Tiket dan Aktivitas TAMAN SKY Pangalengan - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas TAMAN SKY Pangalengan

Biaya masuk ke Pangalengan Sky Park: Rp 5.000 – Rp 35.000 Jam buka: 24 jam No. Telepon : 0811 2131 220 Alamat : Kp. Puncak Mulya, Jl.Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40378

Taman Surgawi Pangalengan merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Bandung. Popularitasnya meningkat sejak dia menjadi viral di media sosial. Alasannya tak lain karena destinasi wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan.
Berada di dataran tinggi, tempat wisata ini menyuguhkan panorama “samudera awan” yang sangat mempesona. Penasaran kan seperti apa bentuknya?

Harga Tiket Masuk Pangalengan Sky Park

Tiket masuk Pangalengan Sky Park cukup murah. Dengan biaya yang terjangkau, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan pemandangan dan suasana alam. Sedangkan ongkos berkemah cukup membayar 35.000 rupiah. Memang tarif ini belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Tiket masuk Pangalengan Sky Park
Tiket masuk dewasa Rp 10.000
Tiket masuk anak Rp5.000
Tiket camping (termasuk tiket reguler) Rp35.000
Tiket kendaraan
Parkir reguler untuk sepeda motor Rp5.000
Tempat parkir motor camping Rp 10.000
Mobil biasa Rp 10.000
Mobil Kemah Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk dan Pesona SUNRISE POINT CUKUL

Jam buka

Sebagai daerah berkemah, Pangalengan Sky Park buka setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan hari libur nasional.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Rekreasi Pangalengan Sky Park

Pengunjung duduk menikmati matahari terbitTaman Terbang Pangalengan menampilkan tempat wisata alam dengan pemandangan pegunungan yang indah dan kebun teh yang menakjubkan di Bandung Selatan – Foto: Google Maps/VVIBU

Hiruk pikuk keramaian kota, tanpa disadari kerap mengundang stres. Kerumunan orang dan asap kendaraan memicu rasa bosan yang menyesakkan bagi banyak warga kota. Tidak heran banyak dari mereka mencari pelarian ke alam untuk mendinginkan diri. Di Bandung dan sekitarnya, tak sulit menemukan destinasi wisata alam.

Pangalengan Sky Park adalah tujuan wisata alam yang layak. Terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung, letaknya tidak terlalu jauh dari kota. Dengan waktu tempuh kurang dari 3 jam, wisatawan sudah bisa menghirup udara segar dataran tinggi. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset.

Daya tarik utamanya adalah panorama alam hingga 360 derajat. Semua itu bisa dinikmati dari ketinggian 1670 mdpl. Medan yang luas dan udara yang segar juga menjadi tempat yang nyaman untuk berkemah. Tentu saja, sangat mungkin untuk menjadikannya tujuan liburan keluarga akhir pekan singkat.

Baca Juga: 16 Taman Hiburan Terbaik di Bandung

Jembatan unik di tengah kebun teh

Jembatan kayu di atas kebun tehKabut mulai menyelimuti area jembatan kayu Pangalengan Sky Park – Foto: Google Maps/Nurhadi Bagus

Ada tiga tempat parkir di sini. Satu area dikhususkan untuk mobil dan motor, sedangkan sisanya hanya bisa diakses oleh sepeda motor. Pengunjung dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir 1 dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju kawasan wisata.

Alih-alih jalan setapak, pengunjung justru harus menyeberangi jembatan kayu. Jalur ini melewati hamparan kebun teh dengan panjang sekitar 200 meter. Fasilitas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berfoto.

Pemandangan dari dek dijamin memanjakan mata. Hamparan luas kebun teh berdampingan dengan pegunungan sebagai latar belakang. Pada malam hari, jembatan ini dihiasi dengan lampu-lampu yang membuatnya semakin cantik.

Kemudian di bagian bawah jembatannya sendiri terdapat jalur yang bisa ditempuh dengan sepeda motor. Pengunjung yang ingin memarkirkan sepeda motornya di tempat parkir mobil 2 dan 3 harus melalui jalan ini. Bahkan, sepeda motor bisa dibawa sampai ke perkemahan. Namun, demi kenyamanan pengunjung lain, sebaiknya parkir di tempat yang tersedia.

Berkemah

Berkemah di bukit Pangalengan Sky ParkSelamat berkemah di Pangalengan Sky Park Campground – Foto: Google Maps/Ahmad Sofwan

Di bawah jembatan, wisatawan akan tiba di bumi perkemahan. Ruang di tengah kebun teh ini bisa menampung lebih dari 20 tenda. Di kawasan ini pengunjung juga bisa menemukan sejumlah spot foto spesial.

Di sekitar bumi perkemahan terdapat fasilitas umum yang dapat digunakan. Fasilitas tersebut antara lain toilet, mushola dan warung. Wisatawan yang berkemah bisa membeli makanan instan atau jajanan di stand 24 jam ini.

Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini berada di atas 1600 meter di atas permukaan laut. Suhu udara akan turun drastis pada sore hari. Maka dari itu wisatawan camping sebaiknya menyiapkan pakaian yang tebal.

Namun bagi wisatawan yang tidak ingin diganggu, pengelola Pangalengan Sky Park juga telah menyediakan paket berkemah. Paket ini sudah termasuk tenda, matras, sleeping bag, listrik dan sarapan pagi. Ada juga persewaan peralatan camping seperti kompor dan lampu tenda.

samudra awan

suasana pagiSiluet gunung dan bukit yang terlihat di Pangalengan Sky Park pada pagi hari – Foto: Google Maps/Fauzan aulia

Pemandangan dari perkemahan adalah yang paling fokus. Di hari yang cerah, panorama hamparan kebun teh dan perbukitan siap menyegarkan mata. Semuanya ditampilkan hingga 360 derajat. Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari sini.

Di pagi hari, perbukitan akan tertutup lapisan awan. Adegan viral ini dikenal sebagai “lautan awan”. Hamparan awan dan kabut tampak menyelimuti Pangalengan dan sekitarnya. Sajian alami ini akan semakin indah dilihat dari pos pengamatan yang tersedia.

Suasana nokturnal tak kalah mempesona. Pengunjung bisa menikmati semburan cahaya dari pemukiman warga di kejauhan. Tak ketinggalan hamparan bintang di langit yang membuat suasana semakin hangat dan romantis.

Fasilitas Aerial Park Pangalengan

Taman Aerial Pangalengan menyediakan fasilitas pendukung yaitu tempat parkir yang luas, toilet, musholla dan warung makan. Fasilitas rekreasi termasuk perkemahan, jembatan kayu, tempat foto, tempat pengamatan, dan paket berkemah yang menyenangkan.

Lokasi Taman Langit Pangalengan

Pangalengan Sky Park terletak di Desa Puncak Mulya, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lokasi dapat dicapai dengan mobil atau sepeda motor. Namun, harap pastikan kendaraan dalam kondisi baik karena tanjakan curam mendominasi akses jalan di dekat lokasi.

Akses ke Taman Langit

Langit malam di Pangalengan Sky ParkPesona malam di Pangalengan Sky Park – Foto: Google Maps/Aji Nur Islamiansyah

Menuju Pangalengan Sky Park tidak terlalu sulit. Dari kota Bandung, arahkan kendaraan ke Soreang. Anda juga bisa melalui jalan tol Soroja untuk menghemat waktu.

Melanjutkan perjalanan ke Banjaran. Dari sana belok ke Jalan Raya Pangalengan sampai Anda tiba di Pangalengan. Lurus melalui Situ Cileunca hingga tiba di Situ Cukul.

Dari Situ Cukul, langsung menuju ke German Villa di Jalan Cukul. Di pertigaan, belok kanan dan ikuti jalan kecil menuju lokasi. Perhatikan rambu-rambu arah di sepanjang jalan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar, ya?

Semakin mendekati lokasi, medan akan semakin berbatu dan menanjak. Sedangkan kanan dan kirinya adalah hamparan kebun teh. Beberapa meter sebelum pintu gerbang, wisatawan harus menyeberang jalan dari tanah. Akses jalan ini akan sangat sulit dilalui saat musim hujan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button