Bisakah Anda Makan Bebek Olahan Dengan Kolesterol Tinggi? Kata dokter ini - WisataHits
Jawa Barat

Bisakah Anda Makan Bebek Olahan Dengan Kolesterol Tinggi? Kata dokter ini

Sabtu, 3 Desember 2022 – 20:33 WIB

PITA – Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, seperti kata pepatah. Hal yang sama harus dilakukan oleh banyak orang untuk mencegah terjadinya kolesterol hingga muncul komplikasi berbahaya akibat pola makan yang buruk, salah satunya konsumsi daging bebek yang enak tapi tinggi lemak jahat.

Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana Suganda dari acara tvOne Healthy Living menjelaskan bahwa penderita kolesterol tinggi harus bisa makan makanan yang sehat dan seimbang, termasuk menghindari makanan sumber lemak tinggi.

Tak terkecuali bagi pecinta daging bebek yang sudah terdiagnosis kolesterol tinggi. Masih bisakah kamu memakannya?

“Kalau ada kolesterol, tetap dianjurkan tidak makan bebek. Makan ayam, ikan, apa saja bisa,” kata Diana pada Jumat, 2 Desember 2022.

Meski demikian, Dokter Diana mengakui bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia seringkali enggan untuk mengikuti prinsip tersebut meski dokter telah melarangnya.

Jadi dokter Diana mengizinkannya, dengan batasan satu potong daging bebek dan sedikit pengolahan minyak.

“Tapi cara memasaknya tidak digoreng. Lepaskan terlebih dahulu dan tumis bumbunya. Pastikan juga untuk menggunakan bahan-bahan yang dapat menangkal kolesterol. Tambahkan jahe, serai, bawang merah dan bawang putih,” tambahnya.

Bawang merah dan bawang putih telah terbukti mengandung antioksidan tinggi yang membantu membersihkan pembuluh darah. Ini karena kolesterol cenderung menumpuk di pembuluh darah, sehingga bawang dapat membantu mencegah penumpukan plak.

“Cabai juga bukan hanya hiasan. Mereka memiliki vitamin C dan antioksidan tinggi, jadi silakan konsumsi untuk mencegah kolesterol, ”kata Diana.

Hal lain yang juga sering diabaikan adalah asupan serat yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat yang dimaksud berasal dari buah atau sayuran sebagai pendamping konsumsi daging bebek.

“Kolesterol dapat menghambat penyerapan dari penambahan serat. Jangan hanya dimakan dengan nasi. Makan buah terlebih dahulu sebelum makan bebek untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah dan tetap menikmatinya. Makan bebek dua kali sebulan tidak apa-apa,” tambahnya.

Sebelumnya, Dokter Diana mengatakan bahwa daging bebek sebenarnya tinggi lemak, terutama bagian bawah kulitnya yang menjadi favorit banyak orang.

Ada 98 miligram kolesterol dalam setiap 100 gram daging bebek mentah atau setara dengan kaki bebek.

“Paling bagus kolesterol di bawah kulitnya, ya dagingnya juga. 100 gram daging bebek mengandung 98 mg kolesterol. Kita butuh 200 mg kolesterol. Itu setengahnya. Belum masak juga,” kata Diana, Jumat 2 Desember 2022.

Meski kandungan proteinnya cukup tinggi dibandingkan dengan kolesterol yang dikandungnya, namun cukup memprihatinkan bagi pecinta daging bebek.

Kandungan proteinnya sendiri tidak jauh berbeda dengan daging ayam, yaitu 7-25 gram protein per 100 gram daging. Bedanya dengan daging ayam, daging bebek sangat tinggi kolesterol.(dra)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button