Deretan wisata alam di kota Surabaya yang menawan - WisataHits
Jawa Timur

Deretan wisata alam di kota Surabaya yang menawan

KOMPAS.com – Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia dan ibu kota provinsi Jawa Timur (Jatim). Meski berstatus metropolitan, Surabaya tetap memiliki keragaman keindahan alam yang cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Destinasi wisata alam tersebut berada di beberapa wilayah Surabaya. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Tanah Petualangan Romokalisari“Ada tujuh wahana di tempat ini. Ada juga menunggang kuda tempat bermain. Jadi ayo coba Adventure Land di Romokalisari yang luar biasa ini,” kata Eri dalam siaran pers yang diperoleh Kompas.com, Jumat (10/7/2022).

    Wahana yang menawarkan berbagai sensasi wisata ini memiliki harga tiket yang berbeda-beda.

    Pemkot Surabaya (Pemkot) juga melibatkan 100 warga berpenghasilan rendah (MBR) dalam pengelolaan Romokalisari Adventure Land. Adapun mereka adalah warga Rumah Susun Romokalisari dan dari desa setempat.

    “Jadi semua penjualan tiket ke masyarakat Surabaya yang bekerja di tempat ini. Insya Allah 100 orang MBR bekerja di Romokalisari Adventure Land,” kata Eri.

    Wisata alam yang pertama adalah Romokalisari Adventure Land yang diresmikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Minggu (25/September 2022). Berdekatan dengan Rumah Susun Romokalisari di Kecamatan Benowo, destinasi wisata ini berada di pesisir utara Surabaya.Selain lokasinya yang berada di pinggir laut, Romokalisari Adventure Land juga menawarkan sejumlah wahana menarik. Sebanyak tujuh jenis wahana dapat dinikmati pengunjung, seperti; Taman bermain, kebun binatang miniarena berkuda, SUV (ATV), kano dan sekoci di kawasan mangrove dan jet ski.Eri Cahyadi mengatakan Romokalisari Adventure Land tak kalah menarik dengan destinasi wisata alam lainnya di luar kota Surabaya.

  2. Kebun Raya MangroveKawasan pesisir pantai timur Surabaya (Pamurbaya) menyimpan keindahan alam yang eksotis. Situs ini terbentang dari kawasan mangrove Gunung Anyar-Medokan Sawah hingga Wonorejo-Keputih. Hingga saat ini Pemerintah Kota Surabaya sedang menata dan mengembangkan kawasan Pamurbaya.

    Bahkan, kata Eri, Pemkot Surabaya saat ini sedang menata dan menghubungkan kawasan mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah.

    “Di sisi mangrove Gunung Anyar, Pemkot Surabaya akan fokus pada wisata perahu atau penyeberangan sungai,” ujarnya.

    Di Mangrove Medokan Sawah, pemerintah kota telah melengkapinya dengan berbagai wahana untuk dinikmati wisatawan, mulai dari sepeda air, ATV, spot foto hingga wahana perahu atau penyeberangan sungai, serta kuliner yang nikmat.

    “Ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Namun, ada (masih) keindahan alam yang dilestarikan di Kebun Raya Mangrove, baik untuk pendidikan, penelitian maupun wisata alam,” jelasnya.

    Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata alam di Surabaya. Dermaga. Pemerintah Kota Surabaya Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata alam di Surabaya.

  3. Taman Hiburan Pantai Kenjeran (THP)

    “Saya ingin menunjukkan bahwa Surabaya memiliki tempat wisata yang luar biasa,” ujarnya.

    Selain menawarkan wisata alam berupa pantai, THP Kenjeran Surabaya juga dianugerahi berbagai jajanan dan kuliner yang bisa dinikmati pengunjung. Lagi pula, ada 197 sedang berdiri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di THP Kenjeran Surabaya.

    Wajah baru Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya (THP) kini semakin cantik setelah direnovasi pada tahun 2021. Hingga saat ini, Pemerintah Kota Surabaya sedang mengembangkan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Bulak, Kota Surabaya.

    Eri mengatakan, perubahan THP Kenjeran ini diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

  4. Wisata Laut Sontoh

    Pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu untuk selfie atau sekedar duduk-duduk di pendopo dan bersantai sambil menikmati seni kuliner.

    Sebelumnya, Pemkot Surabaya menggelar lomba desain Wisata Sontoh Laut untuk mengembangkan kawasan tersebut. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong partisipasi warga khususnya generasi muda Surabaya dalam pembangunan kota.

    Eri meyakini Sontoh akan menjadi wadah bagi anak muda sekaligus destinasi wisata baru yang menarik menurut Wisata Bahari. Oleh karena itu, program pembangunan Sontoh Laut memang sengaja tidak dilaksanakan langsung oleh Pemkot Surabaya.

    “Kalau anak muda ikut, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal. Saya ingin setiap pembangunan menjadi sumbangsih pemikiran setiap warga Surabaya,” kata Eri.

    Berkunjung ke kota Surabaya belum lengkap rasanya jika belum mengikuti wisata Sontoh Laut. Terletak di desa nelayan Sontoh Laut, Tambak Sarioso, Kabupaten Asemrowo, tempat wisata ini menghadap ke laut dengan hutan mangrove.

  5. Taman Hutan Raya (Tahura)Selain destinasi wisata alam yang berada di sepanjang pantai, Surabaya juga memiliki sejumlah Taman Hutan Raya (Tahura) yang bisa dijadikan destinasi liburan di akhir pekan.

    Ada beberapa pilihan tahura di Surabaya yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya Tahu Klumprik Balas, Tahu Pakal I dan II, Pusat Pertanian Terpadu Tahu Liat dan Jeruk.

    Tahura di Surabaya tidak hanya dipenuhi dengan berbagai jenis pohon tetapi juga dengan kolam yang diisi dengan budidaya ikan.

Selain destinasi wisata alam, Eri mengungkapkan Surabaya memiliki banyak tempat wisata lain yang bisa dijadikan tempat liburan keluarga, seperti kawasan Kota Tua, wisata Kalimas River Trail dan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

“Selain pariwisata warisan“Destinasi wisata alam juga akan kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat sehingga semua kegiatan ekonomi di Surabaya bergeser,” ujarnya.

Source: biz.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button