Waduk Sermo, Tempat Perkemahan Seru dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Waduk Sermo, Tempat Perkemahan Seru dengan Pemandangan Alam yang Menakjubkan di Kulon Progo

Harga tiket: Rp6.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pusat Sremo, Kec. Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Bagi warga yang berdomisili di sekitar Yogyakarta tentunya sudah mengetahui tentang objek wisata Waduk Sermo di Kulon Progo. Waduk ini memiliki berbagai macam spot foto yang menarik untuk dikunjungi.

Kawasan wisata yang terletak di tepi hutan suaka margasatwa Sermo dan berada di perbukitan ini memiliki keindahan yang terlihat begitu sejuk dan asri. Keberadaan hutan kecil akan menyambut Anda begitu Anda memasuki area waduk. Karena keindahannya, hutan ini sering dijadikan sebagai spot foto prewedding.

Waduk ini juga menjadi jalur bagi para pendaki yang ingin merasakan petualangan ke Gunung Gajah dan Puncak Dipowono, Kalibiru. Jadi bagi anda yang berencana untuk berlibur di waduk ini, anda juga memiliki pilihan untuk bisa singgah di Gunung Gajah dan Puncak Dipowono.

Objek Wisata Waduk Sermo

Objek Wisata Waduk SermoKredit gambar: Instagram a_riyan21

1. Keindahan alam yang mempesona

Waduk Sermo menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona. Memiliki danau yang jernih dengan warna kehijauan hingga rerumputan hijau yang menjadi hamparan permukaan tanah membuat kawasan wisata ini asri dan sejuk.

Saat cuaca cerah, Anda juga bisa menikmati awan di langit biru di kawasan ini yang juga sangat indah. Air di danau juga bisa memantulkan bayangan indah dari awan dan pepohonan di sekitarnya. Hal ini tentu saja bisa membuat area tangki menjadi lebih sejuk dan indah meski matahari sedang terik.

2. Pulau Terapung

Saat mengunjungi waduk ini, pengunjung tidak hanya akan merasakan keindahan alam sekitar, tetapi juga bangunan-bangunan yang dibangun oleh warga sekitar berupa pulau-pulau terapung. Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menaiki perahu manual yang ditarik dengan tali.

Pulau yang dibuat oleh penduduk lokal dari sudut, styrofoam dan bambu, mengambang di tengah laut akan memberi Anda pengalaman unik. Namun perlu memperhatikan peraturan yang berlaku yaitu maksimal 8 orang yang diizinkan naik di pulau ini dalam waktu yang bersamaan. Ini demi keselamatan setiap pengunjung.

3. Bukit Pethu

Objek wisata Waduk Sermo Kulon Progo juga menyediakan pos pengamatan atau lebih dikenal dengan Bukit Pethu. Di area vantage point ini, Anda akan mendapatkan pengalaman unik yang jarang ditemukan di tempat lain. Anda juga bisa melihat keindahan pemandangan alam di bawah ini.

Dilihat dari atas, pemandangan yang disuguhkan begitu jernih dan indah. Begitu sampai di area ini, jangan lupa untuk berfoto-foto kenang-kenangan. Untuk bisa mendaki ke puncak bukit ini disediakan tali sebagai pengaman bagi pengunjung.

Dengan menawarkan panorama alam yang benar-benar menakjubkan, dijamin ketika Anda naik dan berada di bukit Pethu, Anda akan merasa puas dan tidak pernah ingin meninggalkan bukit tersebut.

4. Gumuk Sri Tinon

Objek Wisata Waduk SermoKredit Gambar: Instagram Heydar Farras

Daya tarik Waduk Sermo selanjutnya adalah Gumuk Sri Tinon yang juga merupakan pos pengamatan. Di kawasan ini, Anda akan ditemani oleh keindahan pepohonan dan rerumputan hijau yang terlihat begitu segar. Selain itu, ada juga jembatan bambu yang eksotis disertai dengan camping ground, gubuk dan aula.

5. Taman Musim Semi Kuning

Bagi anda yang menyukai dunia fotografi, ketika datang ke kawasan wisata Waduk Sermo, belum lengkap rasanya jika belum berfoto di area taman Pring Kuning.

Taman Pring Kuning menawarkan beberapa spot foto yang sangat menarik dan instagramable.

Dari cinta lokal, tapir hingga rumah bambu tersedia di kawasan ini. Namun bagi Anda yang ingin memasuki kawasan ini akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rs 5.000. Harga ini masih cukup masuk akal dibandingkan dengan berbagai spot yang telah disediakan di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Khotbah.  Alamat tangkiKredit Gambar: Aplikasi Instagram ID Kemping Indonesia

Objek wisata yang memiliki pemandangan alam yang begitu indah ini terletak di kecamatan Kokap yang merupakan salah satu kecamatan yang termasuk dalam Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Untuk bisa mencapai tempat wisata ini, anda tidak akan kesulitan, karena hanya ada satu cara untuk menuju tempat wisata ini. Akses jalan juga cukup mudah, dengan jalan beraspal dan cukup lebar.

Untuk rute perjalanan menuju tempat wisata ini dapat dilalui dari Jalan Wates. Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta kemudian menuju ke Jalan Wates. Setelah berada di jalur ini, Anda hanya perlu mengikuti jalur tersebut hingga menemukan patung kuda. Dari patung tersebut, Anda bisa mengambil arah kanan menuju lokasi Waduk Sermo.

Jarak yang akan Anda tempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju lokasi objek wisata waduk ini kurang lebih 35 kilometer. Atau dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam tergantung kecepatan kendaraan yang Anda gunakan. Anda juga tidak akan bosan selama perjalanan, karena ada pemandangan persawahan yang indah di kiri dan kanan jalan.

Harga tiket masuk wisata waduk

Harga Tiket Waduk Sermo Kulon ProgoKredit Gambar: Instagram Wisata Jogja

Objek wisata yang terkenal dengan keindahan yang ditawarkan ini memiliki harga tiket masuk yang terjangkau. Kawasan wisata Waduk Sermo ini sangat cocok bagi Anda yang suka berwisata dengan budget minim.

Anda hanya membayar biaya masuk sebesar 2.000 rupee per orang. Harga ini tergolong harga yang sangat murah untuk bisa masuk ke suatu kawasan wisata. Hanya dengan biaya 2.000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar dan berfoto di tempat-tempat menarik.

Biaya lain yang dikenakan di kawasan wisata waduk ini adalah biaya parkir kendaraan. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda empat. Tempat wisata waduk yang satu ini memang bisa menjadi destinasi wisata budget bagi anda yang berkunjung ke sini.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Sermo.

Kegiatan di Sermo.Kredit gambar: Instagram Ahzan Mustofa

1. Mengendarai perahu motor

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Waduk Sermo adalah mengendarai perahu motor. Anda bisa berkeliling area detensi menggunakan perahu motor yang disediakan oleh pengelola area detensi ini. Hal ini tentunya bisa menjadi pengalaman yang menarik bagi Anda.

Dengan hanya duduk, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar waduk yang menawarkan keindahan luar biasa. Untuk mengoperasikan perahu motor ini, setiap pengunjung akan dikenakan biaya khusus, namun tidak perlu khawatir, karena biayanya masih cukup masuk akal.

2. Berkemah di sekitar waduk

Anda juga bisa berkemah di tempat wisata waduk ini. Sudah ada area khusus yang bisa digunakan pengunjung untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini. Suasana malam yang menenangkan bisa Anda rasakan saat bermalam di area sekitar waduk ini.

Selain itu, pada sore hari, Anda dapat melihat pemandangan matahari sore yang indah. Warna jingga akan memantul dari permukaan air di waduk, yang bisa membuat suasana semakin romantis dan eksotis.

3. Cari spot foto yang menarik

Keindahan kawasan Waduk Sermo bisa Anda manfaatkan untuk berfoto dengan berbagai spot menarik. Tak jarang objek wisata waduk ini dijadikan tempat pemotretan pre-wedding bagi calon pengantin.

Beberapa spot foto menarik yang disediakan pengelola tempat wisata waduk ini antara lain Bukit Pethu, Taman Air Bambu, Taman Munggur, Pulau Terapung, Bukit Jangka, Gumuk Sri Tinon dan masih banyak lagi spot foto lainnya yang bisa anda kunjungi di tangki ini. daerah wisata. .

4. Naik perahu Getek

Kegiatan menarik di Sermo.Kredit gambar: Instagram Ahzan Mustofa

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata Waduk Sermo adalah menaiki perahu gethek atau perahu bambu tradisional. Anda bisa mengelilingi atau melingkari area tangki menggunakan perahu ini.

Namun berbeda dengan perahu motor, perahu gethek harus digerakkan secara manual dengan mengayuhnya, karena perahu ini tidak memiliki motor seperti perahu motor. Anda bisa merasakan tantangan saat menaiki perahu gethek tradisional ini.

5. Bersantai di gazebo

Di kawasan wisata waduk ini juga terdapat gazebo atau gubuk yang bisa anda gunakan untuk duduk bersantai ditemani pemandangan indah kawasan waduk. Anda bisa sejenak menghilangkan penat dari masalah yang Anda rasakan setiap hari, baik di tempat kerja maupun di sekolah.

Sambil duduk bersantai sambil menikmati pemandangan, Anda juga bisa membawa bekal makanan ringan untuk melengkapi waktu relaksasi Anda. Tempat ini juga cocok sebagai tempat melihat matahari sore yang terlihat begitu indah memberikan suasana yang lebih romantis dan tenang.

Fasilitas yang tersedia di area waduk

Fasilitas tangki sermo.Kredit Gambar: Waduk Sermo Google Maps

Bisa dikatakan fasilitas kawasan wisata Waduk Sermo cukup lengkap dan memadai untuk pengunjung. Pengunjung bisa merasa nyaman dengan berbagai fasilitas yang ada di kawasan wisata waduk ini. Salah satu fasilitas tempat ini adalah area parkir khusus untuk kendaraan milik pengunjung yang datang ke sini.

Selain itu, beberapa warung makan tersedia di tempat wisata yang megah ini. Anda tidak akan kelaparan dengan stand makanan ini. Keberadaan warung makan ini dikelola langsung oleh masyarakat sekitar yang memanfaatkan tempat wisata ini untuk berjualan. Beberapa menu lokal yang ditawarkan di sini rasanya enak dan bisa menggugah selera Anda.

Fasilitas penunjang lainnya di kawasan ini antara lain tempat duduk bambu yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan pengunjung setelah lelah berjalan-jalan. Selain itu, fasilitas lain juga tersedia, mulai dari toilet umum yang sangat rapi, tempat sampah di berbagai tempat, hingga bumi perkemahan yang luas di kawasan wisata waduk ini.

Demikian beberapa informasi terkait Waduk Sermo di Kulon Progo. Destinasi wisata waduk ini tentunya bisa menambah daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi selama berada di Yogyakarta. Tempat wisata ini juga cocok sebagai tempat wisata keluarga yang menawarkan keindahan alam yang menawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button