Wisata petualangan dan aktivitas di Sidareja Cartoon Village - WisataHits
Jawa Timur

Wisata petualangan dan aktivitas di Sidareja Cartoon Village

Liputan6.com, Purbalingga – Kie Art menggagas Kampung Kartun di Sidareja Purbalingga. Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika mengunjungi tempat wisata yang sarat akan pendidikan seni dan budaya ini.

Seperti baru-baru ini ratusan mahasiswa dari seluruh nusantara. Mereka yang tergabung dalam program Pertukaran Mahasiswa Mandiri menikmati keseruan menjelajahi Kampung Kartun melalui wisata petualangan alam.

Petualangan dimulai saat Anda disambut oleh alunan musik Gianta Arum Bamboo Kentongan yang digagas oleh Nurcholis Wijianto. Seperti namanya, pengunjung Kampung Kartun Sidareja juga bisa melihat rumah kartun yang menggambarkan seni tradisional dan budaya leluhur.

Pertunjukan tari Lengger Banyumasan kembali menghibur para pengunjung di tempat ini.

Di Cartoon Village, para pecinta seni lukis juga dapat memanjakan mata dan jiwanya dengan berjalan-jalan di galeri lukisan Kie Art Projects. Di tempat ini biasanya orang kaget karena tidak menyangka bisa menikmati lukisan indah di tempat terpencil.

Bersama Rubby, seorang ilustrator yang pernah bekerja di majalah anak-anak ternama Indonesia menjadi mentor yang mendampingi pengunjung belajar menggambar dengan cepat. Dia mengajarkan pengunjung konsep karikatur sederhana.

Setelah menggambar, pengunjung juga bisa mencoba alat musik. Tidak tanggung-tanggung. Ada 22 alat musik Jawa yang bisa dicoba sekaligus.

Kunjungan ke Kampung Kartun juga dilakukan untuk membantu Kampung Kartun Warung Erte Sidareja yang saat ini masih terkena zona jingga dan baru keluar dari status kampung miskin. Pengunjung disuguhi makanan dan minuman tradisional seperti ketan bakar, badek, cincau dan makanan khas pedesaan lainnya.

“Kehadiran rombongan pengunjung ini turut mendongkrak perekonomian desa yang merupakan bagian dari Warung Erte Cartoon Village Sidareja,” kata aktivis Kie-Art Gita Thomdean, Selasa (25/10/2022).

Gita memulai tur petualangan Kampung Kartun Purbalingga bersama rekannya Slamet Santosa. Wisata petualangan menjadi favorit banyak orang, menurut hasil survei Adventure Outlook 2022: 99 persen responden tertarik dengan wisata atau petualangan.

Ada yang berbeda pada peragaan busana di Purbalingga, Jawa Tengah. Puluhan model memperagakan pakaian tie-dye di dalam gua dengan pencahayaan penuh.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button