Puncak arus balik Nataru diperkirakan 1 Januari 2023, 50.000 kendaraan kembali ke Jakarta - WisataHits
Jawa Barat

Puncak arus balik Nataru diperkirakan 1 Januari 2023, 50.000 kendaraan kembali ke Jakarta

Liputan6.com, Jakarta – PT Jasa Marga Tollroad memperkirakan 50.000 kendaraan akan kembali ke Jakarta dari Bandung, Jawa Barat pada 1 Januari 2023. Pasalnya, hari ini diperkirakan menjadi puncak kembalinya liburan di Nataru.

“Puncak arus balik liburan Natal dan Tahun Baru dari Bandung ke Jakarta diperkirakan pada 1 Januari 2023. Estimasi sampai 50.000 kendaraan yang kembali ke Jakarta besok,” kata Manajer Transaksi JM Tol Ruas Cipularang Muhidin di Gerbang Tol Kalihurip Utama, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).

Dia menjelaskan, pihaknya mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di pintu tol Kalihurip Utama untuk ruas tol Cipularang.

“Kami siapkan personel standby, gardu switchable dan 17 unit mobile reading,” katanya.

Ia menjelaskan mobile reader merupakan alat transaksi mobile di gardu tol, dengan tujuan untuk mempercepat transaksi guna menghindari antrean yang muncul seiring dengan bertambahnya lalu lintas kendaraan.

Dia mengatakan petugas akan mengumpulkan kendaraan dan kemudian menghubungkan kartu elektronik ke pembaca ponsel yang mereka bawa sehingga pengguna jalan tidak perlu mengetuk penghalang.

Selain itu, terdapat 13 gardu induk dan enam gardu satelit jurusan Bandung-Jakarta di Gerbang Tol Kalihurip Utama. Sementara itu, pihaknya telah menyiapkan sepuluh pintu gerbang utama dan enam stasiun satelit untuk arus balik puncak.

“Hari ini dibuka enam gardu induk dan enam gardu satelit arah Jakarta dari Bandung,” katanya.

PT Jasa Marga Tollroad mencatat volume kendaraan 45.437 kendaraan dari Jakarta hingga Bandung pada Jumat (30/12). Sementara itu, 29.261 kendaraan menempuh perjalanan dari Bandung ke Jakarta.

Disebutkan pula, volume kendaraan dari tol Cipali (Transjawa) menuju Bandung pada Jumat (30/12) sebanyak 3.600 kendaraan. Sementara itu, 2.566 kendaraan menempuh perjalanan dari Bandung menuju Cipali.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button