Upaya Pemkab Situbondo menghadirkan potret kawasan wisata unggulan baru - WisataHits
Jawa Tengah

Upaya Pemkab Situbondo menghadirkan potret kawasan wisata unggulan baru

Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi staf Forkopimda dan musisi Jakarta Anji pekan lalu menebar tukik di pantai Jhile di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. [sawawi]

Bupati mengajak Forkopimda DKI dan para pemusik untuk menanam mangrove dan melepasliarkan tukik di pantai Sejhile
Kabupaten Situbondo, Bhirawa

Saat ini, duet pimpinan Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Hj Khoirani sedang giat mempromosikan potret delapan tempat wisata baru yang tersebar di sekitar Labuh Merak Situbondo. Salah satu langkah konkritnya, Bupati Karna Suswandi mengajak jajaran Forkopimda, pengusaha dan musisi ternama Indonesia, Anji Drive untuk melepasliarkan ratusan satwa muda liar di tepi Laut Sejhile belum lama ini.
Sehari sebelum penampilan musisi kondang Anji Drive di kawasan wisata Ruang Labuan Merak, segala persiapan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPP) Kabupaten Situbondo.
Diawali dengan pembagian santunan kepada anak yatim, pentas musik dan diskusi, semuanya disiapkan oleh Gatot Siswoyo, ketua DUPPP Kabupaten Situbondo beserta jajaran dan jajarannya. “Kami juga menyiapkan ratusan anak harimau untuk dilepasliarkan oleh Bupati Karna Siswandi, musisi dan artis Anji dan Forkopimda,” kata Gatot Siswoyo.
Usai serangkaian hiburan, Karna Suswandi, Ketua DPUPP Kabupaten Situbondo, bersama Forkopimda dan musisi Anji, menuju Pantai Sejhile yang berjarak dua kilometer dari Pantai Bilik. Rombongan naik speedboat dan sebagian tongkang.
Tiba di lokasi, ratusan satwa muda disiapkan di tepi laut. “Ini untuk melestarikan kawasan biota laut agar tidak punah. Selain itu, bertujuan untuk memperkenalkan kawasan wisata baru yang indah kepada wisatawan domestik dan mancanegara,” kata Gatot.
Sementara itu, Bupati Karna Suswandi mengatakan pihaknya sengaja mengajak Anji untuk ikut serta dalam pelepasan ratusan satwa muda dan penanaman ratusan bibit pohon mangrove di pantai wisata di Jhile agar turut memperhatikan ekosistem di Labuhan Merak.
“Ya, dengan pelepasan ratusan juvenil untuk mencegah kepunahan juvenil. Saat menanam bibit mangrove untuk mencegah abrasi. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Situbondo dengan Taman Nasional Baluran-Situbondo,” ujar mantan Pj Bupati Bondowoso ini.
Bupati menegaskan keseriusannya mengembangkan delapan wisata baru di Labuan Merak dengan merealisasikan pembangunan jalan sepanjang 10 km dari Dusun Sidomulyo hingga Dusun Merak. Dengan perbaikan fasilitas infrastruktur tersebut, Bupati mengakui, akan semakin memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Labuan Merak.
“Selain itu juga membantu aktivitas warga yang datang ke kota atau kabupaten Banyuputih. Hal ini juga dapat memberikan kenyamanan bagi warga Labuan Merak dalam bekerja, sehingga diharapkan perekonomian mereka meningkat,” kata Bupati Karna.
Sebaliknya, dari pinggir pantai, Bilik memukau Banyy Gakelain Band dengan menyanyikan 10 hits di momen konser musik “Symphony de Merak Menembus Batas” di Labuhan Merak Tour, Situbondo. Penyanyi solo Erdian Aji Prihartanto juga tampil. “Setelah manggung selesai, kami juga melepasliarkan ratusan ekor anak harimau di wisata pantai Jhile di Dusun Merak, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo,” kata Anji.
Selain itu, penyanyi solo Indonesia yang biasa dipanggil Anji, bersama Bupati Karna Suswandi, Wakil Bupati Nyai Hj Khoironi, Kajari Nauli Rahem Siregar, Gatot Siswo, Kepala DUPPP, Dadang Wintoro, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Balai Taman Nasional Baluran Situbondo , lanjut agenda kedua yaitu penanaman ratusan pohon mangrove.
“Saya mengapresiasi upaya Pemkab Situbondo yang melepas ratusan remaja ke laut. Ini cara Bupati Karna Suswandi menyelamatkan tukik dari kepunahan. Selain itu, mangrove merupakan upaya untuk mencegah terjadinya abrasi,” kata Anjie.
Menurut Anji, saat ini tercatat sudah berhasil mengunjungi 520 desa di seluruh Indonesia. Namun baru pertama kali bisa datang ke Labuhan Merak Situbondo, yakni setelah dibangunnya jalan akses ke pelosok di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih Situbondo.
“Ternyata di sini (Labuhan Merak) banyak potensi wisata pantai yang indah dan menawan. Remaja harus terlibat dalam menyebarkan wisata kebanggaan ini di media sosial,” kata Anji.
Oleh karena itu, lanjut Anji, pemerintah Kabupaten Situbondo bersama masyarakat dan pemuda harus secara terus menerus dan intensif berpartisipasi dalam sosialisasi delapan potensi wisata penting baru tersebut. Bagi wisatawan dunia dan domestik untuk berkunjung ke Situbondo, aku Anji.
“Beberapa wisata pantai di Labuhan Merak sudah bagus dan bersih. Maka dari itu saya menghimbau kepada masyarakat untuk terus melestarikan dan memelihara beberapa sajian wisata pantai yang menawan ini,” pungkasnya. [sawawi]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button