Ulang tahun ke 266, itulah arti nama kota jogja - WisataHits
Yogyakarta

Ulang tahun ke 266, itulah arti nama kota jogja

Jogja

Kota Jogja merayakan hari jadinya yang ke-266 kemarin, 7 Oktober 2022. Jogja merupakan destinasi wisata yang kaya akan situs sejarah dan budaya.

Tahukah kamu dari mana asal nama Kota Jogja? Mengutip situs pemerintah kota Jogja, Minggu (10/9/2022), ulang tahun Jogja yang diperingati setiap tanggal 7 Oktober, tertanggal dari Perjanjian Gianti 13 Februari 1755.

Isi Perjanjian Gianti menyatakan bahwa negara Mataram terbagi menjadi dua, yaitu kerajaan Surakarta dan hak Pangeran Mangkubumi. Dalam perjalanannya, Pangeran Mangkubumi mendapat gelar Sultan Hamengku Buwono Senopati Ing Alega Abdul Rachman Sayidin Panatagama Khalifatullah.

Saat itu, Sultan Hamengku Buwono akhirnya mendirikan ibu kota dan pusat pemerintahan di hutan yang disebut Banyan, yang sudah memiliki desa kecil bernama Pachetokan. Di desa ini terdapat wisma bernama Garjitowati yang dibangun oleh Susuhunan Paku Buwono II dan kemudian berganti nama menjadi Ayodya.

Peresmian istana baru di Ayodya berlangsung pada tanggal 7 Oktober 1756. Lalu dari mana asal nama Yogyakarta?

Mengutip website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DIY, nama Yogyakarta berasal dari nama Yogya yang artinya: Kertas. Yoga yang sukses.

Sedangkan Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki arti Yogya yang sejahtera dan penting. Sumber lain menyebutkan bahwa nama Yogyakarta berasal dari nama (ibu) kota Sanksrit Ayodhya dalam epos Ramayana.

Suasana Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 di kawasan Tugu Pal Putih, Kota Jogja, Jumat (10/7/2022).Suasana Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 di kawasan Tugu Pal Putih, Kota Jogja, Jumat (10/7/2022). Acara ini memperingati hari jadi Yogyakarta. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikJateng)

Dalam penggunaan sehari-hari, Yogyakarta biasanya diucapkan Jogja (karta) atau Ngayogyakarta (Jawa).

Dalam perjalanannya, Jogja pernah menjadi pusat kerajaan Kerajaan Mataram (Islam), Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman. Istilah kota budaya terkait erat dengan monumen budaya berkualitas tinggi dari kerajaan-kerajaan ini yang telah dilestarikan hingga hari ini.

Jadi inilah arti nama Jogja yang berulang tahun pada 7 Oktober 2022. Semoga bermanfaat Detik!

Tonton video “Kafe disegel tanpa izin di Babarsari, ada perlawanan”.
[Gambas:Video 20detik]
(am/am)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button