Wabup: Festival durian lokal unggulan Sukabumi bisa menarik kunjungan wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

Wabup: Festival durian lokal unggulan Sukabumi bisa menarik kunjungan wisatawan

Wabup: Festival durian lokal unggulan Sukabumi bisa menarik kunjungan wisatawan

SUKABUMI, JAWA BARAT (ANTARA) – Wakil Bupati Sukabumi, Jawa Barat Iyos Somantri mengatakan Festival Durian Lokal Unggul Sukabumi yang digelar di Lapang Canghegar, Kecamatan Palabuhanratu pada Sabtu bisa menarik banyak wisatawan.

“Ternyata festival ini mampu menarik kedatangan ribuan orang, bahkan wisatawan dan pecinta durian dari berbagai daerah rela menghadiri acara tahunan tersebut,” ujarnya di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Iyos, aktivitas tentu bisa menjadi “magnet” untuk menarik wisatawan.

Baca Juga:Durian Cikakak Diperkenalkan Sebagai Icon Buah Unggul Kabupaten Sukabumi

Festival Durian Lokal Sukabumi merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi, namun acara ini tidak diadakan beberapa tahun yang lalu karena adanya pandemi COVID-19.

Festival ini bertujuan sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan dunia pariwisata dan produk buah lokal Kabupaten Sukabumi yang berkualitas. Karena besarnya antusias warga dan wisatawan yang mengikuti event ini, kemungkinan kegiatan ini akan berlangsung tidak hanya setahun sekali, melainkan dua kali atau lebih.

Adanya Festival Durian Lokal Unggulan Sukabumi mampu menciptakan simbiosis timbal balik dalam dunia pariwisata karena tidak hanya mendongkrak pendapatan para petani durian di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Sake Durian Sukabumi Langka
Baca Juga: Durian Jadi Ikon Kabupaten Sukabumi

Namun dapat meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM dan pengelola objek wisata dengan kedatangan pengunjung atau wisatawan dari berbagai daerah, sehingga perekonomian daerah juga akan terdongkrak dan tentunya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata juga akan terdongkrak. .

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya untuk meningkatkan potensi dan kualitas komoditas durian unggulan ini di tingkat nasional bahkan internasional, karena durian ini memiliki kualitas rasa, tekstur daging dan biji yang tidak kalah dengan yang lain. Jenis durian yang lebih terkenal. Ia bahkan berani membandingkan rasa durian asli lain dengan durian dari daerah atau negara lain.

“Tentunya potensi ini perlu dikembangkan lebih lanjut untuk mendongkrak perekonomian daerah, khususnya para petani durian dan warga yang memanfaatkan durian tersebut untuk usaha atau mata pencaharian,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button