Walikota Surabaya Eri Cahyadi menjadi Soekarno dalam film Soera Ing Baja. Itulah tujuannya - WisataHits
Jawa Timur

Walikota Surabaya Eri Cahyadi menjadi Soekarno dalam film Soera Ing Baja. Itulah tujuannya

Walikota Surabaya Eri Cahyadi menjadi Soekarno dalam film Soera Ing Baja.  Itulah tujuannya

Merdeka.com – walikota Surabaya, Eri Cahyadi menguji kemampuan aktingnya dengan memerankan karakter Presiden Soekarno dalam film dokumenter Soera Ing Baja. Film ini bercerita tentang revolusi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Pada Jumat (21/10), Eri mengaku punya tujuan untuk menunjukkan semangat juang kotanya pada masa penjajahan. Surabaya dikenal sebagai tempat kelahiran Presiden pertama Indonesia.

Artikel media taboola

“Melalui film ini, saya berharap bisa mengenalkan Surabaya, sekaligus para pelajar SD, SMP, dan anak muda Surabaya bisa melihat sejarah kota agar lebih mengenal dan mengenal lebih jauh masa lalu. perjuangan nenek moyang mereka,” kata Eri Cahyadi di Surabaya, mengutip ANTARA, Sabtu (22/10).

2 dari 3 halaman

Pengenalan Surabaya melalui media film

eri cahyadi adalah soekarno

Walikota Surabaya Eri Cahyadi Jadi Soekarno © 2022 surabaya.go.id/Merdeka.com

Eri mengaku sejak awal ingin memperkenalkan kota Surabaya dalam berbagai bidang termasuk dunia visual perfilman.

Keinginan tersebut didukung dengan berbagai fasilitas hiburan seperti Tunjungan Romansa, Sungai Kalimas, Kya-kya, Romokalisari Adventure Land dan berbagai wisata lainnya, semakin memperkaya daya tarik Surabaya.

“Melalui film ini, saya berharap dapat mengenalkan kota Surabaya, sekaligus mengajak siswa SD, SMP, dan remaja Surabaya melihat sejarah kota Surabaya, sehingga mereka lebih mengenal Surabaya dan mengetahui perjuangannya. nenek moyang mereka di masa lalu,” katanya.

Eri mengaku juga memerankan Soekarno dalam film dokumenter lain berjudul Koesno, Identitas Soekarno yang juga diproduksi oleh TVRI Jawa Timur.

Usai bertemu sutradara dan kru film Soera Ing Baja di Balai Kota Surabaya, Kamis (20/10), ia mengaku siap memerankan karakter Herald.

Saat itu, ia kembali ditawari untuk berakting di sebuah film dengan memerankan karakter Soekarno, tanpa berpikir dua kali, Eri langsung mengiyakan.

3 dari 3 halaman

Ada tiga adegan yang dimainkan oleh Eri

Menurut sutradara film “Soera Ing Baja”, Andre Arisotya, Eri Cahyadi akan memainkan tiga peran pemandangan dalam film dengan suasana revolusi kemerdekaan. Mulai dari berita proklamasi proklamasi di Surabaya hingga peresmian Tugu Pahlawan oleh Soekarno.

Andre mengaku bersyukur Eri sudah siap memerankan kembali karakter Soekarno di film terbaru.

“Pak Wali ini nanti akan berperan lagi sebagai tokoh Soekarno. Nanti ada tiga adegan Soekarno saat datang berunding dengan Inggris, Soekarno dicegat oleh pemuda Surabaya hingga meresmikan tugu pahlawan,” ujarnya dikatakan.

Menurut Andre, ini suatu kehormatan karena telah mendapat kepercayaan dari Pemkot Surabaya, khususnya walikota, untuk memproduksi film dengan latar kedaerahan dan sejarah.

“Semoga ini bisa menginspirasi semangat tim produksi untuk terus berkarya lebih baik lagi kedepannya,” tambah Andre.

Ia juga berharap karya-karya seperti ini dapat memperkaya pendidikan sejarah dengan format audiovisual untuk melengkapi kebutuhan Museum Surabaya dan mendukung sekolah nasional yang digagas Pemkot Surabaya.

“Karena film ini juga ditayangkan saat pemerintah kota menjalankan sekolah nasional. Kami berencana untuk menyelesaikan produksi film ini pada Hari Pahlawan, 10 November,” harapnya.

(mdk/nrd)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button