Seperti kata Presiden, Papua adalah langit kecil yang jatuh ke bumi - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Seperti kata Presiden, Papua adalah langit kecil yang jatuh ke bumi – Halo Semarang

Seperti kata Presiden, Papua adalah langit kecil yang jatuh ke bumi – Halo Semarang

Halo Semarang – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyatakan Polri akan terus mengawal kebijakan Presiden Jokowi, termasuk pemerataan pembangunan di Tanah Papua.

Dengan pemerataan pembangunan dan potensi yang ada, Kompolnas yakin Papua akan menjadi daerah yang lebih maju.

Hal itu disampaikan Kapolri saat peresmian Mako Papua Polres baru pada Minggu (08/01/2023) di Jayapura, Papua.

“Kami berharap ini sejalan dengan kebijakan Presiden. Bahwa negara Papua, seperti daerah lain di Indonesia, harus maju. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Saya ulangi apa yang dikatakan Presiden,” kata Kapolri, seperti dilansir humas.polri.go.id, Senin (9/1/2023).

Kapolri juga mendorong personel Polri untuk lebih meningkatkan stabilitas keamanan dan politik di Papua agar pembangunan infrastruktur dan pembangunan SDM dapat tercapai dengan cepat dan tanpa gangguan.

Kapolri juga mencita-citakan rencana industri hilir juga bisa diterapkan di wilayah Papua.

Menurut Kapolri, hal ini akan membuka lapangan pekerjaan baru dan menambah pengetahuan untuk lebih meningkatkan pendidikan demi kesejahteraan dan kebahagiaan.

“Ini komitmen bersama, yang namanya pengembangan harus terus berkembang. Pemerintah pusat terus mensponsori program-program yang berkaitan dengan negara Papua,” ujarnya.

Pada tahun 2023, Kapolri mengumumkan bahwa pemerintah akan tetap melaksanakan program prioritas dan proyek besar di wilayah Papua.

Dalam konteks ini, Kapolri menekankan perlunya sinergi antara TNI-Polri dengan seluruh elemen masyarakat.

Program prioritas meliputi pengembangan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan dan infrastruktur kawasan pertanian.

Sementara itu, proyek-proyek besar meliputi pembangunan bandara dan penempatan khusus tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat.

“Ini bagian dari upaya yang terus digalakkan pemerintah untuk menempatkan Indonesia di depan dan di tengah. Dan salah satu yang Indonesia sentris adalah bagaimana kontribusinya untuk wilayah Papua,” ujarnya.

Kapolri memastikan TNI-Polri terus mendukung dan mengawal kebijakan Presiden Jokowi di Papua guna mewujudkan sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Ke depan, Papua akan menjadi salah satu daerah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa,” kata Kapolri. (HS-08)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button