Waduk Malahayu, suasana baru yang biru - WisataHits
Jawa Tengah

Waduk Malahayu, suasana baru yang biru

Waduk Malahayu merupakan tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, tempat yang luas dan pemandangan yang mempesona menjadi daya tarik utamanya.

Letaknya yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat membuat Waduk Malahayu tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi pasca revitalisasi, suasana baru dengan dominasi warna biru dan kuning sangat memikat.

lanskap sekitarlanskap sekitar. Peta Google. Sumber: Afrisal Ardiyansyah

lihat juga: gibug-pasir

Untuk menjadikan Waduk Malahayu sebagai destinasi wisata baru yang paling banyak diminati wisatawan, wisata alam saat ini banyak diminati. Berikut deskripsi Waduk Malahayu Banjarharjo sebagai referensi wisata di Brebes.

Lokasi Waduk Malahayu

Lokasi Waduk Malahayu berada di alamat Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Rute menuju waduk Malahayu jika ditempuh dari pusat kota Brebes menuju ke Jl. Singosari Panotoyudo lalu belok kiri ke Jl. Selamat. Jalan terus sampai akhirnya tiba di Jl. Kerajaan Pantura.

Lanjutkan perjalanan Anda hingga tiba di Jl. Merdeka, lalu belok kiri di perempatan hingga sampai di Jl. Cikoneng Malahayu. Di perempatan sebelah kanan anda akan melihat gapura bertuliskan Waduk Malahayu, masuki jalan ini.

Selain berkendara dari Brebes, Anda juga bisa berkendara ke Waduk Malahayu dari Kuningan, Jawa Barat. Memang lokasi waduk yang satu ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

suatu keharusan untuk fotografisuatu keharusan untuk fotografi. Peta Google. Sumber: Fitry cell

lihat juga: reservoir kepang

Jam buka Waduk Malahayu

Waduk Malahayu Banjarharjo buka 24 jam non stop Senin hingga Minggu.

Biaya masuk Waduk Malahayu

  • Tiket masuk Waduk Malahayu seharga Rp 7.000 per orang
  • Parkir motor Rp.3.000,-

Fasilitas Waduk Malahayu

Fasilitas yang berada di dekat kawasan Waduk Malahayu antara lain:

  • parkir kendaraan,
  • tempat foto,
  • stand makanan dan minuman,
  • Paviliun,
  • Kursi,
  • ruang sholat
  • food court,
  • Kebun hijau,
  • lihat pos,
  • Dermaga,

suasana birusuasana biru. Peta Google. Sumber: Jamhuri Rasidi

Lihat juga: Pantai Randusanga

Daya tarik Waduk Malahayu

1. Misteri Waduk Malahayu

Tak bisa dipungkiri, misteri dan mitos yang terkait dengan Waduk Malahayu akhirnya menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang memiliki jiwa penasaran.

Konon Waduk Malahayu merupakan tempat di mana hubungan perkawinan dapat dipertahankan. Sehingga banyak pengantin baru yang datang ke Waduk Malahayu dengan maksud agar pernikahan mereka langgeng hingga maut memisahkan.

Tak hanya itu, Waduk Malahayu juga menyimpan rahasia keberadaan ular tumpul yang dipercaya sebagai penjaga waduk di Brebes yang satu ini.

Setiap misteri dan mitos yang terkait dengan Waduk Malahayu dirunut kembali pada kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Meski tidak bisa dibuktikan dalam kehidupan nyata, tak sedikit pengunjung yang mempercayainya.

2. Sejarah Waduk Malahayu

Sejarah Waduk Malahayu dimulai sekitar tahun 1938 saat waduk ini diresmikan oleh pemerintah kolonial Belanda. Fungsi utamanya adalah sebagai saluran irigasi untuk beberapa area pertanian di daerah tersebut.

Bangunan bersejarah Belanda terkenal kokoh dan tak lekang oleh waktu, begitu pula waduk Malahayu Banjarharjo yang satu ini. Meski direvitalisasi, namun tetap mempertahankan bangunan utama yang terletak di tengah danau.

Waduk MalayayuWaduk Malayayu. Peta Google. Sumber: Juna Yz

baca juga: sambal pedas

3. Tempat yang luas

Luas Waduk Malahayu sangat luas sehingga terletak di tiga desa yaitu Desa Malahayu, Desa Cipajang dan Desa Penanggepan, Banjarharjo.

Penataan kali ini sangat menarik, pengelola membuatkan kami jalan-jalan yang nyaman. Sehingga setiap sisi Waduk Malahayu bisa kita jelajahi tanpa ada yang terlewatkan.

Beberapa area tempat duduk dan pendopo juga telah disediakan, banyak pengunjung yang bersantai dan beristirahat sejenak sebelum menjelajahi Waduk Malahayu lebih jauh.

4. Waduk yang indah

Waduk Malahayu sangat luas, beberapa bukit pun turut menghiasi keindahan yang tersaji. Asyik banget dilihat, apalagi kalau kamu datang di sore hari. Dimana warna langit yang mulai berubah menambah eksotisme alam.

Jangan lupa untuk hunting foto, ada banyak spot foto keren yang tidak boleh kamu lewatkan. Tentu saja pemandangan dari Waduk Malahayu menjadi spot yang sayang untuk dilewatkan.

5. Taman bermain air

Ada cara lain untuk menikmati keindahan Waduk Malahayu, yaitu dengan mengelilingi danau buatan dengan perahu bermotor yang menyusuri tepian danau.

Selain itu, Anda juga bisa bermain di area lain di dalam air. Dimana didekatnya terdapat beberapa paviliun dan warung makan serta minuman. Ada juga persewaan ban agar Anda tetap aman saat bermain di air.

Jenis wisata lain yang tak boleh dilewatkan antara lain mengunjungi Dermaga Malahayu dan duduk santai menikmati keagungan Bendungan Malahayu.

Selanjutnya coba ke Menara Pengamatan Malahayu yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Lokasi Benteng DinamitLokasi Benteng Dinamit. Peta Google. Sumber: Kang Jarot

Lihat juga: Waterboom Ciblon

6. Lokasi Benteng Dinamit

Di bagian atas kawasan Waduk Malahayu terdapat situs Kolonial Belanda yang disebut Situs Benteng Dinamit.

Keberadaan Situs Benteng Dinamit tidak lepas dari proses pembangunan Waduk Malahayu, dimana situs ini digunakan untuk menyimpan bahan peledak atau dinamit yang digunakan untuk meledakkan atau menghancurkan batuan dalam pembangunan waduk.

Kondisi benteng saat ini sudah tidak sama lagi, bahkan ada benteng yang bentuknya sudah tidak utuh lagi. Bangunan benteng ini terbuat dari batu alam, dengan luas yang tidak banyak.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button