Mobil tidak mau naik, apa yang harus dilakukan? - WisataHits
Jawa Tengah

Mobil tidak mau naik, apa yang harus dilakukan?

SEMARANG, KOMPAS.com – Liburan akhir tahun sangat menyenangkan untuk berlibur ke tempat wisata di dataran tinggi.

Tak heran, banyak wisatawan luar kota yang rela menempuh perjalanan jauh, meski kondisi jalan yang mereka lalui cukup ekstrim. Hal ini juga menimbulkan keresahan jika mobil yang digunakan tidak menanjak.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan kunci aman mendaki tanjakan curam adalah ketenangan dan konsentrasi pengemudi.

“Panik adalah masalah baru, Anda harus menarik rem tangan bukannya diam. Mental kuat, pikiran positif dan keyakinan bahwa tenaga mobil mampu menanjak. Itu perlu dianimasikan,” kata Sony Kompas.comSabtu (24/12/2022).

Baca Juga : Tips Lompat Kapal Ram Jika berencana naik kapal ferry, pastikan area depannya aman

Mobil bertransmisi manual atau otomatis sama saja, masalah tidak naik umumnya karena kesalahan posisi gigi, akibatnya mesin kehabisan udara.

Kendaraan wisata ambruk di tanjakan jalan alternatif Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (4/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Kendaraan wisata ambruk di tanjakan jalan alternatif Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (4/5/2022).

“Jika Anda gagal, Anda tetap memegang kendali. Tenang dan kendalikan kendaraan. Kalau penumpang sudah penuh, mungkin diminta keluar untuk meringankan mobil,” lanjutnya.

Tidak boleh ada kekurangan momentum untuk memulai pendakian. Oleh karena itu, lebih baik jaga jarak aman antar kendaraan saat macet.

Sementara itu, Manajer Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, persiapan melewati jalur ekstrim bisa dilakukan sebelum pendakian.

Toyota Avanza VelozDermaga. Gaya berkendara Toyota Avanza Veloz

“Puluhan yard sebelum Anda mendekati jalan terluar, Anda bisa pindah ke gigi rendah. Gunakan 1 untuk manual atau L untuk mobil matic. Biarkan mobil melaju sendiri dengan bantuan torsi yang cukup,” ujar Bambang.

Yang terpenting kondisi mobil benar-benar sehat, terutama mesin, girboks, dan rem.

Baca Juga : Tips Lompat Kapal Ram Jika berencana naik kapal ferry, pastikan area depannya aman

“Perhitungannya dilakukan sebelum mereka siap berangkat. Kondisi lintasan serta pengemudi dan kendaraan harus fit.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button