Situ Buleud Bertemu Wisata Keindahan air mancur yang diselimuti sejarah mistis Purwakarta - WisataHits
Jawa Barat

Situ Buleud Bertemu Wisata Keindahan air mancur yang diselimuti sejarah mistis Purwakarta

EINFALL24.COM-Purwakarta merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Barat, terdapat berbagai tempat wisata menarik di Purwakarta salah satunya adalah Situ Buleud.

Mengingat keindahan bentang alam yang ditawarkan, tak heran jika Situ Buleud selalu dipadati pengunjung, baik lokal maupun wisatawan lokal maupun mancanegara.

Situ Buleud berupa danau alam yang sudah lama ada pada abad ke-18 masih menjadi primadona bagi masyarakat Purwakarta.

Daya Tarik Situ Buleud Purwakarta

1. Destinasi Wisata Terpopuler Purwakarta

Situ Buleud merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Purwakarta. Meski didirikan pada abad ke-18, tempat wisata ini masih menjadi primadona masyarakat Purwakarta hingga saat ini.

Yang menarik dari Situ Buleud adalah patung Sri Baduga Maharaja berukuran besar yang didirikan di tengah danau dan dikelilingi air mancur.

2. Air mancur unik

Sebanyak 1000 selang diletakkan berjajar di setiap sisi danau, sekitar 30 selang untuk air mancur yang terletak persis di depan patung di tengah danau.

Selang air mancur berada di bawah tekanan tinggi, membuatnya tampak seperti menari dengan iringan musik.

3. Memiliki sejarah perkembangan yang menarik

Awal pembangunan Situ Buleud sebelum tahun 1830 oleh RA Suriawinata yang juga pendiri Purwakarta.

Pemerintah Belanda berhasil melarikan diri dari Inggris antara tahun 1819 dan 1826 dengan berusaha mengembalikan wewenang Gubernur Jenderal Van der Capellen sebagai tanda bupati.

Pada tahun 1830 ibu kota Wanayasa dipindahkan ke Sindangkasih, sekarang Purwakarta.

Pemindahan ibu kota terjadi pada masa pemerintahan Dalem Sholawat atau Bupati RA Suriawinata. Pembangunan danau dimulai dengan pengurangan rawa dan pembangunan gedung

4. Apakah Anda memiliki cerita mistis?

Sebelumnya, ketika masih di zaman Belanda, masyarakat biasa tidak diperbolehkan menginjak rumput di sekitar Situ Buleud karena rumput tersebut digunakan sebagai tempat bermain daerah Belanda.

Sahro-lah yang menjaga area itu dan berjalan-jalan dengan pentungan karet. Sahro berteriak menakut-nakuti setiap anak yang datang bermain di wilayah laut. Anak-anak lari, takut dipukul Sahro.

Hingga saat ini, cerita mistis masih sering terdengar bahwa anak-anak yang bermain di area tersebut sering melihat bayangan hitam besar berteriak di tengah danau, membuat mereka berlarian.

alamat dan lokasi

Situ Buleud menempati area seluas sekitar 4 hektar di Desa Nagri Kidul, Kabupaten Purwakarta

Kawasan tersebut merupakan ruang publik dan taman kota, sehingga tidak ada tiket masuk untuk aktivitas di kawasan ini.

Taman hijau seluas 4 hektar ini menawarkan berbagai kegiatan termasuk pertunjukan air mancur, area ini dibuka untuk umum mulai pukul 06:00 hingga 21:00 WIB setiap hari.

Pertunjukan air mancur biasanya dimulai pada pukul 19:30 dan 20:30 WIB. Setiap pagi dan sore, kawasan ini banyak didatangi oleh warga yang melakukan jogging atau sekedar jalan-jalan.

berbagai kegiatan menarik untuk dilakukan

1. Nikmati kelezatan kuliner Sate Maranggi

Salah satu kuliner khas Purwakarta yaitu Sate Maranggih, di kawasan Situ Buleud terdapat tempat kuliner bernama Kampung Sate Maranggi yang menjadi basis populer bagi wisatawan yang berkunjung.

2. Saksikan atraksi atau pertunjukan air mancur

Salah satu daya tarik utama Situ Buleud adalah air mancur yang mengelilingi patung Sri Baduga Mahara. Konon air mancur ini merupakan air mancur terbesar di Asia Tenggara bahkan air mancur ini juga menjadi landmark atau ikon kota Purwakarta.

Pertunjukan air mancur tidak tersedia setiap hari. Karena pertunjukan hanya berlangsung ketika Purwakarta memiliki acara khusus atau hanya pada malam Minggu.

Pemandangan malam hari bahkan lebih jelas karena air mancur berwarna-warni tampak menari mengikuti alunan musik.

3. Berburu foto

Kawasan ini juga menjadi tempat yang menarik untuk berfoto. Di bagian depan taman terdapat tulisan “Taman Air Sri Baduga”. Tulisan tersebut kerap menjadi spot foto para pengunjung yang datang ke sana.

Selain itu, pengunjung juga sering berfoto di spot-spot berlatar belakang patung Sri Baduga Mahara yang berada di tengah danau.

Berburu foto di kawasan Situ Buleud tentunya sangat memuaskan, karena di setiap sudut taman tidak dipungut biaya, apalagi setiap sudut di sana begitu menarik sehingga bisa dijadikan sebagai background.

4. Memberi makan ikan di danau

Situ Buleud tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan memancing, tetapi pengunjung diperbolehkan memberi makan ikan di danau.

5. Fasilitas di Situ Buleud

Berwisata ke Situ Buleud bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik. Danau ini tidak hanya menawarkan pemandangan danau yang alami dan indah, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Fasilitas tersebut antara lain toilet, ruang khusus ibu hamil, pintu masuk khusus penyandang cacat dan lanjut usia, mushola, dan tempat duduk yang bisa digunakan untuk menyaksikan pertunjukan air mancur.

Tidak ada area food court di kawasan wisata, namun sudah banyak warung makan dengan harga terjangkau. Area parkir tidak terlalu luas, sehingga kendaraan bisa diparkir di pinggir jalan.

Situ Buleud tidak akan mengecewakan pengunjung karena tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang indah dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Bahkan, danau ini juga menjadi ikon kota Purwakarta sehingga menjadi pilihan terbaik untuk destinasi wisata.***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button