Kematian akibat kanker payudara mencapai 22.000 jiwa - WisataHits
Jawa Tengah

Kematian akibat kanker payudara mencapai 22.000 jiwa

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM – Data Globocan pada tahun 2020 menunjukkan jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858. Jumlah ini cukup tinggi karena menyumbang 15,6% dari total 396.914 kasus kanker baru di Indonesia. Angka kematian akibat kanker payudara mencapai lebih dari 22.000 orang.

Hal itu dikatakan Direktur Rumah Sakit Bedah Khusus Columbia Asia (RSCA) Semarang, dokter Siska Sindhuatmadja.
Sejalan dengan tingginya kasus kanker payudara di Indonesia, Mal Ciputra Semarang menggelar kegiatan Peduli Kanker Payudara bekerjasama dengan RSCA pada Selasa, 1 November 2022.

Kegiatan berupa pemeriksaan kesehatan oleh USG Mammae di lantai dasar mall sayap timur dan diikuti oleh 50 peserta yang semuanya adalah perempuan.

Baca juga: Gerhana Bulan Total 8 November 2022 di Indonesia, Sejak Kapan? Bisakah Anda melihatnya di mana-mana?

“Kegiatan terkait kanker payudara ini rutin diadakan menjelang peringatan Hari Kanker Payudara Internasional setiap tahun sejak tahun 2019. Karena belum bisa bertemu langsung di awal pandemi, kami melakukan kegiatan virtual berupa health talk,” jelas Mall Manager Ciputra Semarang, Ani Suyatni, saat meninjau pelaksanaan kegiatan RSCA.

Pemeriksaan USG dilakukan oleh dokter spesialis radiologi Siska Liana mulai pukul 10.00 WIB. Hampir semua investigasi menunjukkan hasil yang baik. “Deteksi diri paling awal dimulai dengan “Sadar”, Periksa Payudara dengan juga meraba area ketiak. Jika ada benjolan yang dianggap benjolan, segera lakukan pemeriksaan payudara klinis “sadanistik”, misalnya dengan USG seperti ini,” jelas dokter Siska.

Baca Juga: 3 Wisata Arum Rafting di Semarang dan Sekitarnya yang Cocok untuk Menaikan Adrenalin!

Tahun depan, Mal Ciputra merencanakan kegiatan serupa yang akan berlangsung lebih dari satu hari. “Kegiatan seperti ini gratis bagi pengunjung sebagai bentuk CSR kami,” kata Ani yang diamini Direktur RSCA.

Selain pengunjung, Mal Ciputra kali ini juga mengundang komunitas Semarang CISC (Cancer Information Support Center) sebagai peserta ujian.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button