Destinasi wisata religi Masjid Giok Aceh diresmikan setelah 12 tahun dibangun - WisataHits
Jawa Barat

Destinasi wisata religi Masjid Giok Aceh diresmikan setelah 12 tahun dibangun

TEMPO.CO, jakarta – Setelah 12 tahun dibangun, Masjid Raya Baitul-A’la atau Masjid Giok akhirnya selesai dibangun. Masjid yang terletak di Kompleks Perkantoran Suka Makmue di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh ini akhirnya resmi dibuka pada Jumat 16 September 2022.

“Selamat datang di Masjid Giok, butuh perjuangan keras untuk menyelesaikan masjid ini,” kata Bupati Nagan Raya M. Jamin Idham di Nagan Raya, Jumat.

Menurut Idham, pembangunan masjid memakan waktu 12 tahun karena berbagai tantangan dan hambatan. Pembangunan Masjid Giok dimulai pada tahun 2010 di bawah arahan Bupati T. Zulkarnaini dan Wakil Bupati HM Kasem Ibrahim periode 2007-2012.

Masjid ini memang sangat unik karena dihiasi dengan batu giok pada dinding, tiang dan lantainya. Batu giok yang didominasi warna hijau ini memiliki grade yang tinggi dengan skala kekerasan 7 Mohs.

Idham mengatakan bahan dasar batu giok yang digunakan pada bangunan masjid antara lain dinding, tiang dan lantai masjid yang semuanya berasal dari wilayah Kabupaten Nagan Raya. Batu giok tersebut diambil dari daerah pegunungan Singgah Mata, kabupaten Beuttong. Pengolahan batu dilakukan oleh tenaga ahli yang didatangkan khusus dari Kabupaten Tulung Agung, Jawa Timur.

Meski kabarnya sudah selesai dan ditahbiskan, Idham mengatakan akan dibangun empat menara masjid di masjid tersebut. Pemerintah daerah telah menyediakan anggaran untuk tahun 2023.

Idham juga berharap kehadiran masjid giok unik ini dapat mempromosikan Kabupaten Nagan Raya dan menjadi salah satu destinasi wisata Islami di Aceh. “Saya mengajak seluruh masyarakat, khususnya yang berada di sekitar Masjid Raya Baitul A’la, untuk mempromosikan masjid ini setiap saat,” ujarnya.

Baca juga: Masjid Giok Nagan Raya ditetapkan menjadi tujuan wisata ziarah di Aceh

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button