Untuk pengembangan pariwisata, Wakil Bupati Tana Toraja meminta dukungan Ketua DPD RI - WisataHits
Jawa Timur

Untuk pengembangan pariwisata, Wakil Bupati Tana Toraja meminta dukungan Ketua DPD RI

Untuk pengembangan pariwisata, Wakil Bupati Tana Toraja meminta dukungan Ketua DPD RI

INDONEWS.ID – Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeg meminta bantuan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Hal itu disampaikan Zadrak saat Ketua DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Tana Toraja pada Rabu (21 September 2022).

Menurut Zadrak, Kabupaten Tana Toraja merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia dengan potensi budaya yang unik dan alam yang indah.

“Namun, dalam 10 tahun terakhir, pariwisata di Tana Toraja mengalami pasang surut, apalagi dengan merebaknya Covid-19,” jelasnya.

Zadrak mengatakan, pemerintah Kabupaten Tana Toraja telah menyiapkan rencana strategis pengembangan pariwisata berdimensi budaya dan ekologi, dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat.

Namun, rencana yang telah disusun belum optimal untuk mempromosikan pariwisata di Tana Toraja.

“Berbagai perubahan, termasuk kondisi pariwisata internasional, sebenarnya telah mempengaruhi pariwisata di Tana Toraja yang tampaknya stagnan,” katanya.

Salah satu faktor penting yang harus ditangani adalah aksesibilitas, masalah yang perlu segera ditangani.

“Oleh karena itu, kami berharap pengembangan pariwisata di Tana Toraja dapat memenuhi tuntutan, perubahan, kendala dan permasalahan yang muncul untuk mendukung pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan,” kata Zadrak.

Yunus Sirante, Asisten II Pemerintah Kabupaten Tana Toraja menambahkan, daya tarik utama dalam pengembangan ini adalah pemandangan eksotis dari puncak Buntu Sarira hingga ke seluruh penjuru Toraja, hamparan awan di pagi hari dan saat matahari terbit dan terbenam, serta hamparan awan di pagi hari dan saat matahari terbit dan terbenam. Kolam alami di Tilangnga adalah `, Gua Alam Kambuno, Alang Deata (Lumbung Dewa), Area Glamping, Gugus Buntu Sarira, Desa Wisata Sarira dan Pendakian.

“Dari sisi aksesibilitas, kami harapkan mudah dijangkau dengan semua jenis kendaraan roda dua dan roda empat,” ujarnya.

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendukung penuh pengembangan pariwisata di Tana Toraja. Menurutnya, sektor pariwisata merupakan motor penggerak perekonomian di tingkat akar rumput.

“Pariwisata bersentuhan langsung dengan pemerintah kota. Saya setuju Tana Toraja harus dikembangkan lebih lanjut menjadi destinasi wisata unggulan dengan ciri khas dan karakter tersendiri,” kata LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu menambahkan, potensi sosial budaya Tana Toraja yang unik dipadukan dengan fitur alam memerlukan rencana pembangunan yang menekankan dimensi budaya dan lingkungan dengan pembangunan ekonomi yang berorientasi pada lada, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu tujuan utama pengembangan sektor pariwisata adalah untuk memperkuat basis ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, pelibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata menjadi keharusan untuk memajukan daerah ini,” kata LaNyalla.

Ia terus mendorong untuk memprioritaskan sektor pariwisata Tana Toraja untuk dikembangkan. Selain itu, Tana Toraja telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan juga sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN).

“Tentu ini menjadi harapan besar bagi percepatan pengembangan pariwisata di Tana Toraja sebagai salah satu destinasi wisata unggulan,” ujar LaNyalla.*

Source: indonews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button