Untuk mencegah perundungan dan kekerasan di sekolah, Yayasan J99 mendirikan Sekolah Harmoni - WisataHits
Jawa Timur

Untuk mencegah perundungan dan kekerasan di sekolah, Yayasan J99 mendirikan Sekolah Harmoni

KLIKTIMES.COM | KABUPATEN MALANG – Tingginya kasus bullying di dunia pendidikan sudah berada pada tahap yang memprihatinkan. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat yang menyenangkan menjadi tempat yang mengerikan (school phobia) bahkan dapat membahayakan jiwa siswa.

Sekolah yang seharusnya menjadi tempat mencari teman dan kenalan, menjadi tempat permusuhan. Idealnya, pendidikan harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman dengan menumbuhkan kehidupan sosial yang harmonis dan kebersamaan antara peserta didik dengan pendidik, orang tua dan masyarakat.

Bullying marak terjadi di kalangan anak-anak Indonesia. 41% siswa berusia 15 tahun di Indonesia pernah mengalami perundungan setidaknya beberapa kali dalam sebulan (International Student Assessment Program 2018). 2 dari 3 anak perempuan dan laki-laki berusia 13-17 tahun di Indonesia pernah mengalami setidaknya satu jenis kekerasan dalam hidup mereka (International Student Assessment Program 2018).

Hal inilah yang kemudian menginspirasi J99 Foundation untuk menjalankan program bernama Sekolah Harmoni. Sekolah Harmoni adalah program untuk mencegah dan menangani kekerasan di sekolah.

Dan hari ini MT Hasyim Asyari Turen Kabupaten Malang menjadi sekolah pertama yang menerima kunjungan dan realisasi program dari tim pendiri J99.

Baca Juga: Maksimalkan Wisata Glamping, J99 Lasha Campervan Gandeng Greenrock Campers Indonesia

Program ini berfokus pada penguatan peran siswa dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah. Program sekolah harmoni ini dihadirkan di beberapa sekolah. Baik SMP maupun SMA sederajat.

“Program ini berfokus pada penguatan peran siswa dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan kekerasan di sekolah,” kata M Fakhrul Ulum, Ketua Yayasan J99, Senin (12/12/22).

Pria yang akrab disapa Ruben itu mengatakan, pihaknya akan melakukan roadshow ke beberapa sekolah yang telah mendapatkan penilaian dari tim J99 Foundation.

“Ke depannya, kami akan mengadakan roadshow ke beberapa sekolah, seleksi sekolah dilakukan dengan mendaftarkan masing-masing sekolah atau dengan mencalonkan skor penilaian oleh tim program Yayasan J99,” kata M. Fakhrul Ulum. (yna/lik)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button