PLN sedang merenovasi instalasi listrik di tempat resepsi pernikahan Kaesang-Erina - WisataHits
Yogyakarta

PLN sedang merenovasi instalasi listrik di tempat resepsi pernikahan Kaesang-Erina

Jakarta, CNNIndonesia

pt PLN (Persero) meremajakan instalasi listrik Candi Mangkunegaran yang menjadi lokasi upacara pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Upacara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu (11/12).

Dirut PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, proses penggantian instalasi listrik di Candi Mangkunegaran dengan sistem yang lebih modern merupakan bagian dari kepedulian budaya atau dikenal dengan istilah Jawa untuk melestarikan budaya leluhur.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Kami adalah bagian dari pasukan pembersih budaya. Untuk satu, kami juga membantu pelestarian pencahayaan Pelita dari Candi Mangkunegaran berusia ratusan tahun,” kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Jumat (9/12).

Ia menjelaskan, PLN melakukan peremajaan listrik di Candi Mangkunegaran pencahayaan interior ke Memperbarui pencahayaan dan untuk membuat interior lebih menarik.

Tak hanya itu, PLN juga mengganti sebagian instalasi listrik dan kabel lama di tempat hajatan Kaesang dan Erina dengan instalasi baru.

“Kami juga mengganti MCB, kabel lama. Kami pastikan instalasi listrik di Candi Mangkunegaran lebih modern, handal dan aman saat ini. Ini bagian dari langkah kita untuk melestarikan budaya nenek moyang kita,” ujarnya.

Namun, Darmawan tidak menyebut peremajaan listrik di Pura Mangkunegaran karena digunakan oleh anak bungsu, orang nomor satu di Indonesia, baik itu akad nikah maupun tidak.

Darmawan berharap Pura Mangkunegaran dapat menjadi kawasan wisata edukasi budaya yang memadukan unsur klasik dan modern, melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa, serta mampu menjadi rujukan masyarakat untuk mempelajari adat, pengetahuan, norma dan kesenian Jawa.

Selain itu, pengamanan diperketat di Kota Solo, Jawa Tengah jelang prosesi pernikahan dan pengunduhan menantu Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Prosesi Pernikahan akan digelar di Sleman, DI Yogyakarta pada Sabtu (10/12) sedangkan Nunduh Menantu akan digelar di Solo pada Minggu (11/12).

[Gambas:Video CNN]

Upacara Ngunduh Mantu berlangsung di rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, dilanjutkan dengan upacara syukuran di Pura Mangkunegaran.

Pengamanan diperketat sejak Kamis pagi (8/12). Ratusan anggota TNI berjaga di sekitar Loji Gandrung. Sementara itu, jumlah penjaga di Candi Mangkunegaran yang lebih besar terlihat lebih banyak.

Aparat keamanan juga terlihat di sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Diponegoro dari depan Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran. Beberapa kendaraan taktis (rantis) ditempatkan di sekitar Loji Gandrung, Candi Mangkunegaran dan beberapa lokasi strategis.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, jumlah anggotanya yang bertugas mengamankan hajatan keluarga besar Presiden Joko Widodo mencapai 9.600 personel. Keamanan tidak hanya memengaruhi tentara, tetapi juga dua dimensi lainnya.

(sk/agt)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button