Viral Glow Wisata Kebun Raya Bogor, Baru Masuk Rasanya Luar Negeri – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Viral Glow Wisata Kebun Raya Bogor, Baru Masuk Rasanya Luar Negeri – Pojoksatu.id

POJOKSSATU.id, BOGOR Pengelola memperkenalkan program glow tour Kebun Raya Bogor (KRB) dengan menghadirkan instalasi lighting dan proyeksi visual, yang dapat membantu pengunjung untuk memahami berbagai informasi yang ada.

Di banyak kebun raya di seluruh dunia, program wisata Bogor Botanical Gardens Glow sudah ada dan menjadi magnet bagi pengunjung, khususnya kaum milenial.

“Kami memiliki komitmen yang sama kepada masyarakat bahwa KRB ini merupakan aset bangsa yang harus selalu dibina dan dapat dioptimalkan untuk kemajuan masyarakat. Oleh karena itu, terobosan dan inovasi di Kebun Raya Bogor Glow harus terus dilakukan tanpa meninggalkan akar budaya yang ada,” kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko dalam keterangan resmi.

Mencakup area seluas 26.000 meter persegi, hanya sekitar tiga persen dari total luas KBR yang mencapai 870.000 meter persegi, program Glow dibatasi setiap Jumat-Minggu malam mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

BACA JUGA: IPSI Apresiasi Kegiatan Festival Pencak Silat di Kebun Raya Bogor

Jumlah pengunjung yang berpartisipasi akan dibatasi dan dikelompokkan dengan pemandu khusus di setiap grup.

BRIN selaku pemegang kendali penuh atas pelaksanaan di KRB menegaskan bahwa berdasarkan hasil penelitian pada periode Januari-Juni 2022, keberadaan lampu buatan di kawasan glow edutourism di KRB tidak berdampak negatif terhadap kondisi eksisting. fasilitas dan ekosistem.

Glow merupakan salah satu terobosan BRIN dan mitranya PT Mitra Natura Raya menghadirkan lembaga pendidikan dan wisata malam pertama dan terbesar di Indonesia.

BACA JUGA: Kebun Raya Bogor Sambut HUT RI ke-77 Pencak Silat Festival

Berlokasi di Kebun Raya Bogor, pengunjung dapat menjelajahi Pandan Park, Mexico Park, Aquatic Park, Time Lorong, Astrid Park dan Ecodome.

Khususnya Taman Astrid di kawasan ini menceritakan kisah kemunculan Kebun Raya Bogor hingga saat ini sebagai cagar alam dan pusat penelitian alam yang memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu botani dan farmasi.

Luas yang digunakan untuk Glow hanya sekitar tiga persen dari total luas KRB yang mencapai 87 hektar.

BACA JUGA: Kebun Raya Bogor Buka Malam Hari dan Dihiasi Lampu Warna-warni

“Kami berharap fasilitas pendidikan Kebun Raya Bogor Glow ini dapat menjadi destinasi wisata dan pendidikan terbaik di Indonesia, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri,” ujar M. Bayu Sumarijanto, Marketing and Revenue Director PT Mitra Natura Raya.

Selain program glow tour Kebun Raya Bogor, sejumlah kebun raya di dunia juga menjadikan edutourism sebagai cara untuk menarik lebih banyak pengunjung muda. Berikut daftar kebun raya yang melakukan wisata ringan sebagai bagian dari inovasinya, dirangkum dari berbagai sumber.

Pertama ada Kew Gardens, sebuah kebun raya di Sussex, Inggris. Kebun raya adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Dengan koleksi lebih dari 50.000 tanaman, Kew Gardens menampilkan konsep wisata malam musim dingin.

Untuk tahun ini, hingga 12.000 pohon dan koleksi tanaman hidup akan menjadi rute baru yang memungkinkan pengunjung menikmati wisata alam dari perspektif baru.

Lalu ada Fairchild Tropical Botanic Garden di Miami, Florida, AS. Fairchild Tropical Botanic Garden menghadirkan konsep night tourism dengan tema The NightGarden. Seperti halnya Kew Garden, konsep night tour di Fairchild Tropical Botanic Garden berlangsung di musim dingin.

Lalu ada Royal Botanic Gardens Victoria di Melbourne dan Cranboune, Australia. Ini adalah pusat penelitian botani yang memainkan peran penting dalam studi tanaman Australia, jamur dan ganggang. Hal ini memperkaya pemahaman tentang keanekaragaman hayati asli dan kebutuhan konservasinya.

Selain menjadi pusat penelitian dan menawarkan wisata Glow Bogor Botanical Gardens, Royal Botanic Gardens Victoria juga menawarkan wisata malam penuh cahaya di Royal Botanic Gardens Melbourne. Pengunjung diajak berjalan melalui taman sepanjang 1,8 kilometer yang dihiasi dengan pemasangan lebih dari setengah juta lampu. (SAYA)

Source: pojoksatu.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button