UMUKA adalah universitas termurah di Indonesia dan juga menawarkan 1000 beasiswa untuk mahasiswa baru - WisataHits
Jawa Tengah

UMUKA adalah universitas termurah di Indonesia dan juga menawarkan 1000 beasiswa untuk mahasiswa baru

MUHAMMADIYAH.OR.ID, KARANGANYAR – Dengan dimulainya tahun ajaran baru, Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA) memberikan kuota 1.000 beasiswa kepada calon mahasiswa baru. Seribu beasiswa, masing-masing senilai Rp2,5 juta, diberikan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

“Sebelumnya Bupati Karanganyar sudah memberikan 17 calon mahasiswa berupa kuliah gratis di UMUKA, biayanya ditanggung sampai habis. Kali ini paket beasiswa senilai Rp2,5 juta akan diberikan kepada seribu pendaftar pertama,” kata Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMUKA Sarilan M Ali, Kamis (21,7).

Hingga saat ini, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Umuka telah mencapai 450 orang. Pendaftaran berakhir pada 30 September 2022.

Universitas dengan biaya termurah di Indonesia

UMUKA yang terletak di Jalan Solo Tawangmangu Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, sangat memperhatikan minat calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Karena itu, biaya kuliah di universitas ini sangat terjangkau bahkan termurah di Indonesia.

Menurut Sarilan, biaya Iuran Pengembangan Kelembagaan (SPI) sebesar Rp 2,5 juta. Ini adalah tarif flat untuk mahasiswa S1 dan D3 dan bisa dicicil sampai lulus. Selain itu, biaya kuliah sebesar Rp450.000 per bulan untuk jenjang S1 dan Rp400.000 per bulan untuk jenjang D3, tanpa menggunakan sistem pembayaran Satuan Kredit Semester (SKS).

Sedangkan biaya Periode Taaruf (Masta) dan Mantel Almamater Rp 500.000 untuk jenjang S1 dan D3. Biaya magang dan magang lapangan (PKL) diganti sesuai dengan ketentuan pada saat pelaksanaan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan perguruan tinggi lain yang rata-rata biaya kuliahnya mencapai Rp 6 juta dan dana pengembangan Rp 4,7 juta.

Selain beasiswa di atas, UMUKA menawarkan tiga jenis beasiswa lainnya, yaitu dari Persyarikatna Muhammadiyah, dari LazisMu dan dari Mitra Pimpinan Daerah (PDM) Muhammadiyah Karanganyar. Terdapat 10 program studi (Prodi) di Umuka yaitu S1 Teknik Komputer, S1 Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Akuntansi, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Fisioterapi, D3 Produksi Peternakan, D3 Perhotelan, D3 Sekretariat Digital dan D3 Pengembangan Pariwisata.

“Kedermawanan dan kemudahan yang ditujukan untuk mencerdaskan bangsa, UMUKA mendorong masyarakat kurang mampu menjadi sarjana dengan biaya yang sangat minim,” pungkas Sarilan. (afn)

Source: muhammadiyah.or.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button