Waterboom Jogja bekerja sama dengan komunitas dan TK menyelenggarakan Festival Angklung DIY - WisataHits
Yogyakarta

Waterboom Jogja bekerja sama dengan komunitas dan TK menyelenggarakan Festival Angklung DIY

SLEMAN—Waterboom Jogja atau yang dulu dikenal dengan Jogja Bay Waterpark telah menghidupkan kembali festival Angklung. Setelah dua tahun rehat akibat pandemi, akhirnya Festival Angklung hadir dengan nama AKYK Kids Festival Angklung In Harmony 2022, Minggu (11/6/2022).

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai lebih dari 2000 peserta, sehingga panggung teater Waterboom Jogja Harbour meledak. Festival Angklung ini merupakan rangkaian acara kedua setelah sebelumnya digelar Festival Angklung untuk TK dan SD sebidang DIY yang memperebutkan piala GKR Hemas. Perbedaan dengan festival hari Minggu terkait dengan kategori yang dilombakan.

Saat ini kategori yang dilombakan dikhususkan untuk TK se-DIY dengan memperebutkan juara umum GKR Hemas. Festival Angklung diikuti oleh lebih dari 2000 peserta, dengan total 49 sekolah yang berpartisipasi. Rangkaian kegiatan AKYK Kids Festival Angklung In Harmony tahun 2022 diantaranya adalah penampilan Angklung dari masing-masing kategori TK di DIY.

Pementasan dilakukan selama dua hari berturut-turut, setelah itu diumumkan Kejuaraan Festival Angklung pada Minggu, 6 November 2022. Selain itu, para peserta mendapatkan fasilitas tambahan yaitu permainan dan berenang di Waterboom Jogja untuk membuat para peserta merasa senang. Festival Angklung ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting, antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Kabupaten Sleman, Kabid Perindustrian Dinas Pariwisata DIY, Kapolres Depok Timur, Kades Maguwoharjo , dan Depo Panewu.

Salah satu ketua Waterboom Jogja, Bapak Denny Osmar selaku General Manager Waterboom Jogja mengatakan: “Jadi acara hari ini merupakan lanjutan dari acara kemarin yang masih dalam suasana peringatan acara dan tujuan dari AKYK Kids Festival. Angklung Dalam Harmoni Kegiatan Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan kali ini didedikasikan untuk kategori Taman Kanak-Kanak di DIY dengan tujuan utama memperebutkan piala GKR Hemas. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengingatkan kita bahwa kita harus melestarikan warisan budaya bangsa. Oleh karena itu, kami melakukan kegiatan untuk melestarikan budaya bangsa dan mengenalkan semangat juang siswa sejak dini serta menumbuhkan pengenalan, kecintaan dan pelestarian warisan budaya bangsa yaitu alat musik angklung ini.”

Selain itu, Bapak Denny Osmar, General Manager Waterboom Jogja menjelaskan bahwa acara Angklung ini memiliki tujuan lain yaitu untuk menyambut HUT ke-7 Waterboom Jogja dengan nama Tujuh Warna-warni menjadikan acara ini rutin diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu hingga pertengahan November 2022.

Harapannya terkait dengan event yang berkelanjutan seperti ini, mampu menjadikan Festival Angklung sebagai event tahunan dan menumbuhkan sikap dan kepedulian terhadap pelestarian budaya angklung sejak dini, serta menumbuhkan benih-benih pendukung yang unggul, kompak dan kreatif. (***)

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button