Walikota Batu melantik 5 kepala desa terpilih dan menyentuh keputusan administratif - WisataHits
Jawa Timur

Walikota Batu melantik 5 kepala desa terpilih dan menyentuh keputusan administratif

Tugumalang.id – Walikota Batu Dewanti Rumpoko melantik 5 kepala desa terpilih di Graha Pancasila, Balai Kota Antara Tani, Senin (10/10/2022). Dewanti berharap kepala desa yang terpilih tahun ini dapat meningkatkan disiplin administrasi demi terwujudnya pemerintahan desa yang bersih dan tertib.

Selama ini disiplin administrasi di tingkat desa belum optimal, sehingga banyak anggaran yang tidak dapat digunakan dengan baik.

“Saya kira disiplin administrasinya masih kalah dengan desa-desa yang lebih sulit dijangkau. Bahkan yang anggarannya tidak sebesar Kota Batu,” kata Dewanti.

Menurut Dewanti, pemerintah desa memiliki peran sentral dalam membawa kebijakan pemerintah kota ke tingkat pusat. Pemdes memainkan peran penting dalam memungkinkan implementasi kebijakan berlangsung di tingkat desa.

Pasalnya, anggaran di setiap desa sebenarnya bisa mencapai angka 5 miliar rupiah. Anggaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan sektor-sektor penting. “Desa di Kota Batu sangat terkenal. Banyak yang bertanya bagaimana saya bisa mandiri,” kata Dewanti.

Sebanyak lima kepala desa yang dilantik menjadi pemenang pilkade yang digelar pada 28 Agustus 2022 itu. Kelima kepala desa itu antara lain Abdul Manan, Kepala Desa Pandanrejo, Imam Wahyudi, Kepala Desa Pesanggrahan.

Kemudian ada Suhermawan sebagai kepala desa Bulukerto, Hadi Purwanto sebagai kepala desa Sumbergondo dan Saniman sebagai kepala desa Sumberbrantas.

Dewanti mengingatkan agar tidak ada atmosfer persaingan ke depan. Lebih baik bersatu untuk fokus membangun desa.

“Saya yakin program kesejahteraan masyarakat akan segera diperkuat. Kemarin berkompetisi untuk mendapatkan simpati masyarakat, sekarang kompetisi untuk merebut hati masyarakat,” jelasnya.

Secara terpisah, setelah dilantik, Kepala Desa Bulukerto, Suhermawan, berjanji akan fokus merombak penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. Ke depan, ia akan membangun desa wisata dan meningkatkan literasi digital.

“Saya juga berencana mendirikan lembaga desa baru untuk membantu Bukukerto menjadi desa mandiri. Saya ingin meningkatkan ruang partisipasi warga ke depan,” ujarnya.

Ia pun ingin melanjutkan hari-hari kejayaan petani apel di desanya. Selama ini banyak petani di desanya yang beralih menanam jeruk.

“Nanti saya juga akan mengedukasi petani tentang hal ini, dan saya juga punya solusi agar ekosistem pertanian kembali lagi dari sekarang,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Desa Pandanrejo, Abdul Manan, juga akan menggenjot sektor pariwisata di desanya yang kini hampir rampung.

Sejumlah ekosistem pariwisata di sana menjadi andalan bagi kesejahteraan warganya. Terakhir, dia akan membangun jalan melalui desa Sisir hingga desa Pandanrejo.

“Saat ini sudah ada rencana jalan tol, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa beroperasi. Pass ini akan meningkatkan ekonomi lokal di sektor pertanian dan pariwisata,” katanya.

Source: tugumalang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button