Wajib coba 5 makanan khas Gunungkidul ini - WisataHits
Yogyakarta

Wajib coba 5 makanan khas Gunungkidul ini



Kuliner khas Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta mulai dari lobster, belalang goreng hingga cabai hijau. Dermaga. Spesial


INFORMASI PERJALANAN – Kabupaten Gunungkidul menjalankan kampanye “IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem”. Salah satu tujuan dari kampanye tersebut adalah untuk meningkatkan daya tarik kawasan bagi wisatawan dan investor.

Kampanye “IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem” bertujuan untuk mengangkat berbagai destinasi wisata dan kuliner yang selama ini belum banyak diketahui wisatawan. Sedangkan di bidang kuliner, Kabupaten Gunungkidul mencoba memperkenalkan lima makanan khas yang wajib dicoba. apa pun?

  1. makanan laut
    Kabupaten Gunungkidul memiliki beberapa destinasi wisata pantai. Akibatnya, makanan laut perlu banyak ditemukan. Salah satu yang patut dicoba adalah lobster di Pantai Timang dan Pantai Sepanjang. Wisatawan bisa menikmati hidangan laut yang lezat ditemani panorama pantai yang indah.
  2. Gatot Tiwul
    Dahulu, makanan legendaris ini menjadi makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Namun kini Tiwul menjadi makanan ringan yang sering dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung. Tiwul adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong kering yang kemudian diolah menjadi tepung. Nah, tepung yang terbuat dari singkong ini dikukus menjadi tiwul yang rasanya manis dan gurih. Ditambah gula aren yang meleleh, Tiwul pun semakin nikmat.
  3. Rumput Goreng
    Makanan unik ini berasal dari belalang goreng. Di daerah lain, serangga ini bisa dianggap sebagai hama pengganggu. Namun, berkat kreativitas masyarakat dalam mengolah serangga berprotein tinggi ini, ikan paus goreng menjadi kudapan khas yang rasanya hangat, renyah, dan nikmat.

    Ada varian rasa yaitu gurih, manis dan pedas. Wisatawan tidak akan kesulitan menemukan jajanan khas ini, karena ikan paus goreng bisa ditemukan di rumah-rumah produksi yang berjualan di pinggir jalan, serta di toko-toko suvenir. Dengan harga yang bersahabat, wisatawan bisa menikmatinya langsung atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

  4. Bakmi Jawa Piyaman
    Makanan ini adalah suatu keharusan ketika mengunjungi Gunungkidul. Piyaman adalah sebuah desa di Gunungkidul yang mayoritas penduduknya menjual mie jawa. Karena itulah masyarakat menyebut kawasan ini Kampung Bakmi Jawa. Tentunya dengan cita rasa bakmi jawa yang khas dan lidah bergoyang membuat makanan yang satu ini tidak bisa dilewatkan oleh para wisatawan.
  5. Lombok Ijo
    Seperti namanya, sayur ini didominasi oleh cabai hijau yang dicampur irisan tempe, dimasak dengan santan dan bumbu lainnya. Dipadukan dengan nasi merah, gudek daun pepaya, trancam, tahu bacem tempe dan empal goreng, menjadi sajian yang nikmat dan tak terlupakan. Menu khas Gunungkidul ini seporsi lengkap dapat ditemukan di berbagai rumah makan di Gunungkidul.

Itulah lima makanan khas Gunungkidul yang wajib kamu coba. Datanglah ke Gunugkidul dan nikmati pengalaman liburan yang sesungguhnya. Follow IG/Twitter/TikTok/YouTube/Facebook: @inigunungkidul_id.

















































2 hari yang lalu


Momentum untuk menata ulang model bisnis BPJS Kesehatan

Pemerintah berencana membuat BPSJ Kesehatan khusus untuk orang kaya. Solusi untuk mendistribusikan jaminan kesehatan secara merata bagi masyarakat.

Lanjut membaca


7 hari yang lalu


Komnas HAM Energi baru dan prioritas kerja

Komnas HAM periode 2022-2027 menggelar sidang paripurna yang menghasilkan keputusan tentang susunan pemerintahan dan sembilan prioritas kerja untuk enam bulan ke depan.

Lanjut membaca


9 hari yang lalu


Sekolah Benteng Utama untuk Pencegahan Pelecehan Seksual

Menghadapi pelecehan seksual saja tidak cukup, terutama di sekolah. Trauma pelecehan seksual di usia muda bukanlah hal yang sepele.

Lanjut membaca


15 hari yang lalu


Catatan untuk KTT G20: perubahan sistem alih-alih penggantian energi

Meningkatnya permintaan dan penjualan kendaraan listrik menyebabkan penambangan besar-besaran bahan baku nikel, kobalt, litium, mangan, dan bahan baku stempel listrik lainnya di berbagai negara termasuk Indonesia.

Lanjut membaca


16 hari yang lalu


Jalan Balik Angkutan Jakarta

Cacat nalar yang sama, atau bahkan kepentingan politik jangka pendek, telah menghambat upaya warga Jakarta untuk menggunakan sepeda.

Lanjut membaca


22 hari yang lalu


Boyongan kacau ke TV Digital

Selama ini penyiaran TV analog didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar. Selama bertahun-tahun, spektrum frekuensi 700 megahertz (MHz) dikuasai oleh 14 stasiun televisi nasional.

Lanjut membaca


23 hari yang lalu



Lanjut membaca


27 hari yang lalu


Pelajaran dari kasus Briptu J dan Stadion Kanjuruhan: siapa yang menanggung biaya pemeriksaan forensik?

Kasus Brigadir J dan Tragedi Kanjuruhan menunjukkan bahwa praktik kedokteran forensik belum sepenuhnya menjadi bagian dari sistem kesehatan di Indonesia. Sudah ada aturannya, tapi ada juga yang masih kabur.

Lanjut membaca


30 hari yang lalu


Sanksi sesat untuk mengganti tiket manual

Sanksi sosial seperti membaca Alquran sebagai pengganti selebaran tidak diperlukan. Polisi harus fokus pada pelatihan dan sosialisasi penggunaan tilang elektronik

Lanjut membaca


35 hari yang lalu


Pemerintah tidak melindungi ginjal anak-anak

Merebaknya penyakit gagal ginjal akut pada anak disebabkan Departemen Kesehatan dan BPOM tidak sigap menghentikan obat sirup berbahaya yang beredar di masyarakat.Baca Selengkapnya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button