UMBUL PONGGOK, wisata air yang seru dan hits di Klaten menjadikan desa PALING TAJIR - WisataHits
Jawa Tengah

UMBUL PONGGOK, wisata air yang seru dan hits di Klaten menjadikan desa PALING TAJIR

UMBUL PONGGOK, wisata air yang seru dan hits di Klaten menjadikan desa PALING TAJIR

SurabayaNetwork.id – Sebuah desa di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dikenal sebagai salah satu desa paling makmur di Indonesia.

Desa ini merupakan salah satu desa terkaya di Indonesia, menyaingi Desa Kutuh di Bali, Desa Bendar di Pati, Desa Teluk Meranti di Riau dan beberapa desa lain di Indonesia yang terkenal dengan kekayaannya.

Desa ini merupakan daerah yang berkembang pesat. Keberhasilannya tidak terlepas dari program pemerintah yaitu program Transfer ke Daerah dan Desa (TKKD) untuk mendorong desa mengembangkan potensinya dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif.

Baca juga: Bodohnya Cuti, Negara Ini Hanya Terima Turis Kaya

Desa Ponggok merupakan salah satu yang sangat berhasil mewujudkan tujuan program pemerintah. Dari desa berpenghasilan rendah menjadi desa berpenghasilan sangat tinggi.

Awalnya pendapatan tahunan Desa Ponggok hanya 80 juta per tahun, kemudian secara mengejutkan meningkat 48 kali lipat menjadi 3,9 miliar. Sekarang BUMDES Ponggok memiliki pendapatan hingga 16 miliar per tahun.

Keberhasilan Desa Ponggok sebagian besar karena kemampuannya menangkap peluang dalam mengembangkan potensi wisata. Desa ini berhasil mengembangkan wisata Umbul Ponggok yang sangat populer saat itu dan menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah.

Umbul Ponggok awalnya merupakan mata air alami berupa kolam. Sebelum menjadi objek wisata, Ponggok merupakan sumber irigasi yang digunakan warga Klaten dan sekitarnya untuk mengairi persawahan dan perkebunan.

Kawasan sekitar Umbul Ponggok merupakan hamparan sawah dengan pepohonan rindang yang membuat tempat ini semakin sejuk dan nyaman bagi masyarakat yang datang kesini.

Musim semi ini menjadi semakin populer dan memiliki lebih banyak pengunjung. Peluang ini disadari oleh Pemerintah Desa Ponggok dan menjadikan Umbul Ponggok sebagai destinasi wisata modern.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button