Pemkab Garut mengandalkan pertanian dan pariwisata untuk mengembangkan daerahnya - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Garut mengandalkan pertanian dan pariwisata untuk mengembangkan daerahnya

GARUT (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat akan terus fokus mengembangkan potensi sektor pertanian dan pariwisata karena dinilai dapat diandalkan untuk pembangunan daerah dan bermanfaat bagi perekonomian masyarakat banyak.

“Garut pertanian dan pariwisata sekali lagi, saya kira masih seperti itu, kita harus terus ke sana, minimal saya dan Pak Rudy (Bupati Garut) fokus bagaimana pertanian dan pariwisata bisa berkembang,” kata Wakil Bupati Garut Helmi. Budiman di Auditorium Kampus 4 Universitas Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa.

Baca juga: Dekranasda Garut kaji perkembangan UMKM di Sleman

Ia mengatakan kepemimpinan Kabupaten Garut oleh Rudy Gunawan dan Helmi Budiman selalu memberikan perhatian khusus pada sektor pariwisata dan pertanian untuk mengembangkan daerah Garut.

Pasalnya, Garut memiliki sejarah dan alam yang cukup bagus di bidang pertanian dengan lahan pertanian yang luas dan pariwisata yang dikenal sejak zaman kolonial sehingga menjadi kegiatan komersial utama di Garut.

core bisnis kami bertani karena sebenarnya 70 persen masyarakat kami bertani, geografi kami adalah tanah pertanian. Dan kenapa memilih tour, karena tour ini sudah jadi core Bisnis Kabupaten Garut sejak zaman Belanda,” katanya.

Helmi mengatakan, potensi pertanian di Garut terus berkembang, dibantu dengan adanya sumber daya alam dan manusia.

Selain itu, lanjutnya, sektor pariwisata di Garut selama ini memiliki daya tarik tersendiri, sudah dikenal hingga ke Eropa sejak dahulu kala, terbukti banyak hotel di Garut yang bermunculan sejak saat itu. “Garut adalah daerah yang sangat terkenal tidak hanya sekarang tapi juga dari dulu, seperti Garut terkenal dengan banyak hotelnya, ketika pusat pemerintahan dibangun di Bandung, apa yang dibangun di Garut, tempat wisata dibangun,” ujar Helmi.

Oleh karena itu, ia berharap potensi daerah Garut dapat membawa manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat, sehingga diperlukan perhatian semua pihak untuk menjaga alam Garut.

Baca Juga: Festival Garut 2023 capai 1.000 IKM

Agar pertanian dan pariwisata tetap menjadi andalan Garut, satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik yaitu ketersediaan air, karena air menambah keindahan tempat wisata dan juga mendukung pertanian.

“Ada satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, yang pertama adalah air, maka wisata kita disebut indah, kalau ada air bayangkan wisata Bagendit, air Cangkuang. Tidak ada, seperti, ya? Tidak cantik lagi,” kata Helmi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button