Tebing Breksi, Keindahan Pahatan di Perbukitan Besar Kapur Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Tebing Breksi, Keindahan Pahatan di Perbukitan Besar Kapur Yogyakarta

Bicara soal kreativitas dan ide, seniman asal Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Darimana? Bukit-bukit bekas penambangan batu kapur bisa Anda ubah menjadi objek wisata yang menawan.

Itulah yang kami temukan di objek wisata Tebing Breksi Yogyakarta yang dibuka pada tahun 2014. Tebing Breksi terletak di Jalan Desa Lengkong, RT 02/RW 17, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jam operasionalnya dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Awalnya, Tebing Breksi terbentuk dari abu vulkanik yang dibuang dari Gunung Nglanggeran purba jutaan tahun yang lalu.

Akumulasi abu tersebut berubah menjadi gundukan kapur yang menjadi pundi-pundi ekonomi warga setempat. Setelah tersisa sekitar 10% dari volume aslinya, mereka mendatangkan peneliti dari ITB dan UPN untuk mempelajari kandungan batuan disana, dan ternyata ditemukan jenis batuan Tufaan yang langka sehingga membuat Tebing Breksi sebagai Geoheritage Yogyakarta diusir dan terlarang dibongkar lagi.

Tebing yang menjulang setinggi sekitar 30 meter itu mulai dipahat menjadi pahatan relief Arjuna membunuh Buto Cakil dengan ukiran naga dan mahkotanya, serta tokoh pewayangan Punakawan Semar. Semua patung ini dibuat oleh penduduk setempat dan pekerjaan ini selesai pada tahun 2015.

Tebing Breksi sendiri diresmikan sebagai objek wisata oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 30 Mei 2015. Dengan maraknya media sosial, khususnya Instagram, popularitas Tebing Breksi juga meningkat, khususnya di kalangan milenial.

Dengan tiket masuk hanya Rp 10.000 per orang, kita sudah bisa puas berfoto dengan latar belakang tembok batu besar berukir naga dan mahkotanya. Kita juga bisa menikmati indahnya sunset dari tebing ini.

Terdapat juga deretan kafetaria di sudut kanan area dengan menu yang bervariasi dan harga yang bersahabat. Dan ada juga toilet dan mushola di dekat kafetaria.

Menurut penulis, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam. Karena selain sunset, background tebing yang menjulang tinggi juga disinari dengan lampu sorot warna-warni, sehingga turut menambah pesona keindahan lokasi.

Selain panorama langit senja dan pahatan dinding batu, ada juga berbagai wahana untuk berfoto di puncak Tebing Breksi, dan kita bisa melihat keindahan Candi Barong, Gunung Merapi, Kota Yogyakarta dan Candi Prambanan sekaligus . Selain fasilitas tersebut, ada juga performance theater, Jeep untuk Offroad I, dan lokasi souvenir.

Akses termudah menuju kawasan ini adalah mengikuti jalan setapak terlebih dahulu menuju Prambanan kemudian belok kanan dari pasar menuju Piyungan hingga Tebing Breksi, hanya sekitar 3 km saja. Kemudian ambil jalan menuju Candi Ijo sebelum berbelok ke kiri di pertigaan SDN Sambirejo.

Lanjutkan perjalanan hingga 1km melintasi jalan yang kurang mulus saat kami memasuki kawasan tersebut. Lalu bagaimana dengan seorang musafir? Menarik ya, tempat wisata di Yogyakarta ini. Bagi yang ingin ke Yogyakarta, menurut saya tempat wisata Yogyakarta yang satu ini wajib masuk dalam bucket list kamu. Dijamin kamu tidak akan menyesal pergi ke Tebing Breksi Yogyakarta!

Source: yoursay.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button