Keripik Nanas Souvenir Khas Sipahutar · ninna.id - WisataHits
Yogyakarta

Keripik Nanas Souvenir Khas Sipahutar · ninna.id

TAPUT – “Molo ro hamu tu Sipahutar-i, kita lupa tentang hamu mamboan honas i, Honas
SipahutarHonas Sipahutar, tonggi dai nai…” Lirik lagu “Honas Sipahutar” dinyanyikan oleh grup musik Batak Pernados Trio.

Siapa yang mencicipi Honas Sipahutar? nanas spesial Tapanuli Utara Ini sangat sah dan mengandung banyak air. Saking lucunya, dikenal juga dengan sebutan Tonggi, hingga menjadi lagu berjudul “Honas Sipahutar” yang dinyanyikan salah satu band kebanggaan Batak.

Bagi anda yang melewati Kota Sipahutar, jangan lupa menyempatkan diri untuk menikmati buah Honas na Tonggi dan olahan nanas yaitu Keripik Nanas, Honas TaoHoras.

Selain berbelanja, Anda bisa mengunjungi perkebunan nanas di Sipahutar yang terletak di Desa Hutagurgur, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara, 3 km dari Kota Sipahutar. Area hijau kebun nanas seluas 2 hektar yang dikelola UPT Salib Kasih diresmikan oleh Bupati Tapanuli Utara.

Sejauh mata memandang, ditemani udara segar saat memetik nanas segar, Anda juga bisa mencicipinya secara langsung. Kegiatan ini pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Wisata kebun nanas tidak hanya memberikan kesegaran mental, tetapi Anda juga bisa berfoto-foto instagramable di area taman nanas. Selain untuk jalan-jalan, ada juga buah nanas berupa keripik nanas “Honas TaoHoras” yang cocok dijadikan oleh-oleh.

TaoHoras Honas Chips Ide asli
TaoHoras Honas Chips adalah perusahaan yang didirikan oleh Rotua Lubis setelah lebih dari 10 tahun pengalaman bermigrasi ke berbagai kota di Indonesia. Belakangan, ia ingin memajukan kampung halamannya di Sipahutar dengan menciptakan sesuatu yang tak terlupakan berupa ciri khas Sipahutar.

“Jadi setiap kali saya pulang, teman-teman saya akan menyuruh saya membawa oleh-oleh dari desa. Tapi apa ciri khas Sipahutar? Dan akhirnya saya membeli oleh-oleh khas dari daerah lain untuk dibagikan. Aduh, saya jadi malu,” katanya sambil tertawa.

Sejak saat itu, ia melihat peluang bisnis di produk Sipahutar berupa buah dan sayuran segar. Awal tahun 2021 ia memberanikan diri keluar Jakarta dan memulai usahanya sejak Agustus 2021 dengan modal utang dari ayahnya.

“Awalnya berat, tidak semulus yang saya rencanakan. Semuanya saya kerjakan sendiri, mulai dari desain kemasan, pemilihan kemasan, suplai bahan baku, produksi, pemasaran, pokoknya saya kerjakan sendiri,” ujar perempuan kelahiran 1990 ini.

“Belum lagi gosip dari tetangga bahkan anggota keluarga yang mengatakan ‘auto (bodoh)’ karena dia berhenti dari pekerjaannya di Jakarta. Kerja bagus di Jakarta, kenapa pulang kampung, kenapa jadi trio (sales),” kenangnya.

“Lalu saya tidak punya saudara atau teman di desa karena saya baru pulang dari luar negeri dan semua teman saya berada di luar pulau Sumatera. Ini juga menjadi tantangan besar bagi saya dalam menggali potensi bisnis di Tapanuli Utara,” lanjut mantan manajer Choirul Tanjung Corporation yang saat ini bekerja sebagai pegawai administrasi paruh waktu di SDN Sipahutar tempatnya tinggal.

“Cari teman,” katanya singkat ketika ditanya mengapa dia tidak hanya berkonsentrasi pada bisnis yang dia mulai.

Pelan tapi pasti, bisnis yang digagas oleh Rotua Lubis dengan nama Natur Snack LG TaoHoras ini mengalami peningkatan penjualan dari waktu ke waktu. Dia terus berjuang tanpa henti. Konsistensi adalah prinsip dalam menjalankan bisnis ini.

Natural Snack LG TaoHoras dengan produk unggulannya Keripik Nanas juga memiliki produk organik lainnya berupa infused water, lemon pack, mentimun, tomat dan bahan buah atau sayuran segar organik kering lainnya yang dapat dibeli langsung dari petani.

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang diolah menjadi makanan ringan yang sehat kemudian dikemas dalam kantong stand-up aluminium foil ziplock yang aman, kedap udara dan siap dijual.

Rotua mengatakan “Natur Snack LG TaoHoras” adalah bentuk kecintaan terhadap kampung halaman, keinginan untuk berguna dan semangat untuk membuat hidup lebih baik. Pemasarannya juga telah dilakukan di berbagai kota di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Bandung, Jogja, Kalimantan dan kota-kota lainnya. Bahkan dibawa oleh bupati
Taput untuk berpartisipasi dalam pameran ke Eropa.

Adanya produk olahan rotua membuat masyarakat Sipahutar dan anak-anak perantauan dapat membawa pulang oleh-oleh Sipahutar. Tidak sulit lagi menemukan oleh-oleh khas Sipahutar.

Jika Anda tertarik untuk mencoba keripik buah TaoHoras ini, Anda bisa membeli produknya di Kios KM Lubis, Desa Siabal-abal 2, Kecamatan Sipahutar, Depan SMA Negeri 1 Sipahutar. Anda juga bisa memesannya langsung dari Rotua di nomor teleponnya di 081295039454. Dan sudah tersedia di beberapa toko online.

Pengarang: Damayanti Sinaga
Penerbit: Mahadi Sitanggang

Source: www.ninna.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button