UMM berkomitmen mengembangkan pertanian, energi dan kedirgantaraan bersama Jember - WisataHits
Jawa Timur

UMM berkomitmen mengembangkan pertanian, energi dan kedirgantaraan bersama Jember

UMM berkomitmen mengembangkan pertanian, energi dan kedirgantaraan bersama Jember

MUHAMMADIYAH.OR.ID, MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tidak hanya berfokus pada pengembangan kualitas pendidikan tetapi juga berkontribusi dalam membangun kesejahteraan bersama. Salah satunya bekerja sama dengan berbagai daerah, termasuk Jember. Diawali dengan perbincangan bersama Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto, ST. beserta jajarannya pada 2 Januari 2023. Beberapa aspek yang akan dikerjasamakan adalah pertanian, energi baru terbarukan (EBT), penerbangan dan pendidikan.

Menariknya, Rektor UMM Fauzan dan Wakil Rektor II Nazaruddin Malik tiba dengan pesawat yang mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember. Bahkan, salah satu pesawat itu milik UKM Biru Flying Club UMM.

Hendy sapaan akrabnya menyambut baik rombongan Kampus Putih tersebut dan mengatakan pihaknya sangat membutuhkan inovasi-inovasi yang dilakukan UMM. Banyak produk dan penemuan Kampus Putih yang bisa ditiru dan diterapkan di Jember.

“Satu hal yang menarik adalah sektor pertanian. Bagaimana UMM mengatasi masalah pemupukan di berbagai daerah? Jember juga memiliki permasalahan serupa, sehingga diharapkan kerjasama yang terjalin dengan UMM dapat mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, UMM telah menggunakan pupuk organik di Situbondo dan berhasil. Omong-omong, kami juga sedang mempersiapkan pembangunan pabrik pupuk organik,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi UMM yang telah mendatangkan pakar untuk memberikan masukan tentang aspek pertanian. Rencananya pada 5 Januari 2023 akan ada sejumlah profesor yang juga akan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Dengan cara ini, dapat mempercepat aktivitas sebenarnya di antara keduanya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UMM menilai Jember memiliki potensi yang sangat besar. Di bidang pertanian, Jember menempati urutan ketiga sebagai penghasil beras terbesar di Jawa Timur. Sayangnya, petani selama ini terlalu bergantung pada pupuk kimia. Padahal harga pupuk jenis ini semakin hari semakin meningkat.

“Ini tentu akan merugikan petani. Maka UMM ambil bagian dan bekerja sama dengan Jember untuk mencari solusi pupuk organik. Selain itu, kami juga berpengalaman. Harapannya biaya produksi dapat ditekan dan petani mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Niat kami dan Bupati Jember sama, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Di sisi lain, UMM-Jember akan terus mengembangkan EBT di beberapa tempat. Ada tiga titik yang menurut Fauzan memungkinkan pengembangan EBT, khususnya pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH).

Menurut Rektor von Kediri, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari PLTMH. Salah satunya adalah kemampuan memberi kekuatan kepada mereka yang tidak merasakannya. Terakhir, keberadaan PLTMH ini dapat mendorong warga untuk lebih produktif dengan mengembangkan industri rumahan.

Begitu juga dengan kerjasama keduanya di bidang penerbangan untuk destinasi wisata di Jember dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Fauzan menegaskan, UMM akan selalu mendukung pengembangan potensi wisata Jember melalui jalur udara. Ini pasti akan menjadi tempat rekreasi yang menarik dan berbeda dari yang lain. Didukung dengan panorama indah yang dimiliki Jember.

“Semoga kerjasama antara UMM dan Jember mampu menghasilkan solusi yang baik, terutama memberikan kesejahteraan kepada masyarakat luas. Mulai dari produksi pupuk organik, lalu pesawat terbang sebagai pariwisata, pengembangan SDM dan EBT,” ujarnya.

Sebelumnya, UMM juga mendukung sejumlah daerah. Misalnya dukungan pada aspek pertanian di Situbondo, pariwisata di Gresik, EBT di Kabupaten Malang dan lain-lain. Ini merupakan salah satu bentuk keterlibatan dan kontribusi UMM untuk Indonesia.

Hit: 142

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button