BIN mendorong warga pesisir Gunungkidul untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi - WisataHits
Yogyakarta

BIN mendorong warga pesisir Gunungkidul untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi

Harianjogja.com, Gunungkidul – Perwakilan Badan Intelijen Negara (BIN) DIY ingin membantu meningkatkan keberhasilan vaksinasi di Gunungkidul. Salah satunya dengan menyisir warga pesisir untuk mengikuti program vaksinasi Corona.

Perwakilan BIN DIY Eko Susilo mengatakan, kinerja vaksinasi di Gunungkidul masih rendah, sehingga pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Menurut dia, sejumlah target sedang disisir. Selain tempat-tempat yang cakupannya masih rendah, juga menyasar warga di wilayah pesisir.

“Pantai sedang digerus karena interaksi dengan wisatawan dari luar daerah, sehingga perlu kejelian untuk menghindari penularan,” kata Eko kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Ia mengatakan terus berkoordinasi dengan perangkat desa untuk implementasi vaksin tersebut. Vaksin sedang dilakukan untuk warga Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul.

“Kami juga menjalankan program vaksinasi di Kapanewon Rongkop,” ujarnya.

BACA JUGA: Polisi Masih Selidiki Kasus Pencurian Beruntun di Tanjungsari

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Tanjungsari Suwarso mengatakan di wilayahnya, kinerja vaksinasi khususnya dosis booster termasuk yang paling rendah karena kinerjanya masih di bawah 25%. Oleh karena itu, upaya percepatan terus dilakukan untuk memaksimalkan program pencegahan Covid-19, khususnya di wilayah pesisir.

Menurutnya, percepatan dilakukan dengan menggelar vaksinasi massal, salah satunya di Desa Banjarejo. “Di Sini [Banjarejo] Kami menggelarnya selama tiga hari dengan target 1.000 warga,” kata Suwarso.

Vaksinasi di wilayah pesisir direncanakan tidak hanya di Desa Banjarejo. Pasalnya, kabupaten lain seperti Ngestirejo, Kemiri, Hargosari, dan Kemadang juga melakukan hal yang sama. “Mudah-mudahan dengan program ini pencegahan penularan virus bisa lebih optimal,” ujarnya.

BACA JUGA: Ratusan Relawan Gunungkidul Ditunjuk Jadi Responden Pertama

Kepala Desa Banjarejo Dwi Haryanto mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Tanjungsari dan BIN yang telah melaksanakan program vaksinasi. Ia menjelaskan, tempat tersebut akan digelar di aula paroki dan akan digelar di Dusun Keruk 3 dan Sangen 1. “Kami membantu menggerakkan warga untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, ada sejumlah pantai yang sering dikunjungi wisatawan di Desa Banjarejo, seperti Pantai Drini, Watubolong, dan Bukit Kosakora. “Dengan vaksinasi booster, akan ada kenyamanan dalam berinteraksi dengan wisatawan karena pemangku kepentingan pariwisata telah divaksinasi secara lengkap,” katanya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button