The Hill of Smiles, menikmati pemandangan alam yang eksotis dari ketinggian di Bandung - WisataHits
wisatahits

The Hill of Smiles, menikmati pemandangan alam yang eksotis dari ketinggian di Bandung

The Hill of Smiles, menikmati pemandangan alam yang eksotis dari ketinggian di Bandung
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kampung Pasir Manggu, Cipada, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Apa yang tidak ada di Bandung dari segi pariwisata? Cukup sulit untuk menemukan kelemahan kabupaten terkenal ini karena banyaknya destinasi wisata, terutama wisata alam. Contohnya adalah Bukit Senyum di Bandung Barat yang begitu mempesona. Bagi Anda yang sudah memasuki masa liburan namun belum memiliki destinasi tertentu, silahkan kunjungi lokasinya.

Destinasi wisata ini masih bisa disebut baru karena baru diresmikan pada tahun 2017 lalu. Namun, bukan berarti pengunjung yang datang ke lokasi semakin sedikit. Bukit yang dulunya merupakan perkebunan kopi ini menawarkan banyak sekali keindahan yang akan memukau siapapun saat berkunjung. Salah satu alasan ini membawa banyak wisatawan ke tempat itu.

Salah satu keuntungan mengunjungi objek wisata berupa bukit adalah menyaksikan panorama alam yang indah. Berbeda dengan mengunjungi pegunungan yang membutuhkan usaha ekstra untuk mencapai puncaknya. Namun bukan berarti tidak ada kesulitan jika datang ke bukit ini, letaknya yang tersembunyi membuat perjalanan menjadi sedikit sulit.

Daya tarik yang dimiliki Smile Hill

Atraksi Bukit SenyumFoto Bona Sipahutar di Google Maps

Ada beberapa hal yang perlu dibahas terkait daya tarik. Setiap destinasi wisata pasti ada ini, begitu juga dengan Bukit Senyum Bandung. Semakin menarik suatu objek wisata, maka semakin banyak orang yang akan mengunjunginya. Apa saja daya tarik bukit di Desa Cipada ini? Ini lebih banyak!

✦ Keindahan panorama alam Bukit Senyum

Bukit ini sangat indah, bahkan mungkin berbeda dengan bukit pada umumnya. Beberapa turis menyebutnya hutan karena terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi. Pohonnya juga memiliki kerapatan yang lebih dibandingkan dengan hutan pinus lainnya. Tanah tersebut memberikan kesan tersendiri sehingga banyak wisatawan yang mengabadikan momen tersebut sebagai kenang-kenangan.

Meski tempatnya tersembunyi dan tidak mudah untuk mencapai puncaknya, namun tidak menyurutkan jiwa petualang untuk menaklukannya. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang, khususnya pecinta alam. Panorama yang indah di sepanjang jalan membuat perjalanan tidak terlalu melelahkan.

Rasa lelah akan terbayar ketika sudah sampai di puncak. Bagaimana tidak, pegunungan indah terlihat jelas dengan bentuknya yang gagah dan khas. Apalagi Anda bisa menyaksikan keindahan Waduk Saguling dengan kejernihan airnya bak cermin dengan pantulan langit biru cerah.

✦ Tempat yang bagus dengan udara segar

Smile Hill yang berada di lereng Gunung Burangrang dikelilingi oleh pohon pinus dan semak belukar yang lebat. Kondisi ini membuat suasana semakin asri dan udaranya segar. Apalagi jika ketinggiannya sekitar 1.300 mdpl, hampir semua pemandangan di bawahnya indah, termasuk sebagian besar wilayah Bandung.

Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan kesejukan alam, tetapi juga relaksasi dari aktivitas sehari-hari. Penat dan penat karena pekerjaan akan hilang begitu sampai di puncak bukit. Selain itu, udara dengan oksigen murni karena jauh dari perkotaan membuat paru-paru lebih sehat, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

✦ Pesona Kabut Pagi

Berbeda dengan hutan pinus atau perbukitan lainnya yang kabut hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu saja. Di Smile Hill, Anda bisa melihat panorama alam ini hampir setiap hari. Bahkan di malam hari, Anda bisa menyaksikan keindahan kabut tipis yang menghiasi tempat itu seolah menyelimuti semua jejeran pohon pinus.

Saat itu dipastikan suhu di tempat tersebut semakin dingin. Bagi yang sudah terbiasa hal ini mungkin tidak menjadi masalah, namun bagi yang baru pertama kali merasakan dinginnya perbukitan, alangkah baiknya jika mengenakan pakaian yang berat disertai dengan jaket. Hal ini dilakukan agar momen indah menikmati panorama kabut tidak terganggu oleh hawa dingin.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit SenyumGambar Bangsur Surya di Google Maps

Sangat penting untuk mengetahui alamat lengkap ketika ingin pergi ke suatu tempat tujuan wisata. Alasannya agar Anda tidak tersesat karena tidak mengerti jalan mana yang harus ditempuh. Smiling Hill sendiri terletak di Desa Cipada, Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 40 kilometer dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 1,5 jam.

Dari pusat kota Bandung, arahkan kendaraan ke kecamatan Cimahi. Setelah sampai disana, ambil tujuan yang mengarah ke Jalan Kolonel Masturi. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Tugu hingga tiba di Pasir Langu. Setelah itu Anda bisa menemukan dan melewati Jalan Sukaraja, silahkan belok kanan yang mengarah ke Jalan Lapang. Sekitar 2 kilometer jauhnya Anda akan menemukan tempat wisata yang direncanakan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Hampir semua tujuan wisata harus membayar biaya sebelum masuk. Untuk wisata alam kebanyakan sangat murah, begitu juga dengan Bukit Senyum Bandung. Tidak ada perbedaan antara akhir pekan dan hari kerja, semua biaya masuk sama, yaitu 10.000 rupee.

Selain biaya tersebut, masih ada hal lain yang harus Anda bayar jika ingin memanfaatkan beberapa fasilitas yang disediakan. Diantaranya adalah tempat tidur gantung dan persewaan tenda camping. Untuk tarif wajib lainnya yaitu parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Untuk jam bukanya, objek wisata cantik ini buka setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Bukit SenyumFoto oleh Youshe Project di Google Maps

Belum lengkap rasanya jika belum membahas aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Bukit Senyum. Aktivitas merupakan salah satu hal penting dalam berlibur, baik berupa wisata alam maupun tamasya lainnya. Di bukit ini, kamu bisa melakukan semua aktivitas yang kamu inginkan, biasanya sebagai berikut!

1. Menikmati keindahan Bukit Senyum

Pada bagian atraksi sudah disebutkan keindahan dan pesona bukit ini. deretan pohon pinus yang tertata rapi dan Waduk Saguling hanyalah sebagian saja. Di tempat ini Anda bisa menikmati keindahan kabut yang terkadang tipis dan tebal. Faktor yang mempengaruhi adalah kelembaban di tempat ini.

Di pagi hari, kabut semakin cantik dengan matahari yang terbit perlahan. Cahaya yang menembus kabut seakan menjadi pemandangan indah yang tak akan terlupakan. Suasana yang tadinya dingin tiba-tiba menghangat dengan munculnya cahaya-cahaya ciptaan Tuhan.

Ditambah lagi, pemandangannya semakin indah saat melihat ke bawah. Hamparan luas kebun teh milik warga tentu menyejukkan mata dengan warna hijaunya yang khas. Tak jauh dari kebun, kita bisa melihat perkebunan kopi yang bijinya terlihat seperti bintik-bintik berwarna.

2. Cari spot foto yang bagus

Bagi siapa saja yang berkunjung tentunya tidak akan melewatkan aktivitas yang berhubungan dengan kamera, baik berupa video maupun foto. Apalagi jika Bukit Senyum memiliki beberapa spot foto menarik yang kebanyakan adalah gardu pandang. Meski bangunannya sederhana, pemilihan lokasi dinilai tepat karena langsung menampilkan pemandangan alam yang indah.

Selain itu, terdapat spot-spot yang tak kalah menarik. Tempat ini dikenal dengan nama Jembatan Bambu Buntu. Di titik ini, Anda mendapatkan latar belakang perbukitan dan hamparan kebun teh milik warga. Waduk Saguling juga terlihat jelas saat berada di dek.

3. Bersantai di tempat tidur gantung

Bukan aktivitas yang berat, bukan pula aktivitas yang menyenangkan. Relaksasi lebih tepat dianggap sebagai aktivitas relaksasi yang baik. Kali ini bukan sekedar bersantai, tapi bersantai di hammock. Dibutuhkan dua pin untuk membuat tempat tidur gantung. Untungnya, pinus Bukit Senyum sangat dekat.

Dengan memasangkan hammock pada kedua batang pohon tersebut, Anda bisa bersantai sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan. Jika Anda lupa atau tidak memiliki tempat tidur gantung, harap menyewanya di tempat yang disediakan untuk keperluan ini. Beberapa hammock juga telah dipasang dan Anda bisa langsung memilih salah satunya.

4. Berkemah Mengenal alam

Bagi sebagian orang, camping bisa dijadikan sebagai terapi untuk meningkatkan kualitas tidur. Yang lain melakukannya untuk menjaga pikiran agar tidak mudah stres. Apapun tujuannya, berkemah di Smile Hill cukup menarik untuk dilakukan. Apalagi jika ada bumi perkemahan dengan luas yang cukup luas, Anda bisa memilih tempat yang paling cocok dengan rombongan Anda.

Malam Anda akan diiringi oleh suara binatang, terutama serangga. Dari waktu ke waktu, suara kepakan sayap burung juga terdengar dan menjadi nyanyian alam. Dalam hal ini, cobalah untuk membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Selain itu, pastikan Anda sudah memberi tahu manajemen bahwa Anda akan bermalam dengan mendirikan tenda.

5. Manfaatkan wisata kuliner

Tak ada salahnya memburu kuliner yang ditawarkan beberapa warung di sekitar lokasi wisata. Beragam makanan tersedia, mulai dari makanan ringan hingga makanan yang cocok sebagai perangsang lambung. Selain itu, ada juga minuman hangat seperti kopi dan teh.

Kedua minuman ini bisa dibilang yang utama karena memang menjadi ikon dari bukit cantik ini. Jangan pernah takut dengan harga karena tetap menjadi norma di tempat wisata lainnya. Menikmati makanan atau minuman di luar ruangan tentu lebih nikmat dibandingkan di luar ruangan. Bukan hanya karena rasa makanannya, tapi juga kondisi sekitarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit SenyumFoto oleh Fauziah Hanum di Google Maps

Bukit Senyum dikelola dengan baik oleh pemerintah dibantu warga sekitar dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Dengan demikian, fasilitas yang ada di tempat wisata tersebut tentunya sudah memadai. Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, toilet selalu bersih.

Ada juga mushola yang selalu terbuka dan siap pakai, dengan tempat wudhu. Ukurannya tidak terlalu besar, namun bisa dikatakan cukup untuk jemaah. Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat parkir dengan area yang luas. Fasilitas tersebut termasuk fasilitas berbayar, dengan syarat-syarat tersebut di atas.

Selain itu, ada juga gazebo yang cukup luas dan bisa menampung minimal 10 orang. Fasilitas tersebut tersebar di beberapa titik dalam jumlah yang banyak, sehingga tidak perlu takut kehabisan tempat untuk bersantai dan beristirahat. Warung makanan dan minuman melengkapi fasilitas wajib yang harus ada di semua tempat wisata.

Dari penjelasan Bukit Senyum Bandung di atas, tidak ada alasan untuk tidak mengunjunginya. Apalagi jika Anda tinggal di Bandung Barat atau berada di daerah tersebut, Anda pasti akan rugi jika tidak singgah di lokasi tersebut. Apalagi objek wisata ini harus dikembangkan dengan menambah berbagai spot foto dan wahana yang mendebarkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button