Pantai Widodaren Gunungkidul menawarkan panorama Perbukitan dan Pasir Putih - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Widodaren Gunungkidul menawarkan panorama Perbukitan dan Pasir Putih

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Jika ingin menyendiri sambil menikmati suasana alam, maka Pantai Widodaren di Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Dikenal sebagai perpaduan antara perbukitan yang indah dan pasir putih, Pantai Widodaren terletak di Desa Kanigoro, Saptosari.

Baca Juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Panjang

Pantai Widodaren berjarak sekitar lima kilometer sebelah timur Pantai Ngobaran, namun jalan dari Pantai Ngobaran menuju Pantai Widodaren belum sepenuhnya baik. Ada lagi jalan berbatu yang panjangnya sekitar dua kilometer.

Suasana yang ditawarkan Pantai Widodaren cukup sejuk karena masih banyak pohon pandan, ditambah pohon kelapa yang sudah mulai ditanam. Pengunjung bisa menikmati suasana dan panorama Samudera Hindia dari atas tebing.

Baca juga:

“(Pengunjung) tidak sebanyak di kawasan pantai Ngobaran, tapi setiap hari ada pengunjung yang hanya ingin bersantai di pendopo atau bermain air di pantai,” kata Kepala Desa Kanigoro, Suroso, saat dihubungi melalui telepon oleh wartawan, Selasa (20/0922) .

Suroso mengaku belum mengetahui asal muasal nama Widodaren karena sudah ada sejak lama.

Ratusan orang berkemah di pantai Widodaren di akhir pekan

Pantai Widodaren, Kanigoro, Saptosari, GunungkidulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Pantai Widodaren, Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul

Salah satu pedagang, Gemi, mengatakan banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Widodaren pada akhir pekan untuk berkemah di malam hari.

Bahkan, ratusan orang berkemah di lokasi tersebut setiap akhir pekan.

“Tebing juga aman karena datarannya tidak tinggi,” katanya.

Baca juga:

Menurut seorang pengunjung dari Sukoharjo bernama Kurnia, menemukan pantai Widodaren tidak sulit karena banyak rambu yang dipasang oleh pemerintah kota.

“Gampang, kalau ke sana, enaknya masih sepi. Kalau mau beli ikan, ke Pantai Ngrenehan saja,” kata Kurnia.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Asing ke Goa Jomblang Gunungkidul Mulai Pulih

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button