sekitar JJLS Gunungkidul, ada bukit dan pantai yang indahPantai Trenggole Gunungkidul (Instagram.com/oreo_photo_)

Pantai Trenggole adalah salah satu pantai baru di Gunungkidul. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Indrayanti dan belum banyak yang mengetahui keindahannya.

Trenggole adalah pantai berpasir putih dengan tekstur pasir halus. Selain itu juga memiliki area yang cukup luas sehingga cocok untuk bermain, bersantai dan bermain air. Salah satu daya tarik dari objek wisata ini adalah letaknya yang diapit oleh dua bukit karang di sisi timur dan barat. Pantai ini juga unik karena memiliki bebatuan berbentuk kubus berwarna hitam di sekeliling pantai yang bisa dijadikan pantai Pekerjaan foto ini instagic.

Alamat: Dusun Ngasem, Desa Tepus, Tepus Kapanewon, Kabupaten Gunungkidul

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket: Rp10 ribu

Baca Juga: 4 Upacara Adat Unik di Gunungkidul yang Wajib Dinikmati Saat Liburan

3. Pantai Baron

7 wisata di sekitar JJLS Gunungkidul, ada bukit dan pantai yang indahPantai Baron (Instagram.com/teropongjogja)

Pantai Baron merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang dikenal memiliki dua jenis air yaitu air asin dan air tawar. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan suasana yang sejuk di sekitar pantai karena banyak terdapat pepohonan yang rindang.

Salah satu daya tarik yang dimilikinya adalah mercusuar. Tidak semua pantai di Gunungkidul memilikinya! Dari atas mercusuar anda bisa melihat keindahan alam di sekitar pantai yang tentunya sangat indah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai kuliner yang nikmat di Pantai Baron makanan laut Yang akan sangat disayangkan jika Anda melewatkannya.

Alamat: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket: Rp10 ribu

4. Bukit Kosakor

7 wisata di sekitar JJLS Gunungkidul, ada bukit dan pantai yang indahPotret Puncak Kosakora (Instagram.com/jogjascenery)

Tempat wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Bukit Kosakora. Tempat ini merupakan salah satu hasil dari fenomena exokarst di Gunungkidul yang sangat indah. Bukit Kosakora merupakan bukit karst yang berjajar dengan sejumlah pantai indah di Gunungkidul seperti Pantai Ngrumput, Drini, Watu Kodok, Kukup dan Panjang.

Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut. Di sini Anda dapat menikmati keindahan alam atau bersantai dan berfoto latar belakang pemandangan Pantai selatan. Untuk sampai ke puncak Kosakora Anda harus mendaki karena jalurnya tidak bisa dilalui kendaraan.

Alamat: Kawasan Hutan, Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket: Rp10 ribu

5. Pantai Gesing

7 wisata di sekitar JJLS Gunungkidul, ada bukit dan pantai yang indahPantai Gesing (Instagram.com/hafizgnwn)

Pantai Gesing dikenal sebagai Pantai Nelayan. Anda bisa mendapatkan berbagai ikan yang ditangkap oleh nelayan yang diam segar dengan harga yang terjangkau.

Pantai ini memiliki pemandangan perahu nelayan yang berjejer di bibir pantai yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, Pantai Gesing diapit oleh dua tebing di sisi barat dan timur. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan bersih dengan luas yang tidak terlalu besar.

Alamat: Bolang, Girikarto, Kec. Baking, Kabupaten Gunungkidul

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket: Rp5 ribu

Baca Juga: 10 Potret Pantai Srakung yang Tersembunyi di Ujung Timur Gunungkidul

6. Pantai Watu Katak

7 wisata di sekitar JJLS Gunungkidul, ada bukit dan pantai yang indahPantai Watu Katak (Instagram.com/yogyahangout)

Pantai Watu Kodok merupakan salah satu pantai dengan lanskap alam yang indah. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan yang akan menyegarkan mata dan pikiran Anda. Pantai Watu Kodok memiliki tebing terjal yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

Nama Watu Kodok untuk pantai ini diambil karena adanya dua tebing berbentuk katak (kodok) yang terletak di sisi barat dan timur pada masa lampau. Selain itu, pantai ini juga memiliki garis pantai yang lebar dan panjang.

Jangan lupa bahwa di sepanjang pantai Watu Kodok banyak terdapat pohon pinus, udang dan pandan laut untuk anda berfoto dan bersantai.

Alamat: Banjarejo, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket: Rp10 ribu

7. Pantai Ngandong

7 wisata di sekitar JJLS Gunungkidul, ada bukit dan pantai yang indahPotret Pantai Ngandong (Instagram.com/mahfudwahyu)

Pantai Ngandong yang bersebelahan dengan Pantai Sundak memiliki pesona dan pemandangan alam yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Pantai ini memiliki pantai berpasir putih dengan campuran air laut hijau kebiruan yang menyegarkan mata.

Tak hanya itu, pantai dengan tebing karang cantik yang mengelilingi pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Nelayan. Di sini Anda dapat dengan mudah menemukan perahu nelayan yang diparkir di sepanjang pantai.

Alamat: J L. Sel-Strand. Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunungkidul

Waktu aktif: Buka 24 jam

harga tiket: Rp10 ribu

Inilah deretan tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat Anda melewati Jalan Lingkar Selatan Gunungkidul (JJLS). Selamat berlibur!

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Ngedan, Gunungkidul

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button