5 Rahasia Gunung Arjuno, nomor tiga bikin merinding - WisataHits
Jawa Barat

5 Rahasia Gunung Arjuno, nomor tiga bikin merinding

Minggu, 30 Oktober 2022 – 18:22 WIB

PITA – Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung api kerucut di Jawa Timur. Secara administratif, Gunung Arjuno terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Pengelolaan Gunung Arjuno berada di bawah kendali Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Hingga saat ini Gunung Arjuno menjadi salah satu destinasi wisata alam pegunungan di Jawa Timur setelah Semeru.

Panorama keindahan alamnya kerap membuat hati para pendaki berdegup kencang. Di ketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menikmati pemandangan Jawa Timur dan sekitarnya.

Meski menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona, Gunung Arjuno ternyata menyimpan banyak misteri. Bahkan masuk dalam daftar gunung paling angker di Jawa Timur. Dari berbagai sumber, inilah rahasia Gunung Arjuno yang masih dipercaya oleh para pendaki dan masyarakat sekitar.

1. Pasar Iblis

Tak hanya pegunungan di Jawa Tengah seperti Merapi, Gunung Arjuno juga memiliki mitos pasar setan. Hingga saat ini, mitos Pasar Setan di Gunung Arjuno masih dipercaya oleh masyarakat dan pendaki.

Mitos Pasar Iblis konon ada di padang sabana yang luas di sepanjang jalur pendakian Gunung Arjuno. Di tempat ini Anda bisa sering mendengar suara seperti di pasar. Biasanya suara-suara pasar menghilang saat fajar atau dini hari.

2. Jumlah pendaki tidak boleh ganjil

Pendaki Gunung Arjuno tidak boleh aneh-aneh. Ini termasuk aturan yang harus dipatuhi jika ingin mendaki Gunung Arjuno. Konon bila jumlah pendaki ganjil, ada makhluk gaib yang menjaga Gunung Arjuno dan melengkapi jumlah tim pendakian.

3. Suara Gamelan

Seiring dengan suara hiruk pikuk pasar, suara gamelan misterius sering terdengar di Gunung Arjuno. Bunyi gamelan tersebut diyakini berasal dari gamelan mertua Ngunduh yang dimainkan pada masa Singosari dan Majapahit.

Suara gamelan misterius ini juga sering terdengar di beberapa gunung di pulau Jawa. Misalnya di Gunung Lawu atau Gunung Merapi. Suara gamelan lembut dan penuh aura mistis.

4. Banyak Petilasan

Jika Anda mendaki Gunung Arjuno, Anda akan menemukan banyak Petilasan di sepanjang jalan setapak. Petilasan seperti makam dll diyakini memiliki korelasi dengan Singosari dan Kerajaan Majapahit.

Beberapa Petilasan yang terdapat di Gunung Arjuno, seperti Petilasan Sepilar, Petilasan Eyang Semar, Petilasan Eyang Antaboga.

5. Tempat Suci

Gunung Arjuno juga konon memiliki banyak tempat keramat. Biasanya digunakan sebagai tempat pemujaan atau ritual. Tempat-tempat seperti Candi Madrim hingga Oento Boego berada di lereng Gunung Arjuno.

Banyak misteri yang masih dipercaya dan berkembang di masyarakat, Gunung Arjuno tetap menjadi tujuan wisata para pemanjat tebing. Panorama alam yang indah akan memanjakan setiap pendaki Monte Arjuno.(dra)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button