Usir Kesan Kumuh, Warga Tepi Kali Jatipurwo, Surabaya, Bersih-Bersih - WisataHits
Jawa Timur

Usir Kesan Kumuh, Warga Tepi Kali Jatipurwo, Surabaya, Bersih-Bersih

JawaPos.com– Wajah rumah warga Jalan Karang Tembok V Surabaya belakangan ini berubah. Permukiman yang berada di tepi Kali Jatipurwo itu kini jauh lebih bersih. Dinding rumah yang dicat cerah juga melindungi desa dari kesan kumuh. Itu layak diapresiasi.

Pemandangan ini sangat kontras dengan kesan desa sebelumnya. Tepian Sungai Jatipurwo dan kawasan pemukiman di sepanjang Jalan Karang Tembok V memberikan kesan kumuh. Sampah dan barang-barang yang tidak terpakai berserakan di sekitar area. Situasi ini telah ada selama beberapa waktu.

Namun seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan terus meningkat. Pelan tapi pasti, warga mulai berbenah. Pertama, mereka membersihkan sampah yang berserakan di pinggir jalan.

Warga juga mengkoordinir pembuatan mural di setiap dinding rumah. Pertama saya menggunakan warna polos. Perlahan tapi pasti kesan kumuh di kawasan pemukiman Jalan Karang Tembok V. Sidabranti berubah menjadi mulus dan siap huni sebagai desa tujuan wisata.

Koordinator Desa Sidabranti Heru Setiawan mengatakan kesepakatan itu dimulai pekan lalu. Mulai dari permukiman di bantaran Kali Jatipurwo, RW 4. Setiap malam warga mengecat rumahnya dengan warna cerah.

Semua pekerjaan dilakukan pada malam hari oleh penduduk setempat. “Setelah pulang kerja dan bersantai, warga menata lingkungan bersama. Mulai dari melukis, menggambar mural hingga membersihkan sampah,” kata Heru kemarin (25/7).

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button