Estimasi Rp 56,4 miliar untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede ruas Sumedang-Wado - WisataHits
Jawa Barat

Estimasi Rp 56,4 miliar untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede ruas Sumedang-Wado

Estimasi Rp 56,4 miliar untuk pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede ruas Sumedang-Wado

Bisnis.comSUMEDANG – Tahun ini, jalan lingkar utara Bendungan Jatigede akan terhubung dengan Jalan Wado Sumedang di Pasirringkik.

Pemerintah pusat menganggarkan Rp 56,4 miliar untuk pembangunan jalan lingkar utara Jatigede yang membentang dari blok Karamat-Gunung Julang hingga jalan Sumedang-Wado.

“Itu pertarungan yang panjang. Ketika Sekjen Kementerian PUPR saat itu Ibu Anita Firmanti ke Bendungan Jatigede untuk menanam pohon di akhir tahun 2018, kami langsung mengusulkan pembangunan Jalan Lingkar Utara. kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dalam keterangannya, Kamis (12/1/2018) 2022).

Dony mengatakan, meski Bendungan Jatigede terletak di Sumedang, namun manfaatnya paling besar bagi masyarakat di luar Sumedang.

“Untuk pembangunan ini, warga Sumedang harus mengorbankan kenyamanan, pindah, kehilangan pekerjaan, sawah dan lain-lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, Sumedang juga harus diuntungkan dan dimakmurkan dari proyek strategis nasional ini.

“Gayung untuk tat, tahun 2019 Pemkab Sumedang menyiapkan proposal dan pembangunan dimulai tahun 2020 dengan alokasi anggaran Rp 38 miliar oleh Kementerian PUPR. Namun karena pandemi Covid-19, alokasi dikurangi menjadi Rp 27 miliar untuk penyelesaian Covid,” ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan fisik jalan dengan titik 0 kilometer di Desa Eretan, Desa Kadujaya, Kecamatan Jatigede hingga blok sempit Desa Pajagan, Kecamatan Cisitu sepanjang 3,8 kilometer akan dimulai pada Mei 2020.

“Alhamdulillah kami masih bisa membangun infrastruktur di masa pandemi Covid ini,” ujarnya.

Bupati mengatakan pembangunan akan dilanjutkan pada 2021 dari Blok Warung Slim, Desa Pajagan hingga Blok Karamat, Desa Cigintung, Kecamatan Cisitu sepanjang 2,4 kilometer dengan anggaran lebih dari Rp17 miliar.

“Tidak berhenti sampai di situ, pertempuran memantau hingga selesainya pembangunan Jaling Utara terus berlanjut dan tahun 2023 Jaling Utara sepanjang 4,24 km dari Blok Karamat, Desa Cigintung-Gunung Julang-Pasir Ringkik Jalan Sumedang-Wado akan memulai pembangunan fisik mulai April,” katanya.

“Bendung Jatigede dikelilingi jalan, ada Lingkar Barat Daya, Lingkar Timur dan nanti akan disambung dengan Lingkar Utara. Selain memberikan akses orang dan barang, jalan lingkar yang mengelilingi Jatigede dapat mendongkrak sektor pariwisata dan mendongkrak perekonomian.

“Pemandangan di sekitar Bendungan Jatigede yang dikelilingi jalan lingkar sangat luar biasa dan menjadi daya tarik wisata,” pungkasnya. (k34)

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button