5 Pantai Dumai Terbaik yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

5 Pantai Dumai Terbaik yang Wajib Dikunjungi

5 Pantai Dumai Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Temukan berbagai pilihan wisata pantai terbaik di Dumai, Provinsi Riau. Obyek wisata bahari yang eksotik, populer dan Terhits memiliki pesona pemandangan yang sangat indah Cocok untuk liburan.

Saat berkunjung ke darah provinsi Riau, sempatkan untuk mampir ke kota Dumai. Kota minyak ini juga memiliki potensi pesona alam yang tak kalah mencengangkan dari Riau lainnya. Destinasi wisata di Dumai mayoritas didominasi oleh destinasi wisata alam khususnya pantai.

Tak diragukan lagi, tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati liburan pantai dengan suasana dan pesona yang masih sangat alami. Berikut rekomendasi wisata pantai populer di kota Dumai yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Koneng

Pantai KonengKredit gambar: Google Maps Yulia Agnis

Menikmati pemandangan di kawasan Pantai Koneng pasti bisa membuat Anda merasa damai. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki hamparan pasir putih kekuningan yang sangat luas. Posisi pantai ini sebenarnya berada di daratan yang menjorok ke laut atau disebut juga tanjung. Hal ini membuat bentuk Pantai Koneng semakin unik. Plus, pemandangannya benar-benar menenangkan hati dan pikiran Anda.

Pasirnya terlihat putih dan bersih, dan di antara mereka ada banyak kerang yang indah. Di pantai juga banyak terdapat bebatuan karang yang besar dan menambah eksotisme pemandangan Pantai Koneng. Di sekitar pantai, terdapat ribuan pohon kelapa yang berjejer rapi membentuk pagar alami. Keberadaan pohon kelapa ini menambah kesan teduh suasana di sekitar pantai. Itu menjadi lebih tenang, ditambah dengan angin sepoi-sepoi.

Keindahan alam Pantai Koneng membuat pantai ini sering dijadikan spot selfie oleh banyak orang. Bahkan, jika Anda sesekali mengunjungi tempat ini, Anda akan menjumpai pasangan yang sedang melakukan pemotretan prewedding. Tempat ini memang cocok dijadikan latar foto prewedding. Ombaknya yang cukup bagus, ditambah dengan pemandangan indah di sekitar pantai akan memperindah foto Anda.

Kawasan wisata Pantai Koneng memang cukup populer di Dumai, sehingga fasilitas yang ditawarkan juga cukup memadai. Di pantai ini sudah dibangun surau, untuk wisatawan yang ingin berdoa. Disediakan pula toilet, serta rest area yang bisa digunakan untuk bersantai di pantai. Biasanya wisatawan bersantai di sana hingga sore hari agar bisa menikmati sunset dari pantai ini.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

2. Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk SejahteraKredit gambar: Google Maps Ariiq Daffa

Mengunjungi pantai ini, sejauh mata memandang, Anda hanya akan menemukan lukisan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Jejeran pantai ini sebagian besar dipenuhi bebatuan besar di sisi-sisinya yang kerap diterjang ombak. Bebatuan ini sengaja diletakkan di kawasan pantai, sebagai pagar pantai dan untuk memecah ombak agar tidak terlalu tinggi mencapai daratan. Namun, bebatuan ini juga menambah pesona tersendiri di sini.

Pantai Teluk Makmur merupakan salah satu pantai ramah anak. Kedalaman air tidak melebihi pergelangan kaki orang dewasa. Dengan demikian, anak-anak bisa mandi di pantai ini dengan tenang dan aman. Hanya saja saat air laut menjadi pasang, ombaknya naik sehingga terkadang bisa mengikis daratan. Karena itu, batu-batu besar di sekitar tepi pantai berfungsi. Selebihnya, si kecil akan merasa sangat aman untuk berenang atau bermain di pantai ini.

Suasana di sekitar pantai sangat asri dan selalu damai. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sekitar pantai yang memiliki hamparan pasir luas dan penuh bebatuan eksotis. Di sekitar pantai juga banyak terdapat tumbuhan dan pepohonan hijau yang membuat pantai menjadi rindang. Biasanya pada sore hari Anda akan menemukan banyak anak kecil di pantai bermain sepak bola.

Yang menarik, di sekitar pantai ini terdapat perkampungan Melayu yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka, serta Pulau Rupat. Sehingga pemandangan kawasan wisata ini terlihat sangat eksotis karena memiliki perpaduan nilai budaya yang masih kental ditambah dengan pemandangan alam yang memukau. Anda akan betah bermain air di pantai Teluk Makmur sambil menikmati pemandangan sekitar.

Pantai Teluk Makmur juga ramai dikunjungi wisatawan pada sore hari. Wisatawan akan mulai mengunjungi pantai dari jam 4 sore hingga senja untuk mengejar matahari terbenam yang eksotis dari pantai ini. Saat malam tiba, Anda bisa melihat langit dengan rona jingga dengan latar belakang pantai yang indah, serta perkampungan Melayu yang tak kalah indahnya, membuat pemandangan tak terlupakan.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Masjid Teluk Makmur, Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

3. Pantai Bulan Purnama

Pantai Bulan PurnamaKredit gambar: Google Maps Iwan Ridwan

Sementara pantai umumnya identik dengan hamparan pasir putih yang luas, berbeda dengan kawasan Pantai Purnama. Awalnya, pantai ini merupakan kawasan perkebunan kelapa milik warga setempat. Selain hanya digunakan sebagai areal perkebunan kelapa sawit, tempat ini sebelumnya hanya digunakan sebagai dermaga untuk sandar kapal nelayan. Namun akhir-akhir ini tempat ini banyak diminati wisatawan, sehingga berhasil menjadi objek wisata.

Pantai ini merupakan jenis pantai berlumpur yang ditata dan dirapikan sedemikian rupa oleh pengelola pantai setempat. Masyarakat sekitar berbondong-bondong untuk memperbaiki dan mengelola pantai ini. Tak hanya rapi, mereka juga membuat pondok-pondok yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat. Terkadang saung juga berfungsi sebagai panggung bagi anak-anak muda di sekitar pantai yang ingin memamerkan aksi dan atraksinya.

Tempat ini menjadi pilihan warga setempat untuk menghabiskan waktu liburannya. Setiap kali Anda berkunjung ke sini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan yang menawan. Pemandangan laut lepas dengan ombak yang tenang dan suasana sejuk angin sepoi-sepoi akan menambah sejuknya suasana di sekitar pantai. Belum lagi ribuan pohon kelapa menjulang tinggi yang ditanam di sekitar pantai.

Karena awalnya merupakan perkebunan kelapa, potensi ini pun dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berjualan es krim kelapa murni di sepanjang pantai. Wisatawan di sini sering menghabiskan waktu dengan duduk di cabana yang telah disediakan sambil menyeruput air kelapa segar dan asli dari pohonnya. Jalan-jalan bersama orang tersayang di pantai, sambil menikmati pemandangan sekitar tentu sangat menyenangkan.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai, Riau.

4. Pantai Marina Indah Puak

Pantai Marina Indah PuakKredit gambar: Ahmad Taufik Google Maps

Pantai Marina Indah Puak adalah tujuan pantai menarik berikutnya untuk dikunjungi selama kunjungan Anda ke Dumai. Mengunjungi tempat ini, Anda akan menemukan dataran berpasir yang luas dengan garis pantai yang dipenuhi bebatuan besar. Bebatuan ini ditempatkan dengan hati-hati di sepanjang garis pantai untuk menghalau ombak yang keras. Selain itu, batuan ini juga dapat menahan gelombang untuk menghindari abrasi yang mungkin terjadi.

Bagi Anda yang menyukai liburan pantai, sangat cocok untuk berkunjung ke sini. Pantai ini memiliki pemandangan panorama yang sangat bagus dan indah. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa dimanjakan dengan berbagai fasilitas dan wahana menarik yang disediakan pengelola pantai ini. Diantara mereka. Merupakan wahana permainan air yang tidak hanya seru, tetapi juga dapat menantang adrenalin pemainnya.

Anda bisa mengelilingi keindahan pantai dengan menyewa banana boat bersama teman-teman. Rasakan sensasi mengendarai perahu motor berbentuk pisang, sambil menikmati panorama pantai yang menakjubkan. Sebagai alternatif lain, Anda bisa menyewa berbagai wahana menarik lainnya yang layak untuk dicoba. Tidak hanya bisa berkeliling laut, tapi juga bisa memilih permainan seru dan merasakan sensasi terbang di atas birunya pantai yang indah.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

5. Pantai Akasia Indah Guntung

Pantai Marina Indah PuakKredit gambar: Google Maps Boni Sudino

Pantai ini memang tergolong baru untuk ditemukan oleh masyarakat setempat, sehingga masih terkesan asing. Namun, pantai ini memiliki panorama yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di kawasan Dumai lainnya. Seperti kebanyakan pantai, Pantai Akasia Indah Guntung juga menawarkan pemandangan pantai yang khas berupa hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang menenangkan. Hembusan angin dan kicauan burung akan melengkapi suasana.

Seringkali Anda akan menjumpai anak-anak bermain di kawasan pantai ini. Air pantai yang sejuk dan suasana sejuk angin yang bertiup akan membuat mandi menjadi menyenangkan. Dari kejauhan Anda juga bisa melihat perahu nelayan berlayar mencari ikan. Pemandangan ini terlihat semakin manis dan mampu menyegarkan kembali semangat setelah sekian lama bekerja dan penat.

Warna air laut yang biru kehijauan seakan menyatu dengan langit biru yang luas, menambah keindahan pemandangan pantai. Pemandangan yang tak kalah menarik di penghujung sore hari, dimana matahari mulai perlahan menurun dan memunculkan siluet-siluet yang indah. Banyak wisatawan akan berfoto dengan pemandangan pantai yang terlihat sangat syahdu. Jika cuaca sedang bagus, suasana malam Pantai Akasia Indah Guntung pun tak kalah indahnya, karena langit bertabur bintang.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Guntung, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau.

Beberapa wisata pantai di kota Dumai memiliki berbagai atraksi yang selalu memikat pengunjung yang akan berkunjung ke sana. Seakan memiliki daya magis tersendiri, destinasi wisata Dumai tidak pernah sepi dari wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke pulau tersebut. Letak geografis kota Dumai memang membuat kota ini banyak menjadi destinasi wisata tepi pantai dengan daya tarik yang menarik. Anda dapat mencoba menghabiskan liburan Anda di pantai Dumai yang indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button