Alarm! Seperangkat titik rawan kemacetan dan kecelakaan saat hari raya Nataru di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Alarm! Seperangkat titik rawan kemacetan dan kecelakaan saat hari raya Nataru di Jawa Timur

Surabaya

Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) semakin dekat. Sejumlah destinasi wisata di Jawa Timur siap menyambut wisatawan. Namun, ada beberapa poin tentang destinasi yang perlu diperhatikan oleh para pelancong dan wisatawan.

Ada titik kemacetan atau rawan kecelakaan ke destinasi wisata yang ada yang digabungkan detik Jawa Timur selama beberapa detik. Baca lebih lanjut di bawah ini.

titik stagnasi

1. Jalan Pesisir Selatan Malang

Ada sejumlah titik rawan kemacetan di jalur pantai selatan Kabupaten Malang. Salah satunya di Jalan Raya Bantur-Srigonco, Malang. Kemacetan diperkirakan terjadi hingga Jembatan Pelangi sebelum memasuki kawasan Perhutani melalui Jalur Lintas Selatan (JLS) akibat penyempitan atau kemacetan.

“Ketika terjadi kemacetan kendaraan di perempatan empat JLS, maka kendaraan yang kembali (dari pantai) akan dialihkan melalui jalur Donomulyo, Gedangan atau Sumbermanjing Wetan, diprioritaskan untuk kendaraan yang menuju JLS,” kata Dirjen Polres Malang. Satuan Lalu Lintas AKP Agnis Juwita Manurung.

2. Jalur Wisata Madiun

Bagi warga yang ingin berwisata ke Wisata Sarangan, Magetan atau sejumlah destinasi wisata di Ponorogo, Jalan Raya Nglames melewati Madiun selalu macet di setiap hari raya Nataru. Jalur alternatif telah disediakan untuk mengatasi kemacetan saat kendaraan keluar dari Tol Madiun.

“Nanti kita pasang plang di pintu keluar tol Madiun. Saat kemacetan terjadi di Nglames, kendaraan belok kiri melewati Balerejo setelah Ponorogo dan kanan melewati Sawahan setelah Magetan melalui Kartoharjo, Magetan,” kata Kasat Lantas Polres Madiun AKP Agus Setyawan.

3. Jalur Wisata Situbondo

Sejumlah destinasi wisata di Situbondo akan dipadati pengunjung selama liburan Nataru. Kemacetan lalu lintas di beberapa tempat pun tak terhindarkan. Terutama di 5 titik sepanjang Hutan Baluran, Asembagus, kawasan kota Situbondo dan Panarukan.

“Kalau macet di kawasan Baluran, misalnya karena kecelakaan atau pohon tumbang, akan berhenti total. Tidak ada jalan alternatif lain. Untuk itu kami telah menyiapkan sejumlah posko yang siaga selama 24 jam,” kata Kapolsek Situbondo AKBP Andi Sinjaya.

4. Silsilah Bromo, Probolinggo

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan Nataru ke Bromo via Probolinggo diharapkan mewaspadai 4 kemacetan yang ada. Yakni di pertigaan Lumbang-Sukapura, jalan utama depan pasar Sukapura, pintu masuk TNBTS kawah Gunung Bromo dan pintu masuk destinasi wisata Bukit Seruni Point.

“Kami membangun posko wisata di pertemuan aliran sungai di dua tempat tepatnya di Desa Sukapura. Kami stand by anggota di tempat-tempat yang rawan terjadi kemacetan dan kami cegah warga yang menghadang kendaraan untuk menyediakan jasa transportasi dan akomodasi, karena ini akan menyebabkan kemacetan lalu lintas,” kata Kadis Lalu Lintas Polres Probolinggo AKP Sapari.

5. Jalur Sarangan, Magetan

Salah satu destinasi wisata yang ramai bahkan saat libur Nataru adalah Sarangan, Magetan. Ada 7 titik kemacetan untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai dari Jalan Raya Magetan-Sarangan depan Pasar Sayur Plaosan; Kantor Kecamatan Simpang 3 Sidorejo; Persimpangan Terminal Maospati 3; Terusan Tawangmangu Sarangan; perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah Cemoro Sewu; Pintu masuk utama ke Telaga Sarangan; ke kawasan kerajinan kulit Jalan Sawo.

“Kami mengimbau seluruh pengendara untuk waspada di titik-titik rawan kemacetan ini. Kami juga akan menyusun rencana untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Magetan, AKP Trifonia.

hotspot kecelakaan Baca di halaman selanjutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button