Wahana dan tiket Jatim Park 1, lengkap untuk liburan akhir tahun 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Wahana dan tiket Jatim Park 1, lengkap untuk liburan akhir tahun 2022

MALANG, Tugumalang – Jatim Park 1 terletak di kaki Gunung Panderman, Kota Batu. Udara disana yang sejuk dan menyegarkan membuat wisata di Malang ini sangat cocok untuk melepas penat setelah beraktivitas.

Anggota Jatim Park Group melakukan soft opening pada tahun 2001 dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 2002. Jatim Park semula hanya memiliki luas 11 hektar, kini berkembang menjadi 22 hektar.

Jatim Park 1 selalu menghadirkan wahana baru yang menarik, sehingga wisatawan tidak akan bosan datang ke sini lagi dan lagi. Jatim Park 1 bekerja sama dengan berbagai institusi untuk memberikan pengunjung sarana pendidikan dan pengajaran sains terapan.

Kota Batu memiliki banyak destinasi wisata terkenal yang selalu ramai pengunjung di akhir pekan. Beberapa di antaranya adalah Taman Rekreasi Selecta, Museum Angkut, Alun-alun Kota Batu dan wisata di Pujon.

Wahana Wisata di Jatim Park 1

Taman bermain di Jatim Park 1
Foto/Instagram @jatimparksatu

Wahana wisata di Jatim Park 1 merupakan salah satu yang terlengkap di Malang bahkan di Jawa Timur. Setidaknya ada 16 wahana edukasi dan 45 wahana permainan yang bisa dinikmati pengunjung. Berikut adalah beberapa wahana teratas di luar sana.

1. Pesisir Gunung Berapi
Wahana roller coaster ini membawa Anda melewati pegunungan hingga ke puncak gunung dimana Anda akan merasakan kecepatan tinggi saat kereta melaju kencang melewati bebatuan.

Detak jantung yang memompa adrenalin akan membuat Anda berteriak sepuasnya saat kereta tiba-tiba keluar dari gua di perut gunung berapi. Rel kereta api yang mengitari gunung berapi dan memasuki perut gunung menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi mereka yang cukup berani.

2. Skyslinger
Nikmati pemandangan Kota Batu sambil berayun bersama seseorang yang spesial di Science Coaster Park.

Di posisi tertinggi Anda dapat menikmati pemandangan paling spektakuler dan mengabadikan momen indah dengan foto.

Selain itu, keindahan pegunungan yang mengelilingi Kota Wisata Batu bisa dinikmati dari ketinggian lebih dari 15 meter.

Setiap baris di Science Coaster Park dapat menampung 2 orang, sehingga Anda dapat menikmati suasana romantis dan menyenangkan bersama.

3. Bandul 360
Wahana yang satu ini tak kalah menarik. Jantung pasti akan berdegup lebih cepat selama 360° shuttle ride: pengunjung diayunkan 360 derajat hanya dalam beberapa menit. Wahana Jatim Park 1 ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai aktivitas ekstrim.

4. Kolam Renang dan Water Boom yang Funtastic
Di Jatim Park 1, Anda tak perlu khawatir melewatkan momen-momen seru. Pengelola telah menyediakan kolam renang yang lengkap yaitu Funtastic Swimming Pool. Ada beberapa fasilitas di kawasan ini seperti Banana Boat, Stunt Area dan Lazy River.

Selain itu, ada juga fasilitas yang tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya seperti Hawaii Waterpark. Wisata ini menawarkan seluncuran air dengan menara seluncuran setinggi 20 meter. Fasilitas ini juga dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia.

5. Kenaikan
Jika ingin menikmati pemandangan dari ketinggian, pihak pengelola sudah menyediakan sky ride. Pengunjung bisa berkeliling sesuai dengan lintasan yang disediakan. Saat berada di atas, Anda bisa menikmati pemandangan kawasan Jatim Park dan beberapa bukit yang mengelilingi Kota Batu.

6. Galeri Budaya dan Etnik
Tidak ada salahnya menjadikan Jatim Park 1 sebagai wahana wisata keluarga di Malang untuk liburan akhir tahun. Anda bisa mengajak anak-anak untuk mengunjungi wahana galeri budaya dan etnik. Di dalamnya, pengelola menampilkan koleksi rumah adat, pakaian adat dari berbagai budaya suku di Indonesia.

7. Pusat Pembelajaran Ilmiah
Di area Science Learning Center, pengunjung diajak untuk mempelajari lebih dalam berbagai fenomena dan temuan ilmiah yang menarik. Beberapa eksperimen yang dipamerkan meliputi fisika, kimia, biologi, dan matematika.

8. Taman Sejarah
Taman sejarah merupakan salah satu fasilitas pembelajaran pelengkap di Jatim Park 1. Di dalamnya terdapat berbagai peragaan dan miniatur dari zaman prasejarah. Selain belajar, pengunjung juga bisa mengambil foto dan mengunggahnya melalui media sosial.

9. Museum tubuh
The Body Museum merupakan salah satu wahana yang dibangun Jatim Park beberapa tahun lalu. Di dalamnya, Anda dan keluarga akan mempelajari segala hal tentang tubuh, mulai dari anggota tubuh hingga organ dalam.

Jangan berpikir perjalanan ini akan membosankan. Di dalamnya terdapat fasilitas menarik mulai dari teknologi video 3D hingga gyroscope yang bisa dibuat menjadi pembelajaran yang lebih menarik.

10. Pasar wisata, buah dan oleh-oleh
Bepergian tanpa membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman terasa kurang lengkap. Oleh karena itu, pihak pengelola Jatim Park 1 membuat area khusus yang bisa digunakan wisatawan untuk berbelanja. Toko-toko yang menjual berbagai oleh-oleh mulai dari buah-buahan hingga hewan hingga pernak-pernik berjejer rapi dan menjual barang-barang berkualitas.

Lokasi dan Rute Menuju Jatim Park 1

Jatim Park 1 terletak di Jl. Kartika Dua Kota Wisata Batu. Lokasinya tidak jauh dari Museum Angkut dan Jatim Park 2. Anda dapat mencapai lokasi dengan transportasi umum atau mobil pribadi.

Salah satu pilihan termudah adalah menggunakan mobil sendiri atau menyewa mobil di Malang. Cukup buka google map untuk mendapatkan petunjuk arah ke Jatim Park 1. Alternatifnya, Anda juga bisa naik angkutan kota dengan kode BL atau BT dari Terminal Batu.

Harga tiket masuk (HTM) Jatim Park 1 dan wahana lainnya

Harga tiket masuk (HTM) Jatim Park 1 terbagi menjadi tiket terusan dan tiket yang bisa dibeli secara terpisah. Berikut beberapa paket tiket yang dapat dipesan secara online melalui website (https://book.jtp.id/jtpotp/).
Jatim Park 1 + Museum Mayat: Rp 120.000
Jatim Park 1 + Museum Mayat: Rp 160.000
Go-kart: Rp 15.000
Flying Fox : Rp 20.000
Trampolin : Rp 10.000

Fasilitas di Jatim Park 1

Jatim Park terus berupaya meningkatkan pelayanannya, terutama terkait dengan fasilitas yang tersedia. Setiap titik arena bermain dilengkapi dengan toilet sehingga pengunjung tidak kesulitan untuk buang air besar.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas WiFi gratis, tempat istirahat, kamar untuk ibu menyusui dan tempat parkir yang luas. Dengan fasilitas tersebut, wisatawan akan merasa lebih nyaman di Jatim Park 1. Selain fasilitas umum, terdapat pula klinik, pujasera, pasar wisata, dan toilet difabel.

Penulis : Imam A. Hanifah
Penerbit: jatmiko

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button