Warga diajak kembangkan kawasan ekowisata mangrove - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Warga diajak kembangkan kawasan ekowisata mangrove – ANTARA News Yogyakarta

Warga diajak kembangkan kawasan ekowisata mangrove – ANTARA News Yogyakarta

Pekanbaru (ANTARA) – Universitas Riau (Unri) kini menggandeng masyarakat dalam program pengembangan dan pelestarian ekosistem mangrove di lahan hutan mangrove Kampus Unri Purnama Kota Dumai, Provinsi Riau, dalam bentuk ekowisata mangrove.

“Karena keberadaan Kampus Unri Purnama di Kota Dumai Provinsi Riau yang berbatasan dengan kawasan kota dan industri serta muara merupakan nilai sebagai contoh ekosistem mangrove yang masih terjaga,” kata Rektor Unri Prof Sri Indarti SE MSi dalam keterangannya di Dumai, Sabtu.

Rektor mengatakan pengembangan kawasan ekowisata mangrove ini berada di kawasan pendidikan atau kampus UNRI agar masyarakat dapat terlibat dalam menjaga kelestarian ekosistem mangrove.

Ia mengatakan Indonesia merupakan negara dengan ekosistem mangrove terluas di dunia. Mangrove adalah vegetasi hutan yang tumbuh di antara garis pasang surut dan dapat disebut sebagai hutan pasang surut.

“Namun belakangan ini kerusakan mangrove terjadi hampir setiap tahun karena mangrove tidak dianggap sebagai aset utama, padahal mangrove berperan dalam berbagai kegiatan pembangunan,” katanya.

Ia mengatakan, manfaat hutan bakau sepanjang hayat adalah dapat menyerap segala jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Selain itu, hutan bakau membantu alam menjaga kualitas udara yang lebih baik dan lebih bersih.

Kawasan hutan mangrove dapat dikembangkan menjadi objek wisata untuk kegiatan bisnis baik bagi pelajar maupun masyarakat.

“Pada aspek edukasi terdapat fungsi penelitian, pembelajaran bagi mahasiswa, mahasiswa, dosen dan masyarakat, serta pengembangan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan konsep ekowisata berbasis alam dengan aspek edukasi, dan interpretasi dengan pengelolaan kelestarian ekologis lingkungan alam dan budaya masyarakat,” ujarnya.

Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Unr, Dr. Suwondo, MSi mengatakan selain wisata edukasi yang mengutamakan keindahan alam hutan mangrove dan biota yang hidup di dalamnya, pengunjung melalui hutan mangrove ini juga dapat menikmati sejuknya suasana hutan mangrove dan dapat menyewa perahu bermotor. atau perahu untuk berkeliling daerah untuk dijelajahi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Unri mengembangkan kawasan ekowisata mangrove di kampus Dumai

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button