Gusung Pasir di Pulau Lancang sedang dipoles menjadi objek wisata Kepulauan Seribu - WisataHits
Yogyakarta

Gusung Pasir di Pulau Lancang sedang dipoles menjadi objek wisata Kepulauan Seribu

TEMPO.CO, jakarta – Kepulauan Seribu akan membuka potensi wisata Gusung atau endapan pasir yang menjorok di perairan Pulau Lancang, Desa Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Fenomena alam ini bisa menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

“Kita akan menemukan Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) perusahaan, seperti yang terjadi di Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa dan di Makam Suci Sultan Mahmud Zakaria di Pulau Panjang,” kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dalam keterangannya, Jumat, 21 Oktober 2022.

Gusung di Pulau Lancang merupakan tonjolan pasir putih seluas 1.260 meter persegi. Bentuknya memanjang seperti jembatan dan baru muncul utuh saat air laut surut.

Endapan tersebut terbentuk dari material berpasir dan serpihan kerikil dan cangkang yang terbawa ke darat dari pantai oleh arus laut. Materi tersebut kemudian secara teratur dan bertahap membentuk daratan baru yang disebut Gusung.

Kepala Desa Pulau Pari Ardian mengatakan masyarakat setempat mengenalnya sebagai Gusung Klanceng. “Situs tersebut terletak di pesisir Pulau Lancang dan saat ini masih dalam proses pengembangan mandiri oleh pemerintah kota,” katanya.

Selain Gusung Klanceng, Pulau Lancang memiliki potensi wisata yang menarik wisatawan. Ada Pantai Karma yang indah dan bagus untuk bersantai, bermain air dan menikmati matahari terbit dan terbenam. Pulau Lancang juga memiliki sejumlah tempat memancing dan berkemah bagi wisatawan.

Baca juga: Dua pulau di Kepulauan Seribu ini diiklankan sebagai tujuan wisata para digital nomads

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button