Waspadai Kondisi Cuaca Ekstrim Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Cek Info BMKG dan Wilayahnya!!! - WisataHits
Jawa Timur

Waspadai Kondisi Cuaca Ekstrim Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Cek Info BMKG dan Wilayahnya!!!

JemberNetwork.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika bersama Direktur BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan data analisis meteorologi terbaru, pekan depan sangat mungkin terjadi dinamika atmosfer yang berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia, terutama jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

Mengutip dari situs resmi bmkg.go.id, kondisi atmosfer yang dapat menyebabkan presipitasi adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Warung Bu Tin Milik Orang Tua Selvi Ananda, Dermawan Presiden Joko Widodo, Baca Bikin Ngiler!

Pertama, adanya peningkatan aktivitas monsun Asia yang secara signifikan dapat meningkatkan perkembangan awan hujan di Indonesia bagian barat, tengah, dan selatan.

Kedua, intensifikasi panggilan dingin Asia dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di Indonesia bagian barat dan selatan serta meningkatkan kemungkinan terbentuknya awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Ketiga, terdapat bukti bahwa pusat tekanan rendah yang terbentuk di sekitar perairan selatan Indonesia dapat memicu perkembangan awan konvektif yang lebih stasioner dan berpotensi menyebabkan intensitas presipitasi, percepatan angin permukaan, dan peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

Baca juga: Ada Air Terbaik di Dunia! Inilah wisata candi tertua di Jawa Timur untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2023

Terakhir, beberapa aktivitas gelombang atmosfer teramati, yaitu Medden Julian Oscillation (MJO), yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby di ekuator. Kondisi ini memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan khatulistiwa di beberapa wilayah Indonesia. terutama di wilayah tengah dan timur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button