Catatan! Ini dia tips liburan yang sederhana, namun murah dan menyenangkan - WisataHits
Jawa Barat

Catatan! Ini dia tips liburan yang sederhana, namun murah dan menyenangkan

Poptren.voice.com – Mungkin banyak pembaca yang penasaran, bagaimana cara merencanakan liburan yang menyenangkan tanpa takut kehabisan uang? Tentu diperlukan persiapan yang matang. Apalagi jika Anda berencana untuk istirahat dalam jangka waktu yang lama, bukan hanya satu atau dua hari.

Jika destinasi yang ingin dikunjungi beragam, kita juga harus menyusun itinerary yang serius dan logis. Di atas segalanya, itu harus sesuai dengan kemampuan fisik semua anggota keluarga.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar bisa menikmati liburan sederhana yang hemat dan menyenangkan:

1. Sertakan pasangan, anak atau keluarga dalam perencanaan liburan

Baca juga: Beberapa Tips Berwisata ke Tempat Baru

Komunikasi adalah pilar terpenting dalam sebuah hubungan. Semakin baik komunikasi, semakin baik hubungan. Diskusikan rencana liburan dengan pasangan dan anak-anak Anda.

Jangan lupa untuk menanyakan pendapatnya tentang rencana yang dibuat. Jangan lupa untuk selalu memberikan pujian kepada mereka yang berani berpendapat.

2. Pilih tujuan perjalanan

Untuk membuat pilihan lebih beragam, tujuan perjalanan awalnya dapat dipilih melalui Internet, surat kabar atau buku. Jangan lupa untuk membaca review atau pengalaman orang lain yang sudah pernah ke destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Ini membuat segalanya lebih mudah untuk Anda persiapkan.

3. Atur pesanan terlebih dahulu

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Alam untuk Liburan Keluarga

Musim liburan masih bisa satu atau dua bulan sebelumnya. Namun tidak ada salahnya untuk memesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, hotel, tiket jalan-jalan dan juga akomodasi lainnya yang perlu dipesan terlebih dahulu.

Biasanya, tiket yang dipesan jauh-jauh hari lebih murah dibandingkan jika Anda memesannya secara tiba-tiba.

4. Jangan pergi saat liburan

Tersiar kabar bahwa harga tiket transportasi umum dan hotel terasa lebih mahal selama musim liburan. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan, yang tidak sebanding dengan jumlah perumahan yang tersedia.

Banyak traveler kawakan justru pergi berlibur saat musim liburan usai. Di luar musim liburan, tiket masuk kawasan wisata jauh lebih murah, selain itu pengunjungnya juga tidak terlalu banyak, sehingga bebas menjelajah sampai puas.

5. Prioritaskan uangAbu

Selalu bawa uang tunai saat berjalan-jalan sehingga Anda dapat mengontrol pengeluaran dengan lebih baik. Apalagi jika destinasi wisata yang dituju tidak memiliki ATM yang cukup.

Jika Anda khawatir kehilangan uang, simpan di tempat lain dengan kartu debit atau kredit Anda. Siapkan juga recehan, karena terkadang sulit menemukan recehan saat berbelanja.

6. Atur anggaran Realistis

Mengurangi pengeluaran untuk gaya hidup hemat akan membuat liburan menjadi tidak nyaman. Tetapi terlalu lama juga tidak baik, karena hidup tidak berhenti ketika Anda sedang berlibur. Ingatlah bahwa setelah liburan, Anda mungkin masih harus menunggu sampai gajian berikutnya.

Jadi pastikan Anda membuat anggaran yang realistis dan logis. Tidak terlalu ketat, tapi juga tidak terlalu mewah.

Selamat mencoba tips di atas untuk liburan Anda selanjutnya!

Sumber: bogor.suara.com.

Source: poptren.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button