Ribuan pengendara melengkapi Bumi Bagelan Challenge, upaya mengenalkan potensi wisata di Purworejo - WisataHits
Jawa Tengah

Ribuan pengendara melengkapi Bumi Bagelan Challenge, upaya mengenalkan potensi wisata di Purworejo

Laporan reporter Jogja Tribune, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM Purworejo – Ribuan pengendara motor trail off road 2×1 dari berbagai kota di Indonesia memeriahkan event otomotif bertajuk Trabas Explore Bumi Bagelan pada Minggu (11/12/2022).

Mereka datang dan pergi di Lapangan Domas, Desa Sumorejo, Kecamatan Bagelan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah untuk menaklukkan trek off-road yang menantang.

Kegiatan yang melibatkan pecinta olahraga minat khusus ini merupakan kerjasama Kodim 0708/Purworejo dengan komunitas motor trail di Kabupaten Purworejo yaitu Komunitas Kota Enduro (KROCO).

“Untuk memperingati hari Kartika TNI-AD ini, kami mengajak teman-teman dari komunitas KROCO yang kebetulan juga sedang merayakan hari jadi mereka yang kedua,” kata Dandim 0708/Purworejo, Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo kepada wartawan usai menyambut para pengendara Somorejo. Desa melepas Lapangan Domas, Kecamatan Bagelan sebagai titik start dan finish.

Baca Juga: Peluncuran Produk UMKM di Pameran Purworejo UKM Business Festival Expo 2022

Menurutnya, ada sekitar 1000 pembalap yang mengikuti acara tersebut.

Para pebalap tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah, seperti Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Semarang, Magelang dan Salatiga, serta dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para peserta ditantang melewati dry track sepanjang 36 kilometer yang melewati 3 desa di Kecamatan Bagelan, yakni Desa Somorejo, Desa Baangsari dan Desa Tlogoketes.

Kondisi lintasannya sendiri terbilang sangat menantang karena merupakan lintasan baru yang 98 persen terdiri dari tanah, bebatuan, dan akar pohon.

Selain trek yang memacu adrenalin, peserta juga akan disuguhi pemandangan Hutan Bagelan yang indah dan keindahan tempat wisata setempat.

Pasalnya, jalur yang akan dilalui para pengemudi akan melewati dua tempat wisata di kawasan tersebut, yakni Benteng Pendem dan Wisata Gunung Butak.

“Ya memang melalui kegiatan ini kami berusaha untuk memasyarakatkan dan memperkenalkan kondisi alam dan tempat wisata yang ada di Bagelan,” ujarnya.

Yohanes berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat baik di Kecamatan Bagelan maupun Kabupaten Purworejo.

“Semoga TNI selalu ada di hati masyarakat. Dengan demikian kita dapat bersinergi untuk menciptakan kondisi stabilitas yang ada dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” pungkasnya.

Baca Juga: Pemkab Purworejo Raih Peringkat Perunggu dalam Anugerah Wirausaha Daerah 2022

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Indonesia Offroad Foundation (IOF) dan Dewan Pembina acara Harjanto mengapresiasi event seperti ini (Trailbike Trabas) berpotensi mendukung pariwisata di Kabupaten Purworejo.

Karena peristiwa ini, ratusan bahkan ribuan orang akan datang ke Kabupaten Purworejo.

“Adanya acara seperti ini menarik perhatian rekan-rekan yang awalnya tidak mengetahui beberapa tempat wisata di Kabupaten Purworejo. Dan ini bisa diwariskan ke rekan-rekan lain di luar kota. Kalau sudah begitu, masyarakat akan terus berdatangan dan masyarakat bisa siap menampilkan potensi daerah dan UMKM,” ujarnya.

Secara terpisah, saat meninjau lokasi, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengaku bersyukur dengan adanya event sepeda trail Trabas Jelajah Bumi Bagelan.

Ia berharap acara tersebut dapat lebih memperkenalkan pariwisata Kabupaten Purworejo.

“Alhamdulillah dengan adanya event ini setidaknya pariwisata di Kabupaten Purworejo bisa lebih dikenal. Dia terkenal tidak hanya di Kabupaten Purworejo tapi juga di luar daerah,” ujarnya sesaat sebelum meninggalkan lokasi. (Tribunejogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button