10 wisata gunung terindah untuk liburan sekolah - WisataHits
Jawa Barat

10 wisata gunung terindah untuk liburan sekolah

Sumedang Express Berikut 10 pendakian gunung terindah yang bisa menjadi tujuan saat liburan sekolah. Keindahan alam Indonesia tidak hanya terbatas pada pantainya saja. Pegunungan Indonesia juga memiliki pesona yang tak kalah memukau. Mulai dari keindahan matahari terbit, pesona tebing terjal, padang rumput hijau, hingga pemandangan indah dari puncak gunung.

Dari jajaran gunung yang ada di Indonesia, berikut adalah beberapa tempat wisata yang paling populer. Apa saja gunung dengan pemandangan indah di Indonesia?

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

travel.nationalgeographic.com

Gunung Bromo adalah salah satu pegunungan paling populer di Indonesia. Gunung yang sering dijadikan latar film ini berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berduyun-duyun ke sini untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang indah.

Anda tidak perlu khawatir lelah berkeliling kawasan Gunung Bromo, tersedia banyak jeep dan kuda yang bisa Anda sewa untuk menikmati keindahannya.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

news.liputan6.com

Masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan Gunung Semeru tak kalah indahnya dengan Gunung Bromo. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang sangat menawan.

Maka tak heran jika gunung ini menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Menikmati indahnya matahari terbit dari atas membutuhkan perjuangan yang kuat. Tenang, Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan alam sekitar seperti Danau Ranukumbolo.

3. Gunung Prau, Jawa Tengah

flickr.com

Gunung yang berada di ketinggian 2.565 mdpl ini terletak di Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Jika Anda mendaki gunung untuk pertama kalinya, Anda tidak akan kesulitan mencapai puncaknya.

Dari puncak gunung ini Anda memiliki pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing yang menakjubkan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di sini.

4. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

rinjaninationalpark.com

Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler kedua di Indonesia setelah Bali. Tak hanya pantainya yang keren, Lombok juga memiliki Gunung Rinjani yang sangat eksotik.

Dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, gunung ini sering disebut-sebut sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Salah satu tempat yang paling populer bagi para pendaki adalah Danau Segara Anak. Keindahannya pasti tak terlupakan!

5. Gunung Ijen, Jawa Timur

indonesia.tripcanvas.co

Selain Gunung Bromo dan Semeru, Jawa Timur ternyata memiliki gunung cantik lainnya yaitu Gunung Ijen. Gunung cantik ini terletak di antara 3 kabupaten yaitu Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Pemandangan yang paling diminati wisatawan di sini adalah fenomena kawah dan api biru. Untuk menikmatinya Anda harus mendaki Gunung Ijen pada malam hari. informasi, Hanya ada api biru di dunia lho. Indonesia beruntung memiliki salah satunya.

6. Gunung Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur

tripadvisor.com/mindythelion

Siapa yang tidak tahu eksotisme Pulau Flores? Salah satunya adalah puncak Gunung Kelimutu yaitu Danau Kelimutu. Danau Kelimutu sering disebut sebagai Danau Tiga Warna karena memiliki 3 warna yang berbeda.

Tidak perlu melakukan trekking untuk sampai ke puncak. Karena Gunung Kelimutu sudah memiliki tangga yang membawa Anda ke puncak. Pernahkah Anda kesini?

7. Gunung Patuha, Bandung, Jawa Barat

tripadvisor.com

Nama gunung ini mungkin masih asing bagi Anda, namun bagaimana jika disebut kawah putih? Anda pasti sudah sering mendengarnya bukan? Asal tahu saja, sebenarnya Kawah Putih adalah bagian dari Gunung Patuha lho.

Pemandangan indah kawah putih yang berwarna hijau tosca menjadikan Gunung Patuha favorit para wisatawan. Kalau ke Bandung wajib banget kesini!

8. Gunung Kerinci, Sumatera Barat

indonesiaexpat.biz

Jika Anda ingin merasakan pendakian yang agak ekstrim, Anda harus pergi ke Gunung Kerinci yang terletak di provinsi Jambi di Sumatera Barat. Kerennya, Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung ini juga tempat kenaikan Favorit di Indonesia. Begitu sampai di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan kawah yang mempesona. Kenaikan datang ke sini, ayolah!

9. Gunung Cartensz, Papua

pinterest.com

Jika ingin merasakan pegunungan yang tertutup salju, Anda tidak perlu berkendara jauh-jauh ke Gunung Everest. Anda tinggal datang ke Papua dan mendaki Gunung Cartensz atau Puncak Jaya. Puncak Jaya adalah satu-satunya gunung yang tertutup salju.

Karena tingginya 4.884 mdpl, Puncak Jaya dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Siapa yang pernah main salju disini?

10. Gunung Gede, Jawa Barat

indonesiaexpat.biz

Pemandangan Gunung Gede memang tak terbantahkan. Tak heran mengapa gunung ini selalu dikunjungi wisatawan atau pendaki. Gunung ini berada di wilayah Taman Nasional Gede Pangrango, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat.

Ada beberapa tempat terindah di Gunung Gede, yaitu Alun-alun Suryakencana, Telaga Bru, Air Terjun Cibeureum, Kandang Batu dan Kandang Bada, serta puncak Gunung Gede.

Namun spot yang paling populer di sini adalah Lapangan Suryakencana, sabana yang ditumbuhi bunga edelweis.

Inilah 10 gunung terindah dan bisa menjadi tujuan liburan sekolah dengan pemandangan yang indah dan menjadi favorit para wisatawan. kemana kamu mendaki

Baca juga: 6 Destinasi Saat Liburan Sekolah, Asyik dan Murah!

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button