5 Makanan Khas Gunungkidul yang Wajib Kamu Coba - WisataHits
Yogyakarta

5 Makanan Khas Gunungkidul yang Wajib Kamu Coba

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini sedang menjalankan kampanye IniGunungkidul – The Ultimate Gem. Tujuannya untuk meningkatkan daya tarik kawasan bagi wisatawan dan investor.

Diharapkan dengan kampanye tersebut dapat memaksimalkan eksposur ke berbagai destinasi wisata dan kuliner yang sebelumnya belum banyak dikenal di kalangan wisatawan.

Ada lima hidangan yang wajib dicoba bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul. apa pun? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. makanan laut (makanan laut)

Gunungkidul memiliki banyak destinasi wisata pantai dan berbagai macam makanan laut atau seafood makanan laut. Salah satunya hidangan lobster di Pantai Timang dan Pantai Sepanjang.

Wisatawan bisa menyantap hidangan laut yang lezat sambil menikmati panorama pantai yang indah. Hal ini juga akan membuat wisatawan betah menghabiskan waktu di sana.

  1. Gatot Tiwul

Makanan legendaris ini dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Namun Gatot Tiwul kini sudah menjadi makanan ringan sehari-hari dan sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung.

FYI: Tiwul adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dikeringkan kemudian digiling menjadi tepung. Nah, tepung singkong inilah yang kemudian dikukus hingga menjadi Tiwul.

Dengan tambahan lelehan gula merah, Tiwul memiliki cita rasa yang unik dan nikmat.

  1. Paus goreng

Makanan unik ini terdiri dari belalang goreng. Di daerah lain, serangga ini bisa dianggap sebagai hama pengganggu.

Namun, berkat keterampilan dan kreativitas manusia, serangga kaya protein ini telah disulap menjadi kudapan istimewa yang rasanya gurih, renyah, dan nikmat.

Whaleang goreng memiliki varian rasa yang gurih, manis, dan pedas. Wisatawan tidak akan kesulitan menemukan jajanan khas ini karena bisa ditemukan di rumah produksi, pedagang kaki lima hingga toko suvenir.

Dengan harga yang bersahabat, wisatawan bisa menikmati walang goreng langsung atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

  1. Bakmi Jawa Piyaman

Piyaman adalah sebuah desa di Gunungkidul yang mayoritas penduduknya menjual mie jawa. Itulah sebabnya orang menyebut kawasan ini Kampung Bakmi Jawa. Dengan cita rasa khas bakmi jawa dan goyang lidah, makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

  1. Saus Cabai Hijau

Hidangan khas berikutnya yang sangat populer adalah sayuran cabai hijau. Seperti namanya, sayur ini didominasi oleh cabai hijau yang dicampur irisan tempe, dimasak dengan santan dan bumbu lainnya.

Disajikan bersama nasi merah, daun pepaya hangat, trancam, tahu bacem dan tempe, serta empal goreng, sayur cabai hijau adalah hidangan lezat yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Satu porsi lengkap menu andalan ini bisa ditemukan di berbagai rumah makan di Gunungkidul.

Itulah lima makanan khas Gunungkidul yang wajib kamu coba. Datang ke Gunugkidul dan nikmati pengalaman liburan yang sesungguhnya!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button